Mengapa Muncul Pesan “Your computer needs to be cleaned” Saat Login ke Facebook?

Pernahkan pada saat anda login ke Facebook namun hanya mendapati pesan “Your computer needs to be cleaned”? Jika memang demikian, berarti akun FB anda sedang disusupi sesuatu, entah itu Trojan horse, spyware, virus, malware atau orang yang sedang berusaha mengambil alih akun Facebook anda tersebut.

Fitur tersebut adalah bagian keamanan yang dibuat oleh developer Facebook khusus untuk keamanan akun dari pengguna Facebook itu sendiri. Jadi, tidak perlu khawatir jika ternyata anda tidak dapat membuka beranda atau profil Facebook anda karena terhambat atau terhalangi oleh pesan popup tersebut. Pada awalnya saya juga mengaggap bahwa bagian security itu adalah hasil oprekan dari oknum pengguna Facebook yang senang mencuri Facebook orang lain, namun ternyata pesan Your computer needs to be cleaned adalah murni dari Facebook sendiri yang perlu kita tindak lanjuti langkah-langkahnya hingga selesai demi menjaga keamanan akun Facebook kita.

Baca juga: 2 Cara Menghapus History Pencarian di Facebook
Mengapa Muncul Pesan “Your computer needs to be cleaned” Saat Login ke Facebook?

Facebook telah melakukan "Malware Checkpoint" fitur yang secara otomatis mengingatkan pengguna untuk memindai atau men-scan komputer kita ketika akan login ke account facebook. Jika Anda menerima peringantan atau pemberitahuan "Your computer needs to be cleaned " ketika mencoba untuk login ke Facebook, jangan anggap masalah ini enteng. Pesan tersebut menunjukkan bahwa komputer Anda mungkin telah tertular atau disusupi oleh sesuatu yang berbahaya. Facebook telah mengunci akses ke akun Anda sampai Anda melakukan pemindaian dalam upaya untuk meminimalkan tindakan berlebihan hingga akun anda sampai tercuri.

Lainnya: Cara Mencegah Agar Tidak Ditambahkan pada Grup Facebook

Sebelum anda melakukan tindakan prosedur keamanan seperti yang disarankan pada pesan pemberitahuan tersebut, terlebih dahulu yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut.

  • Bersihkan cache dan history pada browser anda, jika perlu atur ke pengaturan awal. Cara melakukan pengaturan awal pada browser Google Chrome ialah, pilih menu > Tampilkan setelah lanjutan… > Setel ulang setelan.
  • Periksa addons atau ekstensi pada browser anda.
  • Scan komputer anda dengan antivirus terbaik dan terupdate.
  • Buka control panel pada PC/komputer atau laptop anda, perhatikan aplikasi yang terinstall, apakah ada aplikasi yang mencurigakan atau tidak.

Setelah anda melakukan hal-hal di atas, langkah selanjutnya barulah anda dapat mengikuti prosedur yang telah ditunjukkan pada pesan tersebut. Yaitu hal pertama ialah mengklik tombol Mulai > Unduh. Setelah proses download selesai, cari file tersebut, klik kanan lalu pilih Run as administrator. Tunggu beberapa saat hingga proses pemindaian selesai, kemudian klik tombol Lengkapi masuk.

Dengan begitu anda sudah dapat menikmati lagi akun Facebook anda kembali.

Bagi anda yang tidak ingin repot-repot mendownload aplikasi atau mengikuti seluruh rangkaian proses peningkatan keamanan yang dianjurkan oleh Facebook tersebut, maka anda dapat membuka akun Facebook anda dengan cara lain, yaitu sebagai berikut.

Alternatif membuka akun Facebook saat muncul pemberitahuan peringatan “Your computer needs to be cleaned”

Sebagai alternatif, anda dapat menggunakan jendela penyamaran baru (Google Chrome) atau Jendela pribadi baru (Mozilla Firefox) pada browser anda. Yaitu dengan cara, buka browser yang anda inginkan kemudian tekan Ctrl+Shift+N (Google Chrome), jika anda pengguna Mozilla Firefox silahkan klik menu pada browser Mozilla lalu pilih Jendela pribadi baru, kemudian buka FB anda pada tab browser tersebut.

Demikian informasi singkat ini terkait pesan peringatan/pemberitahuan “Your computer needs to be cleaned” saat login ke Facebook. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Advertisement