4 Cara Ampuh Agar Sinyal HP Kuat, Sudah Terbukti!

Tips smartphone kali ini akan membahas tentang cara meningkatkan sinyal atau signal ponsel/HP agar tetap kuat. Kita tahu bahwa sinyal ponsel merupakan salah satu komponen utama dalam menggunakan ponsel untuk menelepon, internetan dan lainnya. Aktifitas tersebut tidak akan berjalan lancar jika sinyal ponsel rendah atau sinyal yang kadang menghilang.
Keberadaan signal memang sering mempengaruhi aktifitas saat melakukan panggilan atau berinternet. Biasanya sinyal yang kuat maupun yang lemah dapat diketahui dari status bar dari layar smartphone/hanphone. Perlu diketahui bahwa penerimaan masing-masing handphone terhadap sinyal disekitarnya itu sering berbeda-beda. Bisa saja pada ponsel Anda sinyal sangat kuat, namun biasanya pada ponsel lain sinyal begitu lemah.

Baca juga: Cara Lain Cek Sinyal Ponsel Sedang Bagus atau Buruk

Sebagai solusinya, bagi Anda yang seringkali mengalami kondisi sinyal selalu rendah/lemah, silahkan simak 4 cara meningkatkan sinyal ponsel agar tetap kuat berikut ini.

1. Refresh jaringan dengan memanfaatkan Airplane Mode

Cara pertama yang dapat dengan mudah diterapkan untuk memperkuat sinyal ponsel ialah memanfaatkan fitur yang tertanam pada smartphone Anda, yaitu Airplane Mode (mode penerbangan). Caranya cukup mudah, cobalah untuk mengaktifkan Airplane Mode beberapa detik saja. Lalu matikan kembali fitur tersebut. Cara ini dilakukan untuk me-refresh signal ponsel melalui koneksi jaringan pada ponsel yang Anda gunakan.

Setelah sesaat mematikan kembali Airplane Mode, maka jaringan dari operator yang Anda gunakan akan melakukan update kembali. Ponsel akan diarahkan pada pemancar sinyal yang jaringannya cukup kuat, atau pemancar sinyal yang lebih dekat dengan keberadaan Anda. Dengan begitu, sinyal di ponsel akan lebih kuat dari sebelumnya.

2. Membuat peta sinyal di HP

Berikutnya, cara membuat signal/jaringan di HP semakin bagus ialah membuat peta sinyal. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi beberapa tempat yang biasanya memiliki kondisi sinyal yang lemah.

Simak: Penyebab HP Android Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Caranya ialah, nyalakan mode Field Test, atau silahkan masuk ke menu Setting lalu lihat indicator kekuatan signal. Kemudian berjalanlah dari satu ruangan ke ruangan lainnya, atau dari satu tempat ke tempat lainnya yang berjarak hanya beberapa meter saja. Hal ini dimaksudkan untuk membuat peta signal untuk ponsel Anda. Lalu tandai dimana kondisi sinyal benar-benar kuat, dan jika ingin melakukan aktifitas panggilan telepon, maka lakukan di titik yang telah ditandai tadi.

3. Isi baterai hingga penuh

Tips untuk memperkuat sinyal smartphone berikutnya ialah mengisi daya baterai hingga penuh. Perlu diketahui bahwa smartphone telah ditanami fitur untuk secara otomatis mematikan/melemahkan penerimaan sinyal pada saat baterai dalam kondisi lemah.

Baca juga: Tips Menjaga Baterai HP Agar Tahan Lama Tidak Cepat Habis

Dengan kata lain, saat fitur ini telah secara otomatis aktif, maka Anda tidak akan menerima signal dengan baik seperti biasanya. Maka dari itu, silahkan isi daya baterai, jika perlu hingga benar-benar penuh.

4. Carilah tempat terbuka saat melakukan/menerima panggilan

Untuk menangkap keberadaan signal yang lebih kuat, cobalah keluar rungan saat melakukan atau menerima panggilan. Sebab, biasanya tembok atau ruangan tertutup seringkali menghalangi signal masuk ke dalam ruangan.

Jika lagi tidak ingin ke luar ruangan, cobalah untuk membuka jendela atau pintu rumah. Untuk sekadar menanggulangi sinyal di dalam rumah sedang kurang kuat.

Advertisement