5 Aplikasi Android Penyedot Kuota Internet di Smartphone

Tips kali ini akan berbagi tentang 5 aplikasi Android yang sering menyedot kuota internet pada HP/smartphone. Banyak yang menganggap bahwa kuota internet smartphone cepat habis adalah hal yang biasa. Padahal hal tersebut terjadi karena cara penggunaan kuota internet di smartphone Android-nya yang membabi buta.

Perlu diketahui, bahwa secara sadar maupun tidak sadar ternyata terdapat beberapa aplikasi Android yang mampu menggerus kuota internet dengan begitu cepat. Biasanya jika kuota internet smartphone cepat habis, pengguna akan cenderung menyalahkan provider dari sim card yang digunakannya.

Baca juga: 4 Tips Jitu Menghemat Kuota Internet Untuk Pengguna Smartphone

Padahal, kuota internetnya cepat habis karena diakibatkan oleh beberapa fitur aplikasi yang sering digunakan pada smartphonenya. Aplikasi apa saja itu? Silahkan simak penjelasannya berikut ini.
Aplikasi penyedot kuota di Android

5 Aplikasi Android Paling Sering Menyedot Kuota Internet

Nah, untuk menjaga kuota internet Anda tetap terisi sampai batas waktu tertentu, sebaiknya Anda perlu mengantisipasi untuk menggunakan aplikasi-aplikasi berikut ini.

1. Aplikasi Facebook Mobile

Banyak pengguna smartphone yang tertarik menonton video pada timeline Facebook mereka. Dengan asumsi itulah Facebook membuat fitur autoplay pada aplikasi ini. Tujuannya untuk mempermudah pengguna dalam memutar video di Facebook. Padahal tanpa diketahui, fitur pemutar video tersebut adalah fitur yang paling sering menggerogoti kuota internet smartphone.

Bagi Anda yang sering menggunakan fitur autoplay video tersebut, patut berhati-hati lagi. Agar kuota internet smartphone Anda tidak cepat habis.

Fitur autoplay tersebut dapat dimatikan/dinonaktifkan. Caranya ialah tekan tombol More di bagian pojok bawah kanan dan tekan Settings. Masuk ke Account Setings dan tekan Videos dan Photos. Setelah itu tekan Autoplay lalu pilih nonaktifkan.

2. Aplikasi YouTube

Guna menghilangkan kepenatan dan mengisi kekosongan waktu saat bersantai-santai dengan smartphone, biasanya seseorang menonton video di YouTube. Padahal menonton video di YouTube ini juga sangat menggerus kuota internet.

Bagi Anda yang senang menonton video di YouTube dengan hemat kuota ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Silahkan tekan tombol pilihan (titik tiga) pada pojok kanan atas lalu tap menu Settings. Lalu ganti Play HD on Wi-Fi only. Dengan begitu, maka auto play hanya akan aktif lagi ketiga handphone Android Anda sedang aktif menggunakan Wi-Fi.

3. Aplikasi Instagram

Sosial media yang populer dengan ciri khasnya sebagai tempat uplod photo dan upload video pendek ini juga salah satu aplikasi yang sering menyedot kuota interent. Biasanya seseorang akan terjebak melihat photo atau video akun Instagram orang lain yang dianggap menarik.

Dalam kondisi yang seperti inilah kuota internet smartphone mulai di gerus habis. Ditambah lagi jika kebiasaan stalking akun Instagram orang lain ini dilakukan dengan durasi yang cukup lama. Maka berhati-hatilan dengan perilaku yang seperti ini.

Sebagai tips agar tetap hemat kuota internet saat memainkan aplikasi Instagram, silahkan masuk ke menu Settings atau Pengaturan lalu menuju ke Cellular Data Use kemudian aktifkan fitur Use Less Data. Dengan begitu, penggunaan data secara membabi-buta saat bersosial media dengan Instagram akan sedikit teratasi

4. Aplikasi Spotify

Tahu kan aplikasi Spofity? Bagi Anda yang belum menggunakan aplikasi ini, tidak perlu menginstal di smartphone Anda. Spofity ini adalah salah satu aplikasi yang cukup bagus untuk mendengarkan musik atau lagu secara online.

Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi penyedot kuota internet terbesar. Tetapi bagi Anda yang berniat menggunakannya namun dengan tetap hemat kuota internet, maka lakukan cara ini.

Silahkan masuk ke settings atau pengaturan, lalu atur Streaming Quality kembali ke Normal.

5. Aplikasi Smule

Smule merupakan aplikasi karaoke yang cukup fenomenal. Dengan aplikasi ini siapa saja bisa bernyanyi dan dapat mengatur suaranya menjadi merdu, semerdu Kera bernyanyi. Walaupun yang bernyanyi adalah orang yang tak bisa nyanyi.

Dengan aplikasi Smule, seseorang dapat menciptakan “video klipnya” sendiri. Dalam bentuk video dengan durasi tertentu, dengan efek suara tertentu pula. Mulai dari lagu-lagu internasional, nasional, hingga lagu tradisional pun ada di Smule.

Ada beberapa cara untuk berkaraoke ria di aplikasi Smule. Bisa dengan solo terlebih dahulu, bisa pula bernanyi dengan seseorang yang seseorang yang sedang online dengan aplikasi Smulenya. Sayangnya untuk menggunakan aplikasi ini, Anda harus terhubung dengan internet. Dengan kalimat lain, Anda harus menyalurkan kuota internet Anda agar dapat berkaraoke ria dengan aplikasi Smule.

Untuk meghemat kuota internet saat menggunakan aplikasi Smule, silahkan nongkrong pada spot-spot Wi-Fi kesukaan Anda. Atau silahkan minta password Wi-Fi tetangga Anda untuk beberapa saat kedepan. Dengan demikian, 100% kuota internet Anda tidak akan terpakai. Cukup hemat sekali bukan?

Advertisement