11 Peralatan Penting Untuk Membuat Video YouTube

Pada #tips YouTube kali ini akan membahas tentang alat perlengkapan apa saja yang wajib disediakan untuk membuat vlog (video blog) untuk YouTube. Jika Anda sungguh-sungguh berninat untuk menjadi seorang Vlogger atau Youtuber, maka mempunyai kamera saja tidaklah cukup.
11 Peralatan Penting Untuk Membuat Video YouTube
Ternyata masih ada banyak bahan dan peralatan lain yang perlu disediakan untuk membuat video/vlog YouTube. Disamping peralatan, keahlian mengolah video YouTube juga perlu diperhatikan. Mulai dari editing, layout, sudut pandang, narasi, dan lain sebagainnya. Lebih-lebih karakter personal dan karakter video. Semuanya dibutuhkan guna memperkaya kualitas sebuah video yang akan di upload ke YouTube.

Baca juga: Konten YouTube yang Banyak Viewers Cocok Untuk Menghasilkan Uang

Dengan begitu, maka hasil video vlog akan lebih bagus dan maksimal. Tidak menutup kemungkinan akan disukai oleh banyak masyarakat, khususnya orang-orang yang suka menonton video di YouTube.

Berikut ini 11 peralatan penting sebagai perlengkapan untuk Anda yang berkeinginan memulai menjadi Vlogger atau Youtuber.

1. Kamera

Yang pertama dan paling utama ialah kamera. Diluar sana cukup banyak jenis kamera yang dapat digunakan untuk membuat video. Tentu saja kamera yang dipilih tentu kamera yang mempunyai kualitas resolusi yang mumpuni. Dengan begitu, kualitas gambar/video yang dihasilkan pun akan maksimal.

Jika hanya ingin coba-coba membuat video Youtube saja, Anda bisa menggunakan kamera smartphone terlebih dahulu.

2. Microphone

Selain kualitas video, kualitas suara pun harus dipentingkan. Terutama video-video yang megandalkan narasi atau vloggernya yang suka berbicara di depan kamera. Tidak perlu mahal-mahal untuk microphone ini, yang penting bagus digunakan dan mampu menghasilkan suara dengan jelas. Juga disesuaikan dengan budget atau suasana kantong masing-masing.

3. Memory Card untuk Kamera

Membuat vlog untuk YouTube, jika hanya mempunya satu memori card yang berkapasitas 8GB saja serasa tidaklah cukup. Anda butuh kartu memori cadangan guna mengantisipasi jika sewaktu-waktu memori penuh, sementara Anda berada diluar ruang kerja. Selain itu, kualitas memori juga perlu diperhatikan. Agar alat ini awet digunakan untuk jangka waktu yang lama.

4. Stabilizer Kamera

Bagi Anda yang suka membuat daily vlog atau jenis video yang dilakukan pada lingkungan outdor, maka alat camera stabilizer ini perlu disediakan. Alat ini akan membantu kestabilan video agar tidak goyang-goyang atau terguncang-guncang. Dengan begitu, video pun akan terlihat lebih professional dan nyaman untuk ditonton.

5. Monopod atau Tripod

Sama fungsingya seperti pada bagian nomor 3 di atas, alat ini digunakan untuk menstabilisasi posisi kamera agar tidak bergetar dan pengambilan gambar menjadi tenang. Monopod dan tripod tidak hanya dibutuhkan saat merekam video di dalam ruangan saja, tetapi juga dapat digunakan untuk membuat video pada momen-momen tertentu di luar ruangan.

6. Lighting

Untuk camera lighting yang asli harganya cukup mahal. Harganya tentu setara dengan fungsinya yang sangat nyaman digunakan. Sinar lampunya yang tidak membuat silau mata, hemat energy atau tidak perlu membutuhkan daya listrik yang besar. Sehingga penggunaanya bisa dikatakan sangat human friendly. Salah satu kegunaan dari lighting ialah untuk memperkaya detail sebuah video.

Jika uang belum cukup untuk membeli alat ini, anda bisa mulai dengan menggunakan lampu LED terlebih dahulu. Yang penting pengambilan gambar untuk video tidak gelap pada sisi-sisi tertentu.

7. Komputer  atau Laptop

Komputer atau laptop juga merupakan alat yang paling andil dan wajib diadakan. Sebab di komputer/laptop inilah rekaman video itu akan diolah, setelah video tersebut disalin dari kartu memori kamera. Pastikan Anda menggunakan komputer/laptop dengan spesifikasi yang tinggi.

Minimal spesifikasinya adalah menggunakan processor quad-core dan punya RAM 4GB. Dengan begitu, akan terasa nyaman dalam mengedit video.

8. Software untuk Mengedit Video

Untuk hasil editan terbaik sebetulnya tidak perlu menggunakan software edit video terbaik atau berbayar lho. Yang penting adalah seberapa besar kemampuan Anda dalam mengolah video tersebut. Sebagai pemula, Anda boleh mencoba edit video dulu di Corel VideoStudio Pro X8. Software ini cukup mudah digunakan dan sangat recommended untuk pemula.

Jika sudah merasa master dengan editing video, silahkan menggunakan Sony Vegas Pro, Adobe Preimer Pro dan software editing video elit lainnya. Untuk menambah efek pada video silahkan menggunakan Adobe After Effect.

9. Software untuk Edit Gambar

Dalam editing video tentu membutuhkan beberapa potongan gambar untuk ditambahkan pada video, biar suasana video lebih asik ditonton. Untuk itu perlu adanya peranan software pengedit gambar di dalamnya. Software ini akan digunakan untuk mengedit screenshot komentar, membuat karakter unik, membuat template frame video, membuat/mengeedit icon, membuat thumbnail video YouTube dan lainnya.

Dalam membuat gambar untuk keperluan video YouTube, Anda dapat menggunakan software Adobe Photoshop atau Corel Draw.

10. Lagu, Musik, Efek Suara, dan Template Video Effect

Dalam hal membuat video itu biar lebih menarik, maka Anda perlu memasukkan unsur musik/lagu sebagai efek videonya. Selain itu, untuk memperdalam tingkat dramatisasi video Anda, maka silahkan gunakan video effect berupa effect api, air atau ledakan pada video tersebut.

Simak: Mengganti Musik/Audio Video Youtube Setelah Diupload Karena Dicekal

Untuk mendapatkan musik/lagu/efek suara bebas lisensi (bebas klaim) untuk video Anda, silahkan download gratis di Youtube Music Library. Dan untuk mendapatkan template video effect silahkan googling saja.


11. Jaringan Internet yang Cepat

Perlu diketahui bahwa sebuah video hasil editan menggunakan aplikasi yang telah disebutkan di atas itu akan mempunyai size yang cukup besar. Apalagi jika video yang dibuat adalah kualitas HD, maka akan lebih besar lagi sizenya. Untuk itu, diperlukan jaringan internet yang super kencang untuk mengupload video itu ke YouTube.

Untuk video (bukan kualitas HD, resolusi 720p) dengan durasi 3-5 menit saja akan mempunyai kapasitas lebih dari 200 MB, apalagi durasi video yang lebih panjang lagi dan kualitas HD, tentu akan lebih besar lagi sizenya. Maka akan lebih besar pula kuota internet yang akan dihabiskan.

Demikian beberapa peralatan penting untuk memulai menjadi Vlogger. Sebetulnya masih banyak lagi peralatan lainnya, yang mana peralatan itu disesuaikan dengan kemauan dan jenis konten video Youtube Anda. Terutama Youtubers gamer, tentu peralatan yang disediakan akan lebih banyak dari itu.

Peralatan tambahan lainnya berupa greenscreen, spesifikasi PC yang tinggi, mouse, software perekam layar PC, software perekam suara, membeli game, membeli item game dan masih banyak lagi. Setelah itu, baca artikel tentang Cara Memulai Jadi Youtuber Untuk Pemula Hingga Terkenal.

Advertisement