Mengatasi Penghasilan Adsense Menurun Akibat Googleweblight

Tips adsense kali ini tentang cara mengatasi penghasilan adsense yang menurun karena Googleweblight (Google Weblight). Sebagai blogger tentu semua tau apa itu Googleweblight. Googleweblight ialah sebuah tools milik Google yang bekerja sebagai wadah pengalihan bila koneksi internet pengguna/pengunjung terdeteksi lambat atau lemot. Googleweblight sendiri dimaksudkan untuk pengoptimalan laman pada tampilan seluler, walau dalam koneksi lambat sekalipun.

Dengan Googleweblight kecepatan web/blog dikonversi menjadi lebih cepat, bahkan tingkat pengoptimalannya hingga mencapai 80% atau 4x lipat lebih cepat dari biasanya. Namun demikian, Googleweblight disinyalir sebagai salah satu yang mengakibatkan penurunan pendapatan Google Adsense. Sebagian blogger menganggap Googleweblight adalah momok yang sebetulnya tidak perlu ada, karena hanya akan berdampak buruk bagi publisher adsense. Lebih-lebih jika suatu blog tertentu memiliki tingkat kunjungan (pagewiews) laman yang cukup tinggi dari Googleweblight, bahkan ada saja tingkat kunjungan dari Googleweblight hingga mencapai lebih dari 30%.

Mengatasi Penghasilan Adsense Menurun Akibat Googleweblight

Artikel sebelumnya: Apakah Bisa Mendaftarkan Kembali Blog yang Sudah Diterima Google Adsense?

Walaupun ada juga iklan Adsense yang tampil saat web/blog berada pada tools ini, tetapi tata letak web/blog dan iklan menjadi berantakan dan tidak beraturan, alias tidak seperti optimasi settingan iklan yang kita harapkan. Dengan begitu, lengkaplah imbas dari Googleweblight terhadap menurunnya pendapatan Google Adsense.

Sebetulnya tools ini baik bagi pengguna atau pengunjung blog, tetapi musibah bagi blogger, terutama publisher Adsense, dengan alasanan seperti yang telah disinggung sebelumnya. Publisher Adsense harus rela pendapatannya menurun, karena tata letak iklan di Googleweblight menjadi tidak friendly.

Baca juga: Safelink Converter: Cara Lain Meningkatkan Penghasilan Google AdSense

Untuk mengatasi hal ini, setidaknya 3 faktor berikut patut diterapkan pada web/blog anda. Setidaknya dapat meminimalisir penurunan pendapatan Google Adsense akibat Googleweblight. Berikut cara mengatasinya.

1. Gunakan Google Adsense non hosted

Sebab banyak yang mengeluhkan bahwa akun Adsense hosted tidak tampil jika blog berada pada tampilan Googleweblight. Sebagai solusinya, gunakan akun adsense non hosted. Dengan begitu iklan anda akan selalu tampil walau dialihkan ke Googleweblight.

Simak pula: Cara Agar Sukses Daftar Google Adsense Non Hosted Full Approve

2. Tambahkan link googleweblight.com pada akun adsense (non hosted)

Hal ini dilakukan untuk mencegah invalid klik pengunjung blog dengan Googleweblight. Untuk menerapkan hal ini sangatlah gampang. Caranya ialah, silahkan masuk ke akun Google Adsense non hosted anda, lalu menuju ke Setelan > Pengelolaan Situs > kemudian tambahkan (claim) link googleweblight.com lalu klaim.

3. Gunakan template mobile friendly

Di era serba mobile saat ini, penggunaan template responsive saja tidak cukup. Template harus juga mengandung unsur mobile friendly lainnya. Terutama, template pengoptimalan blog harus lebih ringan. Template responsive memang bagus dan ini juga perlu diterapkan. Namun jika ditambah dengan size dan loading template blog dioptimasi sedemikian rupa hingga benar-benar ringan diakses, maka tentu saja hal tersebut adalah lebih baik.

Ketiga perlakuan di atas memang tidak menjamin pendapatan Google Adsense anda menjadi lebih tinggi dari biasanya. Tetapi dengan melakukan hal tersebut setidaknya dapat meminimalisir hal-hal yang mengakibatkan penurunan pendapatan adsense akibat Googleweblight.

Inti dari semua itu ialah, selalu terapkan template yang ramah seluler untuk blog anda. Sebab hal itu akan membuat pengunjung dari mobile akan lebih nyaman menjelajahi blog anda tersebut. Maka hal lainnya juga akan mengikuti, entah blog tersebut akan lebih direkomendasikan oleh mesin pencarian, hingga kemungkinan berdampak pada peningkatan penghasilan Google Adsense.

Advertisement