Mengatasi SD Card Tidak Terbaca atau Error di HP Android

Tips android kali ini tentang cara mengatasi SD Card atau kartu memori eksternal tidak terdeteksi/terbaca dan error di handphone Android. Kita tahu bersama bahwa SD Card merupakan perangkat keras yang tidak bisa dilepaskan dari smartphone. Selain menyimpan file-file seperti musik, photo dan video, SD Card juga biasanya digunakan untuk menyimpan source instalasi aplikasi atau game.

Namun jika sampai SD Card ini rusak atau tidak terbaca lagi, maka untuk menyimpan hal-hal tersebut menjadi sangat terbatas. Mengingat ketersediaan kapasitas memori internal di masing-masing smartphone Android relative kecil dan terbatas.
Mengatasi SD Card Tidak Terbaca atau Error di HP Android

Untuk mengantisipasi agar SD Card tidak cepat rusak alias lebih awet dan tahan lama, maka silahkan kenali terlebih dahulu penyebab kerusakannya berikut ini.

Baca juga: Penyebab HP Android Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Sering melepas SD Card dari HP Android. Inilah penyebab utama dan paling sering mengakibatkan SD Card cepat rusak hingga tidak dapat terbaca lagi di smartphone Android. Semakin sering mencopot SD Card dari HP Android, maka semakin besar pula peluang SD Card tersebut akan cepat rusak. Jika tujuannya hanya untuk sekedar memindahkan file dari HP Android ke PC atau sebaliknya, sebaiknya menggunakan kabel charger. Hal ini lebih aman dibandingkan mengeluarkan SD Card dari kandangnya.

Sering menyentuh kuningan pada memory SD Card. Hal ini terjadi pada saat mengeluarkan SD Card. Secara tidak sengaja biasanya seseorang sering menyentuh kuningan pada SD Card tersebut. Perlu diketahui, bahwa kuningan ini sangat sensitif dan sangat tidak dianjurkan untuk menyentuhnya secara langsung, apalagi sampai kotor, berdebu dan tergores.

SD Card dan tempatnya kotor. Faktor lain yang mengakibatkan SD Card tidak terbaca di HP Android ialah karena tempat SD Card tersebut berdebu atau kotor. Debu biasanya menghalangi sebagian garis kuning pada SD Card, yang mengakibatkan SD Card tidak bisa dibaca lagi oleh HP Android.

SD Card terkena virus. Selain masalah di atas, ternyata virus juga dapat menyebabkan tidak terbacanya SD Card di smartphone Android. Virus ini bisa datang dari mana saja. Mulai dari seringya menghubungkan SD Card ke PC, laptop atau komputer, mengunduh dan menginstal file yang tidak jelas, mengunjungi situs atau website yang tertanam virus, hingga virus dari HP lain yang digunakan untuk salin-menyalin data/file.

Kualitas SD Card. Kualitas dari SD Card juga menentukan awet dan tidaknya SD Card tersebut digunakan. Biasanya SD Card dengan kualitas rendah akan sering bermasalah dan bahkan cepat rusak.

Solusi Memperbaiki SD Card atau Memory Card di Smartphone Android

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi memory SD Card yang tidak terbaca atau error. Caranya adalah sebagai berikut.

#Cara 1: Membersihkan permukaan kuningan SD Card

Jika masalah tidak terbacanya SD Card di HP Android karena akibat dari kuningan SD Card yang berdebu atau tergores, maka cara berikut ini dapat dilakukan. Cara ini mampir tidak beresiko alias anda tidak akan kehilangan file-file di SD Card tersebut.

Untuk membersihkan permukaan kuningan SD Card/kartu memori HP Android anda dapat menggunakan tisu lembut, kapas, pembersih telinga, atau penghapus pencil. Jika bahan pembersihnya sudah tersedia, silahkan keluarkan SD Card dari smartphone anda. Cara membersihkannya ialah menggosok permukaan kuningan SD Card dengan lembut atau secara perlahan, searah dengan posisi kuningan tersebut.

#Cara 2: Melakukan Format SD Card

Cara ini dapat dilakukan jika SD Card atau HP Android anda terinfeksi virus jahat. Hanya perlu diperhatikan, cara ini cukup beresiko. Sebab anda akan kehilangan file di SD Card anda tersebut. Untuk itu, silahkan backup file ke media lainnya terlebih dahulu.

Untuk melakukan cara ini silahkan tap roda gigi (setting) Android > Menu Penyimpanan > Hapus semua file (mulai dari photo, video lagu dan lainnya).

#Cara 3: Checking Error di SD Card

Solusi mengatasi SD Card atau kartu memori error di HP Android selanjutnya ialah melakukan checking error pada SD Card tersebut. Cara ini juga relatif mudah dilakukan.

Anda hanya perlu menghubungkan HP Android ke komputer/pc dengan kabel charger. Kemudian buka Windows Explorer > Klik kanan kartu memori/SD Card (memori eksternal HP Android) > Properties > Tools > Check Now… > Centang Automatically fix file system error dan Scan for and attempt recovery of bad sectors > Start. Maka sistem akan berjalan otomatis memeriksa kerusakan pada SD Card tersebut. silahkan menunggu beberapa saat hingga proses checking selesai.

Demikian tutorial tentang cara mengatasi SD Card/kartu memori rusak atau error dan tidak terbaca di Android. Semoga anda dapat menjalankan langkah-langkahnya dengan mudah. Semoga sukses dan terima kasih!

Advertisement