5 Cara Amankan File atau Data dari Serangan Hacker

Tips internet kali ini tentang cara mengamankan data maupun file dari hacker. Sebagai pengguna internet, meningkatkan proteksi berbagai akun adalah prioritas utama. Mulai dari akun sosial media, hosting dan lainnya.
5 Cara Amankan File atau Data dari Serangan Hacker
Terutama password email yang menjadi jantung utama pertahanan sebuah akun sosial media. Sebab jika email berhasil dir etas, maka tamatlah berbagai akun yang telah didaftarkan menggunakan email tersebut.

Baca juga: Cara Agar Facebook, Twitter, Instagram dan Path Tidak Bisa di Hack

Melalui tulisan ini, saya akan berbagi cara meningkatkan keamanan untuk setiap akun kita di internet. Caranya adalah sebagai berikut.

1. Membuat kombinasi password yang unik dan berbeda setiap akun

Adalah sebuah kesalahan besar dilakukan oleh pengguna internet aktif yang menerapkan satu password untuk semua akun yang dimilikinnya. Padahal keadaan seperti itu sangat memudahkan hacker untuk membobol akun miliknya sekaligus. Cukup menggunakan satu kata sandi maka akun miliknya berpindah ke tangan hacker.

Perlu diketahui, bahwa sekuat apapun password anda jika telah digunakan berkali-kali setiap membuat akun baru di internet, maka password kondisi password tersebut rentan di bobol oleh peratas. Oleh sebab itu, perlu membuat password khusus pada masing-masing akun yang dimiliki. Tidak cukup sampai disitu, password pun dibuat dengan kombinasi yang unik, susah, dan tak tertebak.

2. Waspadai pesan/email phising

Mengirim pesan atau email spam adalah salah satu cara paling umum yang dilakukan oleh hacker. Email/pesan tersebut berisi kode hacking yang sewaktu-waktu akan membahayakan akun dan bahkan perangkat yang anda gunakan. Sehingga si hacker ini dapat dengan mudah mengakses informasi di akun email dan perangkat yang anda gunakan tersebut.

Untuk itu, maka berhati-hatilah sebelum membuka email ataupun mengunduh file dari email tertentu. Karena boleh jadi itu adalah file phising, yang mana email atau file hacking tersebut akan bekerja ketika anda mengunduh filenya atau mengklik link yang ada di dalam email tersebut.

Baca juga: Cara Paling Ampuh Mencegah Akun Gmail dari Hacker

Sebagai solusinya, cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui sebuah email itu asli atau tidak, maka lihatlah email dari pengirim. Pastikan email yang masuk adalah email yang tidak mencurigakan.

3. Berhati-hati dengan situs/website phising

Selain mewaspadai email berisi file unduhan phising, hal yang perlu diwaspadai lainnya ialah situs atau website phising. Biasanya situs ini juga dikirim atau disematkan melalui email. Meskipun terlihat asli dan meyakinkan, tak jarang situs di email tersebut adalah situs berhaya.

Sebagai solusinya, jika ingin mengetahui alamat situs tersebut adalah asli atau tidak, terlebih dahulu arahkan kursor anda ke arah tautan tersebut. Maka biasanya alamat situs akan tampil di pojok bawah kanan/kiri di monitor anda.

Tidak hanya melalui email, ternyata di internet juga banyak bertebaran situs/website phising. Situs phising tersebut biasanya disebar pada berbagai jejaring sosial untuk mendaftarkan diri pada game tertentu.

Untuk mengetahui link yang disebar tersebut asli atau tidak maka lihatlah terlebih dahulu profil dari si penyebar link. Lalu pastikan hal lainnya, apakah link ini mencurigakan atau tidak, jika ragu-ragu maka sebaiknya tidak mengklik link situs/website tersebut.

4. Gunakan software antivirus terkenal

Hacker juga dapat memanfaatkan celah untuk masuk ke akun dan perangkat anda dengan cara menyebar virus. Maka cara opsional yang dapat diterapkan pada perangkat anda ialah menginstal anti virus yang handal. Antivirus ini dapat dengan mudah anda temukan di internet, mulai dari yang free hingga yang premium.

Baca juga: Download Antivirus Android (APK) Terbaik dan Ringan

Namun, cara yang paling ampuh untuk menghindari perangkat terinveksi virus ialah dengan berhati-hati mengakses internet. Jangan pernah mengunduh file berupa software, game, ebook, theme dan lainnya dari sumber/link yang tidak jelas. Apalagi jika ingin mengunduh sesuatu malah diperintahkan untuk menginstal file terlebih dahulu. Padahal fileh yang diunduh bukanlah software atau file yang perlu diinstal. Patut dihindari pula mengunjungi situs yang mencurigakan.

5. Selalu waspada dari berbagai kemungkinan

Selanjutnya ialah naluri anda untuk mengenal sesuatu yang jahat di internet. Sebab setiap saat akan ada cara kreatif dan baru hacker untuk meretas. Maka penting diingat agar tidak sampai si hacker ini mendapat informasi penting anda.

Setelah anda menerapkan berbagai hal penginkatan keamanan, maka jangan terlena dengan itu. Karena boleh jadi si hacker ini telah memantau anda sejak lama tanpa anda ketahui. Jika kondisi ini sampai anda alami, maka berhati-hatilah dengan file berupa video dan photo serta rekaman sensitive yang tersimpan di akun serta perangkat (komputer, laptop, ponsel/handphone) anda.
Bisa saja si hacker ini akan mencuri file tersebut yang kemudian disebar ke berbagai media, dan rahasia pribadi anda pun terbongkar ke khalayak masyarakat.

Advertisement