Cara Ampuh Agar Blog Mendapatkan Job Paid Review

Tips blogging kali ini tentang cara mendapatkan tawaran job review atau job paid review dari blog atau website yang kita kelola. Review job ialah pekerjaan yang membuat tulisan berupa ulasan atau review terhadap sebuah atau beberapa brand/produk, jasa atau promosi website dari pengiklan (advertiser).

Siapa yang tidak ingin mendapatkan penghasilan secara online dari blog yang dikelolanya. Pasti sebagian besar blogger menginginkan hal ini, entah itu dianggap sampingan atau keisengan ataupun pure sengaja membuat blog untuk dimonetisasi. Seperti kita ketahui, ada banya cara yang dapat digunakan untuk memperoleh pendapatan atau penghasilan dari blog. Diantaranya ialah menjadi publisher di Google Adsense, mengikuti program affiliasi, menayangkan PPC local, menjual produk sendiri dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain cara mendapatkan uang dari blog yang telah disebutkan di atas, ada salah satu cara lagi untuk mendapatkan uang dari blog secara instan dan banyak juga blogger yang mengadakan hal ini, yaitu job review.

Salah satu keunggulan dari job review adalah pembayarannya langsung setelah kita mereview dan memposting artikel tentang review tersebut di blog atau website kita. Selain itu, bayaran atau fee untuk setiap job review juga terbilang cukup tinggi. Tentunya harga disesuaikan dengan eksistensi blog anda dan juga minat dari advertiser agar brandnya dapat di “iklakan” pada blog anda. Proses inilah yang nantinya akan terjadi pada tawar-menawar nanti, atau bisa saja anda menuliskan sebuap penawaran khusus untuk sebuah job review di blog anda.

Namun, sebelum membuka peluang kepada pengiklan atau advertiser terkait job review ini, terlebih dahulu anda perlu memperhatikan kriteria berikut ini pada blog anda. Agar untuk mendapatkan tawaran job paid review akan membanjiri blog anda tersebut.
Cara Ampuh Agar Blog Mendapatkan Job Paid Review

Buat blog “lebih sedikit” professional dengan membeli domain TLD

Domain merupakan bagian penting dalam membangun kepercayaan seseorang untuk dapat beriklan ataupun memberikan penawaran job review di blog anda. Jika anda mempunyai dana lebih, maka menggunakan self host adalah lebih baik. Dengan menggunakan domain TLD, maka blog kita sebagai pemberi jasa job review akan mendapatkan perhatian lebih dibandingkan dengan yang masih menggunakan subdomain dari blogspot.

Membuat konten atau ulasan yang berkualitas

Kebiasaan para pemilik brand atau advertiser tertarik untuk menawarkan job review pada sebuah blog ialah karena konten yang terdapat di blog tersebut. Konten yang berkualitas tidak hanya dilihat dari konfigurasi judul yang dibuat terkesan hebat dan menarik untuk diklik, tetapi juga seberapa lihai pemilik blog mengupas tajam sebuah persoalan sampai keakar-akarnya, hingga memenuhi suatu penyelesaian soal dengan solusi yang ditawarkan. Jika hal tersebut telah menjadi karakter dari setiap konten anda, maka anda pun telah menciptakan daya tarik yang begitu mahal kepada pemilik brand.

Memperbanyak atau meningkatkan pengunjung blog

Tips berikut ini adalah cara yang wajib dipenuhi oleh webmaster jika ingin mendapatkan penawaran job review dari pemilik brand atau advertiser. Sebab pengunjung blog yang banyaklah yang menjadi patokan bagi para pemilik brand untuk melirik blog anda untuk menempatkan review dari produknya. Besar kemungkinan tawaran yang akan anda dapatkan untuk mereview sebuah brand tertentu, berbanding lurus dengan tingginya pengunjung blog anda.

Baca juga: 3 Bisnis yang Patut Dijalankan Setelah Traffic Blog Tinggi

Perlu diperhatikan juga, bahwa visitor ini juga merupakan nilai juga dari blog anda. Seakan-akan hal lain tidak menjadi penting lagi, jika pengunjung blog anda banyak setiap harinya, maka tawaran dan harga job review anda pun akan tinggi.

Rajin mengupdate blog secara berkala

Kapasitas update dari sebuah blog juga merupakan hal yang perlu ditekankan. Tidak juga setiap hari, tetapi setidaknya dalam 2 hari bisa menulis satu atau dua artikel di blog. Selain untuk meningkatkan trafik atau visitor, mengupdate artikel secara berkala juga dapat menarik pemilik brand atau pengiklan melirik blog kita. Sebab, beberapa pemilik brand atau advertiser menginginkan sebuah blog bidikannya yang selalu diupdate oleh pemilik blog tersebut.

Mengecilkan nilai Alexa Rank

Mengecilkan atau melangsingkan Alexa rank bukan suatu perkara yang mudah, juga bukan suatu persoalan yang susah. Alexa rank akan langsing dengan sendirinya seiring berjalannya waktu, tingkat update di blog anda dan juga lalu lintas visitor yang terus berdatangan ke blog. Tak lupa juga, seberapa besar backlink berkualitas yang memberi sponsor SEO untuk blog anda.

Meningkatkan nilai DA & PA Blog

Selain melangsingkan Alexa rank, meningkatkan domain authority (DA) dan page authority (PA) juga perlu diperhatikan. Intinya, hal ini perlu ditingkatkan untuk mempertahankan konten blog agar lebih bertahan di mesin pencarian. Dengan begitu, artikel job review pun akan tertunjang dengan peningkatan dari istilah yang digadang-gadang sebagai pengganti Pagerank yang katanya sudah mati.

Mulailah menulis review meski tanpa bayaran

Untuk melakukan hal ini, anda dapat memulai dengan menulis sebuah blog yang anda kagumi atau yang sering anda kunjungi karena dengan blog tersebut anda telah mendapat banyak pengetahuan dan ilmu baru. Atau boleh juga anda menulis sebuah review tentang toko online tertentu, affiliasi, PPC dan lain sebagainya.

Mengapa hal ini juga perlu dilakukan? Sebab kebiasaan beberapa pemilik brand atau advertiser akan melihat cara anda mengulas sesuatu dalam kategori “review” di blog anda. Jika struktur kalimat dan cara pengulasan anda membuat pemilik brand ini tertarik, maka bersiaplah untuk mendapatkan kesempatan mereview produk tertentu dengan bayaran tertentu pula.

Membuat halaman khusus untuk penawaran job review

Jika anda sudah mampu memenuhi poin-poin di atas, maka saatnya untuk membuat halaman tersendiri untuk menawaran job review di blog anda. Nantinya halaman ini akan berisi informasi tentang data statistic pengunjung blog anda, tema atau topik untuk job review, harga yang ditawarkan ke pemilik brand, serta data-data pendunkung lainnya, berupa profil akun bank dan kontak anda yang dapat dihubungi oleh advertiser.

Alangkah baiknya jika setiap job review diikat oleh satu kategori/label yang sama. Sehingga calon advertiser lainnya dapat melihat seberapa banyak job review yang telah anda kerjakan, baik itu yang berbayar maupun yang ditulis secara cuma-cuma.

Membagikan artikel job review pada media sosial yang anda punya

Beberapa pemilik brand mewajibkan pemilik blog yang menjadi target job review untuk share artikel job riviewnya ke media sosial yang anda, baik itu ke Facebook, Twitter, Google+, Pinterest dan lainnya. Hal ini juga tidak ada ruginya untuk anda lakukan pada beberapa pemilik brand yang tidak mewajibkan untuk melakukan hal ini, malah akan menguntungkan buat blog anda. Sebab, blog tersebut akan mendapatkan kunjungan dari media sosial yang anda bagikan artikel job review tersebut.

Kunjungi dan berkomentarlah pada blog orang lain yang memuat artikel job review

Setelah artikel job review di posting, tentu pemilik brand akan sesekali mengecek artikel job reviewnya pada blog yang bersangkutan. Siapa tahu saja pemilik brand tersebut melihat komentar dan profil Google+ atau website kita, dan selanjutnya pula mudah-mudahan dia tertarik untuk memberikan penawaran review job untuk blog kita.

Konten komentar juga tetap harus diperhatikan. Tidak serta merta menuliskan secara terang-terangan bahwa di blog kita juga menerima tawaran job review. Cukup memberikan komentar yang positif terhadap materi review tersebut.

Demikian informasi tentang cara agar mendapatkan tawaran job paid review di blog. Semoga berguna, selamat mencoba dan sukses selalu.

Advertisement