2 Cara Mengembalikan File Shortcut di Flashdisk Karena Virus

2 cara mengembalikan file yang menjadi shortcut pada flashdisk karena virus – Virus shortcut pada flashdisnk disinyalir besar kemungkingan tersangkanya adalah virus. Virus dengan keahlian yang dapat menyembunyikan forder serta seluruh data pada flashdisk lalu mengubahnya menjadi shortcut ialah virus yang bernama win32.VB.pod. Bahkan jika ia sedang bersemangat untuk melakukan kejahatan maka file Microsoft Word (doc) akan diubahnya menjadi aplikasi instalan dengan format .EXE.

Virus shortcut pada flashdisk tersebut memang sangat menjengkelkan, walaupun data-data dalam flashdisk tersebut tidak begitu penting. Lebih-lebih jika data pada penyimpanan data itu adalah file yang begitu penting, menyangkut hajat hidup orang banyak dan dapat menyelamatkan masa depan anda, tentu hal tersebut akan membuat pusing 7 keliling.

Baca juga: 5 Cara Mengetahui Password atau Sandi WiFi Hotspot Orang Lain

Namun, anda tidak perlu khawatir. Sebab pada artikel kali ini saya akan berbagi tips bagaimana cara mengembalikan file shortcut itu kembali ke semula. Dalam arti lain, seluruh data pada flashdisk anda akan terselamatkan. Cara berikut ini berlaku pada semua OS windows, baik windows XP, windows 7, 8, 8.1 dan windows 10.
2 Cara Mengembalikan File Shortcut di Flashdisk Karena Virus

Cara mengembalikan file yang menjadi shortcut di flashdisk dengan menggunakan CMD

Cara ini mungkin sudah terlalu umum dilakukan. Yang dibutuhkan ialah sebuah perintah khusus untuk pemulihan seluruh data di flashdisk. Caranya ialah:

#langkah 1
Tekan Bendera Windows + R secara bersamaan, maka akan muncul jendela command prompt, kemudian ketikkan CMD lalu tekan enter.
2 Cara Mengembalikan File Shortcut di Flashdisk Karena Virus

#langkah 2
 Selanjutnya ketikkan drive flashdisk anda diikuti dengan tanda : (titik dua), misalnya drive flashdisk anda G maka G:  dan seterusnya.
2 Cara Mengembalikan File Shortcut di Flashdisk Karena Virus

#langkah 3
Jika anda sudah berada pada drive flashdisk, langkah selanjutnya ketikan kode pemulihan file, yaitu: attrib –s –h –r /s /d atau attrib -r -a -s -h /S /D lalu tekan enter
2 Cara Mengembalikan File Shortcut di Flashdisk Karena Virus

Tunggu beberapa saat sampai proses pemulihan data di flashdisk anda dikembalikan.

Jika cara ini ternyata tidak berhasil, maka anda bisa lanjut mencoba cara yang kedua berikut ini.

Cara mengembalikan file yang menjadi shortcut di flashdisk dengan Antivirus

Tidak banyak antivirus yang dapat melakukan hal ini, mungkin hanya beberapa antivirus saja. Salah satu antivirus yang dapat digunakan untuk mengembalikan file yang menjadi shortcut ialah Smadav Antivirus. Antivirus buatan anak Indonesia ini sangat ampuh dalam mengembalikan file yang tersembunyi (hidden) dan menjadi shortcut di flashdisk.

Caranya ialah, download dan install software Smadav Antivirus, kebetulan pada situs resminya tersedia untuk free. Jika sudah selesai, maka arahkan kursor pada drive flashdisk anda, klik kanan dan lakukan scan dengan antivirus tersebut. Hanya dalam hitungan detik, file yang tersembunyi dan yang telah diubah menjadi shortcut akan kembali menjadi seperti semula.

Advertisement