Cara Menampilkan Iklan Adsense Berdasarkan Penulis Artikel

Tips blogging kali ini tentang cara agar iklan Adsense tampil berdasarkan penulis artikel dalam sebuah blog. Dalam artian, iklan Adsense akan bergantian tampil sesuai penulis artikel bersama slot iklan yang dipasang oleh pemilik blog tersebut berdasarkan channel slot iklan yang sudah ditentukan. Trik ini biasanya digunakan pada blog yang memiliki multi-user atau multi-admin, atau juga blog yang memberikan kesempatan kepada penulis tamu (kontributor) untuk menulis beberapa artikel di blog tersebut.

Cara menampilkan iklan Adsense bergantian berdasarkan penulis artikel ini dapat diterapkan pada platform Blogger dan Wordpress. Pada Wordpress sendiri banyak plugin yang dapat dimanfaatkan untuk memberi akses seperti yang dimaksud, yang biasanya telah dikonfigurasi pada user role. Namun, lain halnya dengan Blogger, untuk membuat hal semacam ini kita hanya terbatas dalam penggunaan conditional tag saja. Tetapi, itu saja sudah sangat membantu bagi admin blog/webmaster untuk berbagi penghasilan dengan penulis tamu atau kontributor di blog pribadinya.

Tips lainnya: Alternatif Mencairkan Uang Western Union Selain di Kantor Pos

Jadi, sebetulnya hal ini harusnya inisiatif sendiri dari pemilik blog. Bahwa ia mau berbagi penghasilan Adsense-nya bersama contributor atau penulis tamu di blognya tersebut. Hal ini pula dimaksudkan untuk memberi dorongan lebih kepada penulis tamu dan memberikan peluang penghasilan kepada mereka agar lebih rajin mengupdate artikel di blog tersebut. Terutama bagi blogger yang belum berhasil diterima menjadi publisher Google Adsense.
Cara Menampilkan Iklan Adsense Berdasarkan Penulis Artikel

Bagaimana membagi iklan Adsense yang akan ditampilkan secara bergantian berdasarkan penulis artikel?

Untuk menerapkan trik ini, pemilik blog (yang juga pemilik akun Adsense) menggunakan fitur Channel yang terdapat pada akun Adsense. Artinya, pemilik blog harus membuat slot iklan kepada masing-masing contributor yang ada. Lalu slot iklan tersebut dibuat lagi dalam sebuah Channel.

Hal ini perlu dilakukan agar mudah dalam menghitung pembagian hasil yang diperoleh oleh masing-masing contributor/penulis tamu.

Berbicara tentang pembagian hasil, karena iklan yang ditampilkan adalah milik dari admin blog, maka sepatutnya pembagian hasil iklan pun dibicarakan terlebih dahulu. Hingga mendapatkan mufakat yang menguntungkan satu sama lain.

Bagaimana mengetahui jumlah penghasilan yang diperoleh jika menggunakan trik ini?

Dalam hal ini, si contributor harus mempercayai si admin blog, dan si admin blog seyogianya memberikan laporan penghasilan dalam rentan waktu tertentu. Entah itu setiap hari, sebulan 3 kali atau sebulan sekali, atau sesuai kesepakatan dan user role yang telah ditentukan.

Cara menampilkan iklan sesuai author post/penulis artikel

Nah, untuk menampilkan iklan secara bergantian sesuai author artikel, caranya sangat gampang. Kita hanya perlu menggunakan conditional tag author, baik untuk Blogger ataupun Wordpress. Berikut contoh penggunaannya:

Contoh penggunaan conditional tag author khusus Blogger:
<b:if cond='data:post.author == &quot;Bung Frangki&quot;'>
DISINI KODE IKLAN ADSENSE
</b:if>

Contoh penggunaan conditional tag author khusus Wordpress:
<?php if (is_author( 'Bung Frangki' )) { ?>
DISINI KODE IKLAN ADSENSE
<?php } ?> 

Dari contoh penggunaan conditional tag author di atas, jika artikel/postingan yang ditulis oleh ‘Bung Frangki’, maka iklan Adsense yang tampil ialah slot iklan Adsense yang terdapat pada Channel author tersebut. Hal ini juga berlaku untuk postingan/artikel milik author yang lain.

Jangan sampai lupa, jika slot iklan tersebut ingin ditampilkan di bawah postingan atau di dalam postingan, maka kode iklan tersebut harus di parse terlebih dahulu.

Cukup mudah bukan?
Demikian informasi tentang cara menampilkan iklan Adsense berdasarkan author post atau penulis artikel. Semoga bermanfaat dan sukses selalu.

Sumber: http://ayointer.net/berbagi-hasil-adsense-dengan-penulis-tamu/

Advertisement