Mendapatkan Penghasilan dengan Menjual Foto Secara Online

Masih belum diterima menjadi publisher di Google Adsense? Ada solusi lain untuk mendapatkan penghasilan dari internet, yaitu dengan cara menjual foto atau gambar secara online. Siapapun anda, baik fotogrfer amatir maupun yang professional mempunyai kesempatan yang sama untuk mendapatkan passif income dari jepretan kamera anda tersebut.

Jika anda merasa foto atau gambar yang anda hasilkan itu baik, menarik dan berkualitas, maka silahkan menjadi kontributor pada situs-situs yang akan saya tuliskan di bawah ini.

Baca juga: 7 Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Mendapatkan Penghasilan dengan Menjual Foto Secara Online

Bagaimana anda akan mendapatkan penghasilan dari foto anda?

Caranya tidak terlalu sulit dan juga tidak terlalu gampang, anda hanya perlu mengumpulkan karya-karya berupa jepretan foto yang berkualitas, dengan resolusi minimal 5 MP. Lalu upload foto anda tersebut pada situs yang mengadakan program ini. Setiap ada pengunjung yang tertarik mengdonwload atau membeli foto anda tersebut, maka saat itu pula anda akan mendapatkan uang. Cukup menarik bukan?

Semakin banyak foto yang anda upload, maka penghasilan yang akan anda dapatkan pun semakin besar. Daripada foto anda itu nongkrong tidak jelas di komputer atau laptop, mengapa tidak dijadikan untuk mendapatkan uang?

Sebelum melangkah lebih jauh, tentu anda penasaran kan mengapa anda di bayar setiap kali ada orang yang mendownload dan membeli gambar yang anda upload tersebut? dan mengapa mereka membeli foto anda itu? Berikut penjelasannya.

Mengapa foto anda dibeli dan anda dibayar?

Sebetulnya ada beragam alasan dari pertanyaan tersebut. Diantaranya ialah, kebutuhan menyangkut profesionalitas suatu pekerjaan dan produk. Sebut saja seorang desainer grafis professional yang membutuhkan ilustrasi gambar untuk projek ilustrasinya, maka membeli gambar (licenci gambar) pada situs-situs penyedia foto online adalah cara terbaik.

Begitu pula yang terjadi pada perusahaan-perusahaan kecil-menengah, yang membutuhkan gambar untuk iklan, kemasan brand dan lain sebagainya. Akan lebih murah biayanya membeli lisensi gambar ke freelance fotografer atau situs foto online, dibandingkan menyewa model, fotografer dan lainnya.

Dengan begitu, sudah jelas kan, mengapa anda mendapatkan bayaran hasil dari upload foto anda?

Apa yang harus diperhatikan untuk menjalankan bisnis jual foto secara online ini?

Agar foto anda dapat diterima oleh penyelenggara dan anda pun diterima sebagai kontributor foto di website tersebut, maka ada poin-poin penting yang perlu anda perhatikan. Berikut hal-hal penting itu.

1. Pastikan kualiatas gambar yang diupload memiliki resolusi minimal 5 MP (megapixel)
Jika foto yang diupload di bawah dari resolusi itu biasanya akan sulit diterima bahkan akan ditolak. Jadi, pastikan foto anda mempunyai resolusi yang tinggi.

2. Foto dalam keadaan bersih, tanpa coretan dan editan
Foto yang anda upload harus benar-benar bersih atau clean. Tidak menggunakan frame, logo, nama anda, tanggal, dan tulisan-tulisan lainnya.

3. siapkan 10 atau lebih foto untuk pertama kali mengunggah
Sebetulnya ini tidak berlaku pada semua situs. Beberapa situs mengharuskan anda untuk mengupload foto dengan jumlah tertentu untuk ikut serta menjadi kontributor pada situs tersebut.

Bagaimana cara pemula agar sukses dengan bisnis menjual foto online?

Selain menjaga kualitas foto seperti yang telah disebutkan sebelumnya, agar foto anda banyak peminatnya dan laku keras dipasaran maka yang perlu dilakukan sebagai seorang pemula adalah sebagai berikut.

1. Ketahui terlebih dahulu tema gambar atau foto yang paling banyak dicari
Ada banyak cara untuk mengetahui tema gambar atau foto yang paling banyak dicari, salah satu caranya yaitu dengan melihat statistic yang diperlihatkan oleh situs penyelenggara yang anda ikuti.

2. Permantab skill
Hal ini masih berhubungan dengan kualitas foto atau gambar yang akan anda hasilkan. Sebetulnya foto yang dapat dijual bukan hanya terbatas pada hasil jepretan kamera saja, tetapi juga dapat berupa ilustrasi gambar yang dibuat di photoshop, corel draw dan aplikasi editing foto lainnya.

3. Ikuti permintaan pasar
Setiap periodisasi tertentu pasti ada saja style atau gaya yang dihasilkan, terutama di bidang fotografer. Hal ini mengakibatkan gaya lama semakin tertinggal oleh gaya baru. Jadi, pastikan anda betul-betul memahami perubahan dan perkembangan fotografi yang ada.

Tidak perlu repot-repot untuk mengulik lebih jauh terhadap informasi apa saja itu, anda cukup melihat dari gaya (style) foto atau ilustrasi gambar yang dihasilkan oleh fotografer dan designer lainnya.

Jika anda sudah mantab dengan semua itu, maka silahkan pilih salah satu atau beberapa situs berikut ini untuk mengupload foto anda.

Daftar situs tempat anda menjual foto secara online

Paling banyak diminati para pencari image di seluruh dunia:
istockphoto.com
bigstockphoto.com
photostockplus.com
au.fotolia.com
redbubble.com
shutterstock.com
123rf.com/sellimages.php

Perhatian:
Dalam hal ini saya tidak sedang merekomendasikan anda untuk mengikuti daftar situs untuk menjual foto online yang telah saya sebutkan di atas. Silahkan dipilih saja mana yang paling cocok untuk anda. Jangan lupa membaca syarat-syarat yang harus dipatuhi menjadi kontributor pada situs-situs tersebut.

Sebetulnya masih banyak lagi situs serupa lainnya, dengan syarat dan ketentuan serta pembagian hasil dengan cara yang berbeda. Jadi, sebelum untuk memutuskan bergabung pada situs tersebut, pastikan anda sudah memahami metode, syarat yang harus dipenuhi, dan cara pembayarannya.

Advertisement