Cara Lain Cek Sinyal Ponsel Sedang Bagus atau Buruk

Sebetulnya untuk mengecek signal di HP/smartphone cukup melihat status bar sinyal yang ada di layar ponsel. Namun, ternyata ada cara lain untuk mengetahui kapasitas status sinyal pada ponsel. Cara yang akan ditunjukkan berikut ini ialah melihat indicator kekautan signal di handphone.
Cara Lain Cek Sinyal Ponsel Sedang Bagus atau Buruk
Mengetahui kekuatan jaringan/signal HP perlu dilakukan. Agar tidak salah kaprah mengambil langkah-langkah tertentu dalam hal meningkatkan kekuatan signal pada ponsel. Karena biasanya seseorang hanya melihat status bar untuk memvonis kekuatan penerimaan signal di handphone-nya. Padahal status bar tersebut bukan satu-satunya acuan untuk mengetahui kondisi signal sebenarnya.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Jaringan 4G LTE Smartfren di Redmi Note 2

Berikut ini cara lain untuk mengetahui kekuatan signal pada ponsel. Baik untuk pengguna smartphone Android maupun pengguna iPhone. Silahkan simak dan ikuti caranya menurut smartphone yang Anda gunakan.

Bagi pengguna smartphone Android, untuk mengecek status signal apa benar-benar kuat atau lemah Anda dapat memulai dengan masuk ke menu Settings (pengaturan) > Network. Maka anda akan ditunjukkan kekuatan penerimaan signal dalam satuan decibel miliwatts (dBm).

Untuk mengecek kekuatan jaringan bagi pengguna iPhone, maka silahkan menekan *3001#12345# pada dial pad smartphone Anda. Maka Anda akan dibawa langsung pada menu Field Test yang menunjukkan keberadaan signal dalam satuan dBm.

Lalu bagaimana mengetahui bahwa signal sedang bagus atau buruk?
Caranya sangat mudah. Jika sinyal pada ponsel berada pada kondisi bagus, maka indicator akan menunjukkan angka hingga -70 dBm. Namun bila angka menunjukkan angka -100 maka berarti sinyal pada ponsel Anda berada dalam keadaan buruk atau lemah.

Advertisement