Cara Jitu Bertahan di Clash of Clans (COC) Agar Tak Terkalahkan

Tips android kali ini tentang cara membentuk pertahanan yang baik pada game populer saat ini, yaitu Clash of Clans (COC). Sebuah game kolosal semacam COC sangatlah membutuhkan pola pertahanan yang mumpuni agar tidak gampang di gempur dan dihancurkan musuh. Jika anda mempunyai basis pertahanan yang yang terbilang lemah, maka musuh akan sangat mudah mengambil desa serta isi-isinya yang sudah susah payah anda bangun.

Khusus bagi pemula di game COC, sedikit hal ini perlu anda ketahui terlebih dahulu. Di awal anda akan diberi sebuah kerajaan, yang mana anda sendirilah sebagai rajanya. Pekerjaan anda mengatur pertahanan, serangan, dan membangun kerajaan anda. Dalam hal ini, anda memerintahkan segala pemain di kerajaan anda. Anda akan diberi 2 buruh pekerja yang membantu anda untuk membangun kerjaan.
Cara Jitu Bertahan di Clash of Clans (COC) Agar Tak Terkalahkan

Sebelum menyerang kerjaan yang lain, maka terlebih dahulu anda perlu membangun kompi pasukan, tentara khusus untuk bertempur atau menyerang kerajaan lain. Jika suatu saat anda tiba-tiba diserang oleh kerajaan lain, maka anda akan mendapatkan bonus shield. Dalam hal ini tidak ada kerugian yang berarti, hanya saja thropy dan resourcenya akan berkurang.

Sebagai pengantar, kita cukupkan sampai disitu. Saatnya membangun pertahanan yang mumpuni seperti yang dijanjikan pada headline di atas.

Cara bertahan di Clash of Clans (COC) tak terkalahkan dan susah di tembus

Langkah awal ia letakkan bangunan yang tidak banyak gunanya di luar area pertahanan. Hal ini untuk menghemat waktu, memancing musuh yang menyerang agar bisa dengan mudah dimusnahkan.

Buatlah sebuah bangunan Gold and Elixir pada sebuah tempat terkepung dengan pagar kuat, atau yang menurut anda anda dari berbagai serangan lawan. Bangunan ini sangat penting untuk dipertahankan dari musuh. Cobalah untuk membangun Gold dan Elixir pada radius tempat yang agak berjauhan. Hal ini dimaksudkan untuk mengulur waktu musuh saat menyerang kerajaan anda. Sebab yang menjadi sasaran utama dalam sebuah kerajaan ialah dua bangunan itu.

Selanjutnya persoalan pertahanan dengan benteng tembakan. Diusahakan benteng tembak ini menjangkau seluruh bagian bangunan yang anda bangun. Sebuah posisi benteng tembakan ini bisa menjadi pertahanan yang kuat untuk anda, bisa juga akan menjadi boomerang dan malah membuat kerajaan anda mudah ditaklukan jika anda tidak jeli meletakkan benteng tembak ini.

Jika anda adalah seorang pemula, maka disarankan untuk senjata pertama ialah mengambil Mortal, kemudian letakkan di bagian tengah pertahanan kerajaan. Dalam hal ini alat tersebut sebagai sentral pertahanan kerajaan.

Selanjutnya membentuk pertahanan menangkal serangan musuh. Dalam hal ini menangkal serangan wall breaker maa, maka anda perlu memakai canon dan tower yang mengelilingi area kerajaan anda. Untuk formasi pertahanan satu ini, anda perlu menyesuaikan dengan bentuk atau pola kerjaan anda. Pastikan pertahanan penangkal serangan ini menjangkau seluruh area kerajaan anda. Namun, tidak harus mengelilingi bangunan yaa.

Baik, sampai disini gambaran pertahanan terkuat sudah anda dapatkan. Selanjutnya ialah mengatur strategi meladeni serangan ataupun membentuk pola serangan untuk kerajaan lainnya.

Berbeda dengan petunjuk sebelumnya, dalam hal ini senjata yang dapat menjangkau pasukan anda, hendaknya anda letakkan jauh dari pandangan musuh. Biarkan pasukan lain berada di depan dan senjata pemusnah biarkan di belakang, atau setidaknya tidak terlihat oleh lawan.

Sebelum menyerang, tugas pertama ialah mengamati area musuh dengan menggunakan senjata seadanya saja. Namun, dibalik itu anda sudah mempersiapkan suatu formasi dengan senjata kelas berat. Perhatikan kelemahan dari kerajaan musuh, dengan melihat area yang tidak dapat dijangkau oleh senjata pertahanannya.

Strategi untuk serangan cobalah untuk memilih level town hall. Pilih lawan yang sedang-sedang dulu. Sebab, jika anda memaksakan diri untuk menyerang level yang lebih tinggi dari anda, sangat kecil kemungkinan anda dapat menang, namun besar kemungkinan anda akan mengalami kekalahan telak.

Jika misi serangan anda ingin mendapat resource, maka pilihlah kerajaan musuh yang memiliki resource yang banyak. Pilih lawan yang mempunyai resource yang sepadan dengan pasukan yang anda bawa, agar tidak sia-sia dalam melakukan penyerangan.

Demikian informasi kali ini. Mungkin sedikit tips di atas, dapat membantu anda untuk membuat sebuah pertahanan yang baik dan pola penyerangan yang baik dalam bermain game COC di android anda. Perlu diingat, bahwa hendaknya selalu memperhatikan pertahanan terlebih dahulu dibandingkan upgrade level. Jika pertahanan sudah mumpuni, maka silahkan menuju level berikutnya.

Advertisement