Penyebab HP Android Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Tips smartphone Android kali ini tentang penyebab dan solusi mengatasi smartphone Android yang cepat panas. Terkadang pada kondisi tertentu, biasanya hp Android terasa panas. Entah itu saat bermain game, di chars, dan lain sebagainya. Tidak sedikit pengguna smartphone Android yang mengeluhkan hal ini. Gejala panas ini disinyalir akibat dari jeleknya kualitas smartphone. Namun, handphone mahal pun tetap saja mengalami kondisi yang sama.

Sebetulnya, hape Android cepat panas itu adalah sesuatu yang normal dan biasa terjadi pada hampir seluruh ponsel. HP mengalami kondisi panas akibat dari akitifitas kerja ponsel tersebut. Bahkan hal ini juga berlaku untuk semua sistem operasi smartphone, mulai dari iPhone, Windows Phone dan Android.

Penyebab HP Android Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Banyak yang bertanya, berasal dari perangkat manakah panas dari ponsel tersebut? Perlu diketahui, bahwa sumber panas itu utamanya berasal dari baterai HP smartphone. Baterai menjadi panas terjadi karena aktifitas ponsel yang terus digunakan. Sebab, dengan pemakaian ponsel seperti itu, membutuhkan daya ponsel yang lebih cepat dan lebih banyak dari biasanya.

Baca juga: Tips Menjaga Baterai HP Agar Tahan Lama Tidak Cepat Habis

Aktifitas-aktifitas yang begitu memicu terjadinya panas pada smartphone pada android diantaraya, panggilan telepon, streaming atau menonton video, penggunaan GPS, membuka pemutaran musik dibarengi dengan aplikasi lainnya, dan lain sebagainya. Jika aktifitas tersebut dilakukan dalam waktu yang lama dan berulang-ulang dalam durasi yang sebentar, maka panas di HP Android pun tidak bisa dihindari.

Selain baterai, penyebab handphone cepat panas juga disebabkan oleh tidak optimalnya kerja perangkat lain. Perangkat tersebut diantaranya RAM, CPU dan perangkat keras lainnya. Namun, hal ini tentu berkaitan erat dengan kualitas handphone itu sendiri. Biasanya HP dengan spesifikasi rendah cenderung lebih cepat panas jika sumber panasnya berada pada perangkat keras yang sudah disebutkan tadi.

Untuk itu, berikut beberapa solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi handphone android cepat panas:

1. Letakkan HP pada suhu normal

Terkadang HP menjadi panas juga disebabkan oleh suhu di sekitar handphone tersebut. Oleh sebab itu, perhatikan tempat meletakkan hp android anda. Hindarilah meletakkan HP di atas televise, di atas kompor, di atas tungku api dan barang serta tempat yang berhawa panas lainnya. Karena selain membuat HP anda cepat panas, juga akan membuat HP anda terbakar.

2. Hindari menggunakan HP saat sedang diisi/ dicharge

Aktifitas lain yang dapat memicu panas pada hp android ialah mengoperasikannya secara berlebihan saat HP tersebut sedang discharge. Tidak hanya itu, jika aktifitas ini terus-menerus dilakukan, maka akan merusak baterai handphone android anda. Baterai rusak terlihat dari bentuk fisiknya yang telah menggelembung, baterai cepat habis, sering ngadat saat mengisi dan meledak.

3. Nonaktifkan aplikasi yang tidak penting

Biasanya pengguna smartphone sering mengabaikan hal ini. Membiarkan aplikasi yang tidak digunakan tetap terbuka alias beroperasi. Untuk itu, cobalah cek dan matikan aplikasi yang sudah tidak digunakan saat itu di smarpthone anda, seperti aplikasi game, Bluetooth, GPS, Wi-Fi, dan lainnya.

4. Pastikan ponsel berada pada jangkauan signal yang normal

Pemicu panas selanjutnya ialah aktifitas handphone yang terus menerus mencari signal. Hal ini cukup menggerus penggunaan baterai serta memacu kinerja handphone lebih keras lagi. Entah itu pencarian signal Wi-Fi ataupun signal kartu SIM. Maka dari itu, pastikan anda berada pada jangkauan signal yang memadai, sehingga aktifitas HP juga turut normal kembali.

5. Hindari overclock handphone

Overclock adalah suatu cara meningkatkan kinerja handphone lebih cepat dari biasanya. Hal ini patut dihindari karena lebih banyak menggerus penggunaan baterai, sehingga panas pun tidak bisa dihindari. Jika kondisi ini terlanjur terjadi pada ponsel anda, segera lakukan SetCPU untuk menanggulangi hal tersebut jika tiba-tiba nanti HP terasa panas.

6. Biarkan ponsel instirahat dulu

Jika anda segitu paranoidnya ketika ponsel mengalai panas yang maha dahsyat, maka jalan satu-satunya ialah istirahatkan ponsel tersebut sebentar. Hal ini dapat dimulai dengan mematikan handphone, lepaskan pengisian. Jika perlu lepaskan penutup casing (bagian belakang) handphone, juga baterainya. Bersabarlah sebentar dan tunggu ponsel tersebut benar-benar dingin.

Agar HP tersebut lebih cepat dingin karena buru-buru ingin digunakan, silahkan menggunakan AC atau kipas angin.

Demikian informasi tentang penyebab handphone android cepat panas dan cara mengatasinya. Jangan lupa untuk menyimak artikel yang lainnya. Jika ada hal-hal yang perlu ditambahkan dari solusi di atas, silahkan bubuhkan pada kolom komentar di bawah ini, biar bisa diaplikasikan oleh pembaca lainnya.

Advertisement