5 Tips Ampuh Perkuat Sinyal GPS pada Ponsel Android

Tips smartphone kali ini akan membahas tentang cara memperkuat sinyal GPS pada ponsel Android. Dewasa ini, GPS semakin sering dilakukan oleh pengguna smartphone. GPS ini merupakan sensor yang dipergunakan atau dimanfaatkan untuk beberapa aplikasi dan game yang berbasis geo location.

Contoh aplikasi atau game yang memanfaatkan fitur GPS ini ialah Google Maps dan Pokemon GO. Tidak hanya fitur GPS saja, hal yang tidak kalah penting pula adalah seberapa kuat sinyal GPS itu mendukung aplikasi dan game yang memerlukan navigasi GPS tersebut.
5 Tips Ampuh Perkuat Sinyal GPS pada Ponsel Android
Pada kenyataanya, kekuatan sinyal GPS tidak sebanding dengan kebutuhan pengguna smartphone saat ini. Artinya, sinyal GPS masih cukup sulit ditangkap oleh masing-masing ponsel smartphone android. Dengan kata lain, sinyal GPS saat ini masih belum bisa diandalkan sebagaimana mestinya.

Baca juga: 4 Tips Mudah Memperkuat Sinyal HP/Smartphone

Namun demikian, ternyata ada saja cara untuk meningkatkan sinyal GPS pada perangkat Android.

Mau tahu apa saja itu?

Silahkan simak tips mudah memperkuat sinyal GPS pada ponsel Android.

1. Selalu aktifkan sinyal GPS

Memastikan sinyal GPS selalu aktif merupakan salah satu cara memperkuat sinyal GPS. Hanya saja, jika Anda berada pada situasi yang darurat dengan membutuhkan daya baterai hingga pada waktu yang lama dan juga tidak sedang membutuhkan GPS, hendanya sinyal GPS tersebut dimatikan dulu. Hal demikian perlu dilakukan karena dengan mengaktifkan GPS akan membuat baterai smartphone cepat habis.

Walaupun sinyal GPS ini selalu aktif, terkadang GPS sendiri sering terkendala hingga tidak mampu menampilkan lokasi kita yang sebenarnya. Untuk itu perlu diikuti juga dengan melakukan cara yang kedua, berikut ini.

2. Mengatur sinyal GPS berada pada modus High Accuracy

Jika anda ingin mendapatkan sinyal terbaik dan dengan akurasi lokasi yang tepat, maka pastikan menyetel aplikasi ke sinyal High Accuracy. Selain itu, pastikan juga baterai smartphone Anda berada dalam kondisi terbaik atau penuh.

Hal itu penting untuk dilakukan mengingat penggunaan GPS berada pada kondisi High Accuracy cukup menggerus kapasitas baterai.

Untuk mengatur  GPS dengan modus ini silahkan masuk ke menu Setting > Location > memastikan layanan lokasi aktif, pilih mode High Accuracy.

3. Refresh data GPS sewaktu-waktu

Seperti telah disebutkan pada cara nomor satu di atas, terkadang GPS salah menanggapi lokasi kita secara langsung. Sebagai solusinya, maka fitur GPS tersebut perlu untuk di refresh.

Caranya cukup mudah, Anda tinggal membuka toolbox smartphone, lalu tap menu GPS (icon GPS) setelah itu aktifkan kembali.

4. Tetap menggunakan penerima GPS eksternal

Perangkat GPS pada masing-masing smartphone memang sudah disediamakan sebaik mungkin untuk penggunannya. Namun demikian, pada saat-saat tertentu atau pada batas waktu tertentu terkadang fitur GPS ini sering menuai masalah dalam penggunaanya.

Untuk itu, jika ternyata segala upaya telah dilakukan namun tidak dapat memperbaiki kondisi GPS di smartphone Anda, silahkan menggunakan GPS eksternal. Untuk mendapatkan perangkat tersebut maka Anda perlu menyediakan beberapa rupiah terlebih dahulu.

Perangkat yang dimaksud biasanya akan terhubung melalui Bloetooth dan dapat diisi daya dengan charger, layaknya smarptohone yang Anda gunakan itu.

5. Temukan apabila ada masalah di hardware atau software GPS pada smartphone

Jika Anda tidak mempunyai keahlian terkait ‘dalaman’ smartphone, maka Anda perlu berkonsultasi dengan ahlinya. Hal ini perlu dilakukan, mengingat permasalahan terkait GPS tidak melulu pada softwarenya saja, tetapi juga pada hardware, yang berhubungan langsung dengan perangkat lain di smartphone Anda.

Untuk memperluat sinyal GPS, pastikan semuanya berjalan lancar. Baik itu hardware dan software GPS di smartphone.

Cara lainnya yang terbilang mudah yang dapat dilakukan untuk mengetahui masalah GPS adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, yang dapat Anda unduh dari Google Play Store.

Advertisement