6 Penyebab Laptop Mati Sendiri, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Tips komputer kali ini akan membahas tentang penyebab laptop mati/shutdown secara tiba-tiba lalu bagaimana cara mengatasinya. Suatu kondisi yang tidak diharapkan, ketika sedang asik-asiknya mengerjakan tugas, bermain game, browsing atau nonton film, tiba-tiba laptop mati sendiri.

Kejadian seperti itu tidak dapat dipungkiri membuat kita merasa khawatir, sebab sebelum-sebelumya laptop masih dalam kondisi baik dan tidak megalami hal semacam itu. Jika tiba-tiba laptop mati sendiri, maka kebanyakan orang akan menyimpulka bahwa laptopnya itu telah rusak.
Penyebab laptop mati sendiri

Sebelum menuduh laptop secara berlebihan. Pahami dulu kondisi laptop Anda saat ini, mengapa dia mati secara tiba-tiba seperti itu? Barangkali laptop tersebut tengah mengalami kondisi seperti pada poin-poin di bawah ini.

1. Kemungkinan laptop tidak pernah di “istirahatkan” dalam waktu yang lama

Jika sedang serius mengerjakan sesuatu, berupa tugas atau projek lainnya yang membutuhkan prores dan pengolahan yang lama, biasanya seseorang memilih untuk tidak mematikan (shut down) laptopnya itu. Laptop hanya di sleep, agar tidak repot membuka lagi sesuatu yang dikerjakan pada laptop tersebut.

Bahkan laptop dipaksa untuk melakukan aktifitas serupa dalam waktu yang lama, bahkan berhar-hari. Jika hal ini dilakukan secara terus-menerus, maka laptop akan mengalami sesuatu yang tidak di duga-duga, salah satunya tiba-tiba mati dengan sendirinya.

Sebagai solusinya, silahkan istirahatkan laptop selama kurang lebih 3 jam saja, agar saat akan menggunakannya lagi, laptop sudah berada dalam kondisi prima.

2. Sistem operasi (OS) tengah bermasalah

Masalah lain yang menyebabka laptop tiba-tiba mati sendiri yaitu sistem operasi yang digunakan pada laptop tersebut bermasalah atau error. Kemungkinan OS laptop telah terpapar virus atau malware. Bisa juga karena laptop crash, karena dipaksa melakukan aktifitas secara berlebihan.

Salah satu penyebab laptop crash adalah laptop sering di restart. Untuk masalah ini, Anda tinggal menginstal kembali sistem operasi laptop tersebut. Perhatikan rekonstruksi laptop Anda sebelum menginstal.

3. Laptop mati sendiri karena Banyak kotoran dan debu menempel di dalamnya

Kotoran atau debu yang menempel pada bagian dalam laptop akan mengakibatkan berbagai masalah. Jika laptop dalam kondisi seperti ini maka laptop akan mengalami overheat. Jika kotoran atau debu ini sampai masuk ke bagian kipas (pendingin laptop) dan saluran pembuangan udara, maka laptop akan cepat panas, dan akhirnya laptop mati secara tiba-tiba.

Sebagai solusinya, silahkan bongkar casing laptop, lalu bersihkan secara lembut menggunakan kuas. Hati-hati dengan komponen-komponen pada laptop. Jika Anda tidak yakin untuk membersihkannya sendiri, silahkan meminta bantuan kepada teman Anda yang berpengalaman dengan hal semacam ini.

4. Laptop tiba-tiba mati saat main game, kemungkinan main board rusak

Main board adalah hardware yang peranannya cukup sentral di laptop. Kejadian ini sering menimpa laptop yang telah berumur. Selain itu, penyebab main board rusak karena sering laptop sering digunakan secara terus-menerus dalam durasi yang lama.

Mainboard rusak tidak dapat dideteksi begitu saja, Anda harus membawanya ke service untuk mengetahuinya. Jika ternyata mainboard laptop rusak, maka lebih baik mengganti laptop saja, sebab harga mainboard hampir sama dengan harga satuan laptop.

5. Laptop mati sendiri akibat pasta prosesor kering

Satu lagi masalah yang seringkali timbul pada laptop yang sudah uzur, yaitu pasta prosesor mulai mengering. Hal ini mengakibatkan hawa panas terjebak dibagian prosesor, alias sangat sulit keluar melalui pembuangan udara.

Jika sampai hal ini terjadi, maka hawa panas tersebut akan merambat komponen laptop lainnya, yang mana hal tersebut akan membuat laptop crash.

Jika memang penyebab laptop tiba-tiba mati karena hal ini, maka yang perlu dilakukan adalah membeli pasta prosesor lalu mengoleskannya pada prosesor laptop secara merata. Namun, jika Anda tidak ahli dalam melakukan hal ini, silahkan minta bantuan teman yang memahami persoalan bagian dalam laptop.

6. RAM laptop bermasalah menjadi salah satu penyebab laptop mati tiba-tiba

RAM adalah tempat penyimpanan data-data di dalam komputer. Jika RAM sampai bermasalah, jangankan mengoperasikan laptop, masuk booting saja tidak akan terjadi. Dalam kalimat lain, program computing tidak akan berjalan seperti biasanya.

Namun tidak perlu khawatir, ada hal kecil yang bisa Anda lakukan jika penyebab laptop mati tiba-tiba ini diakibatkan oleh RAM. Silahkan buka casing laptop, keluarkan RAM dari sarangnya, lalu bersihkan tembaga (bagian luar) RAM dengan penghapus pensil.

Bersihkan secara perlahan, jika dirasa sudah bersih, silahkan masukan kembali RAM ke dalam sarangnya.

Sebagai tambahan informasi, silahkan lanjutkan untuk membaca artikel berikut ini: Penyebab dan Cara Terbaik Mengatasi PC dan Laptop Mati Sendiri.

Advertisement