Tips Memaksimalkan Profit Melalui Bisnis di Toko Online

Siapa yang tidak tahu mengenai bisnis melalui toko online saat ini? Di zaman yang serba modern ini telah hadir banyak toko online yang menyediakan fasilitas untuk para entrepreneur untuk memiliki toko online sendiri. Masyarakat pun telah banyak yang melakukan transaksi jual beli online. Bisnis melalui toko online kian semakin popular dikalangan masyarakat Indonesia. Pasalnya dengan berjualan secara online, penjual akan menemui calon pembeli yang besaral dari seluruh daerah mulai dari dalam kota, luar kota, luar pulau, bahkan luar negri sekalipun.

Melihat dari peluang yang sangat besar ini, sangat disayangkan bila para penjual tidak bisa memaksimalkan penjualan dan profit dari bisnis online ini. Berikut 3 tips untuk memaksimalkan profit atau keuntungan dari bisnis jual beli online.

1. Pilih situs jual beli online yang terpercaya

Dalam melakukan bisnis jual beli online, pilihlah situs jual beli online yang terpercaya dan sudah memiliki reputasi yang baik agar toko dan produk Anda juga memiliki reputasi yang baik. Saat ini ada banyak e-commerce yang menyediakan ruang untuk Anda membuka toko online sendiri. Salah satunya yaitu blanja.com yang memberikan fasilitas kepada entrepreneur Indonesia untuk memasarkan produknya secara online. E-commerce blanja.com bisa menjadi situs jual beli online yang Anda percaya, pasalnya situs ini merupakan hasil joint venture dari website e-commerce terkemuka asal Amerika yaitu eBay. eBay dan Telkom Indonesia berkolaborasi dan melahirkan situs jual beli blanja.com. Melihat perusahaan penopang di belakang blanja.com, sepertinya Anda tidak perlu khawatir untuk memulai bisnis Anda di sini.
blanja

2. Berikan info produk secara detail

Mengingat dalam proses dan transaksi belanja online, pembeli tidak bisa melihat dan memegang produk Anda secara langsung. Maka dari itu detail informasi yang menjelaskan mengenai produk anda harus diberikan secara detail. Informasi tersebut mencakup foto dari produk yang detail dan lengkap, lebih baik jika menggunakan high resolution image. Selain itu, penjabaran spesifikasi produk yang lengkap seperti fungsi, fitur fiturnya, ataupun garansi yang tersedia harus dibeberkan secara jelas agar calon pembeli tidak ragu-ragu untuk membeli produk anda.

3. Jaga reputasi Anda

Mau percaya atau tidak, pembeli merupakan subjek pemasaran yang sangat baik. Bayangkan jika Anda memiliki 10 pembeli dan melakukan pelayanan yang maksimal kepada mereka. Paling tidak 3 pembeli terssebut akan merekomendasikan toko dan produk anda kepada kerabatnya. Kerabat tersebut bisa seperti teman, keluarga, tetangga dan lain-lain. Dari hasil rekomendasi tersebut, paling tidak ada 1 orang yang akan membeli produk anda. Setelahnya, pembeli tersebut akan merekomendasikan toko anda lagi kepada kerabatnya, dan akan terjadi proses serta sirkulasi yang sama secara terus menerus. Untuk menjaga reputasi tersebut, anda bisa memberikan service penjualan secara maksimal dengan cara; merespon pembelian dan pengiriman dengan cepat, serta selalu keep in touch dengan pihak kedua dan ketiga, yaitu situs jual beli online dan pembeli.

Pada intinya, dengan melakukan usaha maksimal, maka Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan mengikuti 3 tips di atas, semoga bisnis online Anda menjadi laris manis. Sampai jumpa di tips-tips berikutnya.


Artikel ini adalah artikel review. Segala bentuk dampak yang ditimbulkan oleh materi artikel di atas, adalah tanggung jawab penuh pihak Blanja.com, terima kasih!

Advertisement