7 Cara Menghemat Kuota Internet 500MB Hingga 1GB per Bulan di Android

Tips smartphone Android kali ini tentang cara menghemat kuota internet sampai 500MB bahkan hingga 1GB per bulan. Siapa yang tidak menginginkan kuota internet smartphonenya awet hingga sebulan? Pasti hampir semua pengguna smartphone menginginkannya.

Mobile data atau kuota internet merupakan “barang” penting dalam setiap mengoperasionalkan sebuah smartphone, tak terkecuali smartphone Android. Kuota internet ini disediakan oleh berbagai macam provider. Tentu harga yang ditawarkan oleh masing-masing provider tersebut pun berbeda.

Simak juga: 4 Tips Jitu Menghemat Kuota Internet Untuk Pengguna Smartphone

Berapapun harganya dan berapapun jumlah kuota yang dibeli, pastinya kita menginginkan kuota tersebut tidak cepat habis digunakan. Jika tujuan Anda membaca artikel ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang cara menghemat kuota internet di smartphone Anda, maka berarti Anda sedang membaca artikel yang tepat.
Cara hemat kuota internet di smartphone Android

Berikut cara menghemat mobile data atau kuota internet di smartphone yang perlu diketahui.

1. Cara hemat kuota internet dengan memanfaatkan Offline Mode aplikasi

Saat ini sudah cukup banyak aplikasi bahkan games yang telah menggunakan fitur offline mode. Dengan fitur tersebut, kita tetap dapat menggunakan aplikasi (online) tertentu walau kondisi kita saat itu sedang tidak terkoneksi dengan interent alias offline.

Contohnya aplikasi YouTube, dengan memanfaatkan fitur offline mode, kita dapat menyimpan (tanpa mengunduh) video, untuk di tonton nanti saat sedang offline. Selain YouTube ada juga Google Maps offline. Google Maps offline membantu Anda untuk menemukan lokasi tertentu walau sedang tidak terkoneksi dengan internet.

2. Cara Menghemat kuota internet Android dengan setting limit penggunaan data

Cara ini perlu diterapkan pada smartphone guna menghindari penggunaan kuota internet secara berlebihan. Biasanya kita sering “lupa diri” saat berinternet ria. Nah, dengan membatasi penggunaan data setiap harinya, maka kuota internet smartphone kita akan menjadi terkontrol.

Caranya ialah silahkan masuk ke menu Settings atau Setelan, pilih Lainnya kemudian tap menu Penggunaan Data (Data Usage) lalu Pengaturan.

3. Berhemat kuota interent di smartphone Android dengan sering menggunakan jaringan Wi-Fi

Aktifitas internet di smartphone tidak  harus melulu menggunakan paket data atau kuota internet. Anda dapat memanfaatkan jaringan Wi-Fi. Baik itu jaringan Wi-Fi yang terpasang di rumah atau milik tetangga.

Jika Anda ingin mendapatkan pengalaman aktifitas internet dengan sedikit cepat atau tidak terlalu lelet, silahkan datang ke Wi-Fi Corner di daerah Anda. Dengan bermodal sebuah smartphone dan kartu SIM Telkomsel, Anda sudah dapat berinternet secara GRATIS melalui hotspot Flashzone-seamless.

Bahkan jaringan internet gratis (Wi-Fi Corner) dari smartphone tersebut dapat juga disambungkan dengan perangkat lain seperti notebook atau laptop, dengan menggunakan kabel data. Caranya ialah buka menu Settings atau Setelan lalu aktifkan Penambatan USB.

4. Menghemat kuota internet dengan cara “mengekang” nonton video di sosial media dan YouTube

Ingin menghemat kuota interent namun tidak mampu menahan godaan menonton video di media sosial dan YouTube? Mimpi. Jika Anda ingin benar-benar berniat utuk meghemat kuota interen di smartphone Anda, maka jangan terlalu sering melakukan aktifitas tersebut.

Atau kalau boleh, tidak perlu menonton video tersebut. Yang perlu dilakukan adalah menyimpan link dari video tersebut, untuk ditonton nanti pada device yang berbeda.

5. Menghemat kuota internet dengan mengontrol penggunaan internet pada aplikasi/games terpasang

Jika mobile data atau paket data sedang diaktifkan, maka tanpa disadari bahwa aplikasi/game yang sedang dibuka atau dimainkan akan online. Walaupun aplikasi/games tersebut adalah versi offline.

Baca juga: 5 Aplikasi Android Penyedot Kuota Internet di Smartphone

Hal ini terlihat dari tayangan iklan yang dapat Anda lihat saat sedang menggunakan aplikasi atau games tersebut. Perlu diketahui, penayangan iklan dari aplikasi tersebut juga dapat menggerus kuota internet smartphone Anda.

Untuk menghemat kuota internet pada aplikasi/games yang kita ketahui offline tersebut silahkan lakukan pengaturan untuk mengontrol penggunaan data internet untuk aplikasi yang terinstall.

Caranya adalah masuk ke menu Settings atau Setelan lalu Penggunaan Data (Data Usage), kemudian tap menu Kontrol koneksi internet, lalu tentukan dengan mencentang atau menghilangkan centang pada jaringan koneksi mana aplikasi/game ini dapat terkoneksi dengan internet.

6. Cara hemat kuota internet dengan tidak sering menggunakannya untuk teathring

Seakan tidak puas untuk menggunakan jaringan internet di smartphone karena ukuran devicenya yang terlalu kecil, biasanya kita menyambungkan jaringan internet melalui hotspot pribadi atau sambungan USB untuk berinternet di device yang lebih besar yaitu notebook, laptop atau PC.

Jika hal ini terus dibiarkan terjadi atau dalam kalimat lain dilakukan secara berkali-kali, maka dapat dipastikan data internet smartphone Anda akan cepat habis. Jadi, silahkan teathring jika tujuan Anda untuk menghabiskan kuota internet dengan super sangat cepat.

7. Cara menghemat kuota internet dengan meghentikan tampilan iklan (ads) di browser

Saat sedang browsing dan membukan sebuah link menuju ke blog atau website tertentu, pastilah kita semua sering mendapati penayangan iklan di blog atau website tersebut.

Sebetulnya penayangan iklan oleh webmaster (pemilik blog atau website) pada situs miliknya bukan masalah yang berarti, selama penayangan iklan ini tidak mengganggu Anda.

Perlu diketahui, menayangkan iklan di blog atau website itu mereka lakukan untuk mencari nafkah di internet, guna memberi kebutuhan makan untuk anak-anaknya, istrinya, saudarnya, orang tuanya atau orang lain yang menjadi tanggunganya.

Dan dalam mengolah blog ini mereka sampai lupa tidur, lupa makan hingga lupa mandi, karena mengatur blognya sedemikian rupa agar banyak pengunjung.

Jadi, jika Anda menginginkan anak-anaknya, istrinya, saudarnya, orang tuanya atau orang lain yang menjadi tanggunganya menjadi kelaparan, silahkan gunakan Adblock Plus untuk memblokir/mematikan tampilan iklan di blog atau website yang Anda kunjungi. Dengan begitu, kuota internet Anda menjadi lebih hemat saat sedang googling.

Demikian, semoga dapat dipahami.

Advertisement