Cara Memblokir Iklan Popup yang Mengganggu di Browser Chrome dan Mozilla

Tips internet kali ini tentang cara menghilangkan iklan pop up yang mengganggu pada browser Chrome dan Mozilla. Iklan popup tersebut biasanya muncul saat kita membuka link pada blog atau website tertentu. Iklan-iklan pengganggu ini pula muncul pada tab baru atau bahkan kebanyakan membuka jendela baru. Yang terparah ialah, iklan yang muncul sekali mengklik link tidak hanya satu iklan saja bahkan hingga 3 sampa 5 iklan sekaligus yang muncul, baik di browser Google Chrome lebih-lebih di browser Mozilla Firefox. Dengan banyaknya iklan yang muncul saat membuka link tertentu itu, maka pasti aktifitas internet kita akan terganggu. Lebih-lebih yang menggunakan kuota terbatas. Apalagi jika kita membiarkan begitu saja iklan pengganggu tersebut tanpa melakukan tindakan close tab. Yang paling menjengkelkan lagi ialah iklan popup tersebut sampai menutup keseluruhan tampilan laman kita.

Sebetulnya ada beberapa hal yang membuat iklan tersebut tiba-tiba muncul dan mengganggu kita saat browsing. Yang paling sering terjadi ialah karena malware iklan tersebut sudah terinstal pada PC/komputer atau laptop tanpa kita sadari sebelumnya. Mengapa aplikasi malware iklan itu sampai terinstal? Hal tersebut terjadi karena kita mendownload sesuatu yang salah, maksud hati ingin mendownload document berupa pdf (misalnya), yang muncul malah dialog box yang menginstruksikan kita untuk menginstall sesuatu terlebih dahulu untuk mendapatkan file yang kita inginkan. Padahal, link yang muncul pada dialog box itu adalah link fake, atau link malware yang nantinya akan memicu timbulnya iklan pop up pada saat kita browsing nanti. Namun, hal itu akan cepat diatasi dengan melihat source instalan pada control panel di komputer, lalu uninstall aplikasi tersebut secepatnya.

Hal lain yang membuat iklan sampai muncul pada saat kita browsing tersebut karena ulah dari pengelola blog atau website yang kita kunjungi. Hal tersebut ialah salah satu cara untuk memonetisasi konten di blog atau websitenya. Terutama website atau blog dengan konten download sesuatu, baik itu lagu, film, dokumen pdf, template power point dan lain sebagainya. Iklan popup tersebut ditempeli pada link download dari file yang sesungguhnya, jadi ketika pengunjung yang merasa membutuhkan file tersebut, maka tombol download atau unduh pun di klik, dari situlah iklan mulai bermunculan.

Dari beberapa tampilan yang bermunculan tersebut sebetulnya ada link fake yang bukan file asli dari file download yang kita inginkan tetapi tertulis nama dari file tersebut. Untuk itu jangan sampai tertipu, jika di suruh untuk mendownload dan menginstall sesuatu, maka dapat dipastikan itu bukanlah file yang anda inginkan. Sampai di install berkali-kali pun file yang diinginkan tidak akan muncul. Yang ada pc/komputer atau laptop anda semakin lambat karena hal tersebut.

Untuk memblokir atau menonaktifkan iklan semacam ini caranya cukup mudah, baik untuk browser Mozilla firefox dan Google Chrome. Anda hanya perlu menginstal ekstensi tertentu. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti tutorialnya berikut.
Cara Memblokir Iklan Popup yang Mengganggu di Browser Chrome dan Mozilla

Cara memblokir atau menghilangkan iklan popup yang mengganggu di browser Chrome dan Mozilla

Seperti yang telah dibahasakan sebelumnya, untuk mengatasi iklan popup yang mengganggu saat browsing seperti ini kita hanya perlu membutuhkan satu ekstensi yang dapat memblokir tampilan iklan popup pengganggu tersebut. Ekstensi atau addons yang dimaksud ialah Adblock Plus. Nah, bagi anda yang masih bingung cara menginstall ekstensi atau plugin ini di browser Chrome atau Mozilla, silahkan pilih tutorial berikut ini tergantung peramban/browser yang anda pakai.

Cara menghilangkan popup iklan di browser Chrome dengan Adblock Plus


  • Buka browser Google Chrome, kemudian kunjungi link https://adblockplus.org/
  • Klik tomboh hijau yang bertuliskan Install for Chrome
  • Akan muncul dialog box, klik Izinkan atau Allow. Tunggulah beberapa saat kemudian sampai ekstensi ini selesai diinstall.
  • Restart browser anda


Cara mengatasi dan menonaktifkan iklan popup pengganggu di browser Mozilla Firefox


  • Buka browser Mozilla, kemudian kunjungi link https://adblockplus.org/
  • Setelah itu klik tombol yang bertuliskan Install for Firefox
  • Jika muncul dialog box, silahkan klik Izinkan atau Allow, untuk mengizinkan addosn ini terpasang di browser Mozilla anda
  • Tunggulah beberapa saat sampai proses download ekstensi/plugin selesai
  • Jika proses download plugin selesai, anda akan diminta untuk merestart browser Mozilla anda, maka silahkan di restart.


Cara di atas untuk menanggulangi atau mencegah terjadinya iklan yang timbul begitu saja pada saat kita mengunjungi website atau blog tertentu setelah mengklik sesuatu, entah itu klik link di blog tersebut dan lain sebagainya. Namun, jika ternyata malware yang mengakibatkan munculnya iklan popup serupa padahal anda ketahui bahwa situs tersebut tidak memiliki iklan perangkap seperti ini, berarti yang bermasalah bukan pada website atau blog tersebut, melainkan pada pc/komputer atau laptop anda. Bisa saja anda tidak sengaja menginstall aplikasi pada komputer anda dan ternyata aplikasi itu adalah malware. Untuk itu, silahkan periksa control panel pada komputer anda, hapus atau usinstall aplikasi yang terlihat asing dengan nama-nama aneh dan kurang familiar.

Demikian informasi tentang cara memblokir iklan popup pengganggu yang muncul pada browser Chrome dan Mozilla Firefox, semoga bermanfaat.

Advertisement