Kelebihan dan Kekurangan Format FAT32, NTFS, dan exFAT, Mana yang Lebih Bagus?

Tips komputer kali ini tentang mengetahui format partisi harddisk, Flashdisk, atuapun SD Card mulai dari formati FAT32, NTFS, dan exFAT, lalu mana yang terbaik untuk keperluan komputer atau laptop anda? Sebagai pengguna system operasi Windows biasanya 3 format tersebut sering digunakan, atau setidaknya sering kita temui pada format harddisk komputer atau laptop orang lain.
Kelebihan dan Kekurangan Format FAT32, NTFS, dan exFAT, Mana yang Lebih Bagus?

Banyak yang masih bingung memilih dan menerapkan jenis format yang ada. Untuk itu, pada artikel kali ini akan dijelaskan perbedaan antara ketiga jenis format yang populer digunakan tersebut.

Berikut ini merupakan kelebihan dan keunggulan dari masing-masing format, baik untuk format FAT32, NTFS, dan exFAT.

Perbedaan masing-masing format FAT32, NTFS, dan exFAT

1. FAT32

Format FAT32 pertama kali dikenalkan ke publik pada tahun 1995. Format ini adalah format partisi yang paling lama, datang sebagai penyempurna format FAT16. Dengan kemampuannya yang sudah terbukti oleh waktu tersebut, maka tak heran format partisi ini telah didukung oleh banyak jenis perangkat yang ada saat ini.

Kelebihan format FAT32: Format partisi ini didukung oleh hampir seluruh sistem operasi, mulai dari Windows, juga termasuk Linux dan Mac. Format ini telah menjadi standar format untuk partisi Flashdisk dan SD Card. Mengingat usianya yang sudah lama, tak heran format partisi ini didukung oleh banyak jenis perangkat.

Kekurangan format FAT32: Kekurangan format partisi ini terletak pada kemampuannya dalam menyimpan file. Format FAT32 hanya dapat menyimpan file tunggal hingga 4GB, dan terbatas untuk partisi hingga 8TB. Selain itu, format ini juga disinyalir rentan dengan serangan virus, karena tidak tersedia fitur file permission.

2. NTFS

Format partisi ini lahir bersamaan dengan Windows XP. Format ini oleh Windows, dibuat untuk menyempurnakan kekurangan yang ada pada format FAT32. Hal tersebut juga dilakukan untuk membuat kemasan baru, mengingat format FAT32 yang sudah uzur, digunakan sebagai format partisi untuk HardDisk.

Kelebihan format NTFS: Sebagai penyempurna format sebelumnya, jelas format partisi NTFS dilengkapi dengan limit ukuran partisi yang cukup besar. Juga tambahan fitur yang cukup berguna yaitu file permission sebagai keamanan partisi HardDisk, terdapat fungsi recovery, disk quota limit, dan masih banyak lagi fitur menarik lainnya.

Kekurangan format NTFS: Kekurangan format ini hanya pada sistem operasi saja. Tidak semua sistem operasi mendukung format ini. Bahkan sistem operasi terkemuka semacam Mac juga belum mendukung format ini. Walaupun formatnya terbaca, baik itu HardDisk, flashdisk, dan SD Card, tetapi tidak dapat digunakan. Tidak hanya itu, perangkat non-komputer berupa TV, MP3 Player, kamera dan lainnya juga, sebagian besar belum mendukung format partisi NTFS.

3. exFAT

Fotmat ini menjadi format paling baru dibandingkan 2 format partisi sebelumnya. Format partisi exFAT diperkenalkan ke publik pertama kali pada tahun 2006, datang sebagai sisi lain dari FAT32. Format partisi ini cukup sederhana, namun mempunyai kapasitas seperti yang dimiliki oleh NTFS. Format partisi exFAT sangat cocok digunakan untuk format Flashdisk.

Kelebihan format exFAT: Walaupun terbilang baru, namun format ini dapat digunakan pada sistem operasi MAC dan Linux secara penuh. Selain itu, format partisi ini direkomendasikan untuk format partisi pada perangkat portable.

Kekurangan format exFAT: Seperti biasa, karena masih terbilang baru, tentu terdapat beberapa perangkat yang belum mendukung penuh penggunaan format ini. Mungkin dengan seiring perkembangan yang ada, suatu saat format partisi ini akan mandapat dukungan dari berbagai perangkat tersebut. Jadi, tinggal tunggu saja!

Baca juga: Penyebab dan Cara Terbaik Mengatasi PC dan Laptop Mati Sendiri

Demikian informasi antara kekurangan dan kelebihan format partisi FAT32, NTFS, dan exFAT. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan untuk anda dalam memilih format partisi HardDisk, FlashDisk, dan SD Card di komputer atau laptop serta kamera ataupun ponsel/smartphone anda.

Posting Komentar

Komentar telah ditutup. Jika ada yang perlu disampaikan terkait konten ini, silahkan kirim pesan lewat laman kontak.