Cara Keluar atau Logout Gmail di Android

Cara keluar atau log out akun gmail di HP Android – Untuk dapat mengakses hp Android atau sebagian besar aplikasi di dalam smartphone Android, maka perlu untuk login ke akun Gmail. Jika tidak demikian, maka aplikasi-aplikasi itu belum dapat dioperasikan. Aplikasi yang dimaksud berupa, aplikasi Email/Gmail, Browser, Google Play Store, BBM, Game Online dan lainnya yang membutuhkan sinkronisasi akun Google.

Walaupun untuk melakukan hal itu hanya diwajibkan satu akun Gmail saja, ternyata banyak juga pengguna Android yang suka menambahkan akun Gmail lainnya dengan alasan tertentu. Hingga suatu saat ia menyadari bahwa akun atau email Gmail yang ditambahkannya sudah begitu banyak
Cara Keluar atau Logout Gmail di Android
Dalam kondisi seperti itu, tentu akan berpikir untuk megneluarkan atau logout beberapa akun Gmail dari smartphonenya tersebut. Namun, ternyata untuk logout email dari ponsel Android tidak semudah saat menambahkan akun sebelumnya. Dapat dikatakan bahwa untuk logout akun Gmail tidak berada ditempat dimana kita login sebelumnya. Bagi yang belum punya akun Gmail, silahkan ikuti tutorial tentang Cara Membuat Akun Email Baru di Gmail dan Yahoo Terbaru.

Berlaku untuk pada hampir semua vendor smartphone Android, baik itu smartphone Samsung, Xiaomi, Oppo, Asus, Lenovo, Sony, Advan, Smartfren, Huawei, ZTE dan lainnya, sebetulnya cara untuk logout akun Gmail dari Android adalah sama saja. Anda harus mengakses menu Setting atau Setelan (pengaturan).

Pada tips kali ini saya akan coba logout akun Gmail dari hp Xiaomi Redmi Note 3 Pro, yang dapat anda lakukan juga pada smartphone Anda, walaupun berbeda merek, tipe tipe dan versi Androidnya. Berikut caranya:

Pertama: masuk ke menu Settings/Setelang/Pengaturan, scroll ke bawah, lalu temukan tulisan Akun lain (Pengaturan Akun).
Cara Keluar atau Logout Gmail di Android

Kedua: buka dan pilih akun Google atau icon Google.
Cara Keluar atau Logout Gmail di Android

Ketiga: pilih alamat email (akun Google) yang ingin dikeluarkan atau ingin di logout.
Cara Keluar atau Logout Gmail di Android

Keempat: pilih Lainnya > Hapus akun.
Cara Keluar atau Logout Gmail di Android

Kelima: konfirmasi logout akun dengan mengklik Hapus akun.
Cara Keluar atau Logout Gmail di Android

Selesai, satu akun Google telah berhasil di logout dari smartphone Android anda.

Patut dibaca: Cara Paling Ampuh Mencegah Akun Gmail dari Hacker

Perintah “Hapus akun” pada fitur tersebut bukan berarti akan menghapus akun Google Anda secara permanen. Sebetulnya tulisan itu hanya akan menghapus akun Google Anda dari smartphone tersebut. Dengan kalimat lain, anda masih bisa membuka akun Google tersebut di perangkat lain (komputer/laptop), bahkan bisa pula untuk login kembali di smartphone Android itu dan hp lainnya.

Demikian informasi kali ini, semoga membantu. Terima kasih!

Advertisement