Cara Membuka Pola dan Password di Android yang Lupa dan Terkunci

Masalah yang ditimbulkan jika membuat password atau kata kunci baik dalam bentuk pola atau words di smartphone android ialaha ketika kita lupa mengingat password yang dibuat tersebut. Akibatnya, jika sudah seringkali memasukkan password yang salah itu untuk membuka lockscreen HP android, maka pemblokiran PIN pun akan terjadi. Sebab, pada setiap smartphone telah ditentukan berapa batas maksimal untuk memasukkan PIN atau password/pola di android untuk membukannya ke mode home.

Selain karena murni lupa yang notabenenya adalah kesalahan kita sendiri sebagai pemilik HP yang selalu mencoba password lain seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, penyebab password android terblokir lainnya ialah, karena keisengn orang lain yang melakukan hal yang sama, yaitu memasukkan password atau pola secara random, akibatnya smartphone android tersebut PIN-nya terblokir.

Baca juga:
Cara Mengambil Screenshot di OPPO Smartphone Android dengan Mudah
Mengatasi Notifikasi BBM Hilang Tidak Berbunyi di Android

Untuk mengatasi hal ini, beberapa tips berikut ini dapat anda lakukan untuk meriset kembali password atau pola yang lupa di smartphone atau tablet android anda. Cara ini dapat dilakukan pada berbagai brand smartphone dan tablet dengan system operasi android.
Cara Membuka Pola dan Password di Android yang Lupa dan Terkunci

Bagaimana cara mengatasi hp/smartphone/tablet Android yang terkunci?

Untuk mengatasi hal ini, anda dapat memilih salah satu dari 3 cara yang telah disediakan berikut ini.

1. Membuka password/pola Android yang lupa dengan menggunakan fitur Forgot Password

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Pastikan anda berada di dekat jaringan internet (WiFi) yang telah disambungkan secara otomatis sebelumnya, atau anda sedang menggunakan paket data (kuota internet).
  • Pastikan anda mengingat username/email dan password akun Google anda, yang telah di login sebelumnya pada smartphone/tablet android tersebut.
  • Jika 2 poin di atas sudah terpenuhi, lanjutkan dengan mengklik Forgot Password lalu Sign in dengan username/email dan password akun Google anda. 


2. Mengatasi password/pola Android yang terblokir dengan melakukan panggilan telepon dari HP yang lain

Cara ini dapat anda lakukan jika cara pertama gagal, karena anda lupa mengaktifkan paket data atau juga lupa mengaktifkan tombol Wi-Fi di smartphone android tersebut. Untuk itu, caranya ialah:

  • Telepon smartphone yang terkunci tersebut menggunakan HP orang lain
  • Angkat atau jawab teleponnya, namun jangan di tutup dulu paggilan telepon tersebut selama melakukan aktifitas berikut ini
  • Tekan tombol Home pada smartphone anda, lalu aktifkan koneksi internet berupa Wi-Fi atau paket data.
  • Jika memungkinkan nonaktifkan password/pola dari menu setting, namun sebelumnya anda harus login ke akun Google anda terlebih dahulu.
  • Jika tidak memungkinkan, tetapi akses internet di smartphone android tersebut sudah aktif, lakukan kembali langkah-langkah pada cara 1. Pada langkah ini paggilan telepon sudah tidak diperlukan lagi, jadi dimatikan saja paggilan teleponnya.


3. Mengatasi password/pola Android yang terblokir dengan  melakukan factory data reset melalui android recovery

Ini adalah cara terakhir yang dapat anda lakukan untuk membuka password smartphone yang di blokir. Resikonya ialah seluruh data dan pengaturan di internal memori akan terhapus. Namun, jika anda telah mengaktifkan fitur backup sebelum smartphone android terkunci, maka anda tidak perlu khawatir, karena data tersebut sudah aman. Untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan, sebaiknya anda melepas memori eksterna (MicroSD) pada smartphone tersebut.

Jadi, cara ini sebaiknya dilakukan jika kedua cara yang telah dijelaskan di atas tidak bekerja atau tidak berfungsi. Caranya ialah sebagai berikut.

  • Terlebih dahulu matikan smartphone/tablet android anda, hingga benar-benar mati.
  • Tekan dan tahan tombol Home, tombol Power, tombol Volume atas secara bersamaan. Sampai anda msuk ke fitur recovery.
  • Tunggulah sebentar sampai system recovery android terbuka.
  • Setelah masuk ke recovery mode pilih Wipe data/factory reset, untuk menggerakkan kursor tekan tombol volume (atas atau bawah) lalu arahkan ke tomboh Home.
  • Pilih Yes > Reboot system now. Kemudian tunggu beberapa saat.
  • Maka smartphone/tablet android anda telah kembali seperti semula yaitu ke pengaturan awal atau pengaturan pabrik.


Khusus untuk cara membuka pola dan password pada smartphone android yang lupa dan terblokir maka anda perlu sedikit berhati-hati, jangan sampai pada smarphone/tablet anda tersebut terdapat data-data yang penting dan anda belum mengaktifkan fitur backup data di smartphone tersebut. Cara yang ketiga tersebut adalah cara yang paling banyak dilakukan untuk mereset password android, dan berfungsi diterapkan pada beberapa smartphone, seperti Oppo, Samsung Galaxy, Asus, Soy Xperia, Advan, Lenovo, Smartfren dan yang lainnya.

Advertisement