Cara Mudah Aktifkan Jaringan 4G pada Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Tips Android kali ini akan membahas tentang cara mengaktifkan atau mengembalikan fitur jaringan 4G pada smarpthone/hp Xiaomi Redmi Note 3 Pro. Sebetulnya cara ini dapat diterapkan pada semua jenis ponsel Xiaomi, termasuk Redmin Note 2 atau Redmi Note 2 Prime dan lainnya yang mendukung fasilitas 4G.

Banyak yang menyayangkan atau malah kebingungan akan spesifikasi smartphone Xiamo yang diberirahukan mendukung jaringan 4G, kok pas dinyalakan fasilitas jaringan tersebut tidak muncul pada notifikasi bar smartphone itu?
Cara Mudah Aktifkan Jaringan 4G pada Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Ternyata, jaringan 4G pada Xiaomi Redmi Note 3 Pro memang sengaja dihilangkan karena berdasarkan aturan TKDN hasil kesepakatan antara pemerintah dan pihak vendor Xiaomi. Fitur tersebut bukan dihilangkan dalam arti dibuang, akan tetapi fasilitas 4G tersebut telah dibenamkan pada smartphone ini, yang dapat diaktifkan sewaktu-waktu di kemudian hari.

Baca juga: 5 Tips Ampuh Perkuat Sinyal GPS pada Ponsel Android

Sedikit berbicara mengenai spesifikasi Xiaomi Redmi Note 3 Pro, bahwa mesin smartphone ini menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 650, dan tentu saja, smartphone ini telah mendukung fasilitas 4G LTE. Fasilitas 4G memang belum langsung dapat digunakan, tetapi untuk mengaktifkannya hanya perlu beberapa langkah mudah, seperti yang akan diinformasikan berikut ini:

#Cara 1, mengaktifkan fitur jaringan 4G pada smartphone Xiamoi Redmi Note 3 dan Note 3 Pro

Cara ini sangat direkomendasikan, karena tidak akan mendapatkan masalah yang berarti pada ponsel atau smartphone anda. Bagi yang berminat, silahkan ikuti cara-caranya berikut ini.

  • Pastikan SIM card hp anda sudah mendukung jaringan 4G
  • Jalankan aplikasi telepon, lalu tekan dial berikut: *#*#4636#*#*
  • Maka akan muncul pilihan menu nafigasi, pilih “Phone information 1”
  • Temukan opsi “set preferred network type” lalu ubah pilihannya menjadi “TD-SCDMA, LTE, CDMA, EvDo GSM/WCDMA”
  • Tunggu beberapa saat hingga smartphone anda selesai mencari jaringan 4G
  • Cara ini dinyatakan selesai setelah logo atau tulisan 4G muncul pada notifikasi bar di hp anda.

Perlu dicatat, saat mengaktifkan jaringan 4G, pastikan anda telah membeli paket data 4G sebelumnya. Jika anda yang menggunakan paket data biasa (2G atau 3G, paket local), maka siap-siaplah kehilangan seluruh paket data tersebut dalam waktu yang sangat super singkat, tidak lebih dari satu jam.

Selain cara di atas, anda juga dapat menggunakan cara berikut ini.

#Cara 2, mengaktifkan layanan jaringan 4G pada hp Xiaomi Redmi Note 3, dengan metode factory reset

Cara ini tidak begitu direkomendasikan. Tetapi bagi anda yang punya hobi utak-atik smartphone karena didorong oleh rasa keingintahuan yang besar, maka tidak ada salahnya anda mencoba cara berikut ini.

  • Terlebih dahulu, backup aplikasi atau file (foto, video, musik, dll) yang menurut anda paling penting pada device yang lain, atau pada penyimpanan yang lain selain smartphone tersebut.
  • Mulai me-reset dengan pergi ke pengaturan awal, caranya ialah Buka pengaturan (settings) > Setelan Tambahan > gulir paling bawah dan pilih “Buat Cadangan dan setel ulang” > pilih Kembalikan ke setelan pabrik.
  • Maka mulailah data-data serta file yang tersimpan pada smartphone akan terhapuskan.
  • Tunggu beberapa saat, hingga proses selesai dan smartphone di reebot.
  • Saat smartphone Xiamo anda hidup pertama kali (setelah reboot), langsung ganti lokasi melalui Locale Setting menjadi negara lain (terserah negara apa saja) yang penting bukan Indonesia.
  • Selesai, tunggu beberapa saat kemudian, maka fasilitas jaringan 4G siap digunakan.

Demikian cara-cara yang dapat anda lakukan untuk menampilkan jaringan 4G pada smartphone China bermerek Xiaomi Redmi Note 3 Pro. Sebetulnya masih ada lagi cara yang lainnya, tetapi menurut hemat penulis, dua cara di atas sudah lebih dari cukup.

Sebagai tambahan, khususnya bagi anda yang berada di tempat-tempat dengan kekuatan jaringan 4G yang terbilang masih lemah, namun berkeinginan kuat untuk menggunakan fasilitas 4G tanpa takut kuota internet dan pulsa anda tersedot habis yang diakibatkan oleh ketidak stabilan jaringan, maka anda perlu menerapkan cara berikut ini:

Silahkan menuju ke menu Setelan > Kartu SIM & jaringan seluler > SIM1 atau SIM2 (pilih SIM yang digunakan untuk berinternet dengan 4G) > Tipe jaringan prioritas > 4G.

Dengan begitu, kuota internet atau pulsa anda tidak akan tersedot, walaupun jaringan sering tidak stabil. Jika anda ingin menggunakan paket data internet selain 4G, maka silahkan mengubah Tipe jaringan prioritas ke 3G atau 2G.

Demikian informasi kali ini, semoga membantu dan jika anda merasa terbantu jangan lupa kirimi saya satu buah smartphone Xiamo Redmi Note Pro, RAM 3 Giga. Terima kasih!

Advertisement