Cara Mengatasi BBM Tidak Terhubung Namun Jaringan Internet Lancar

Mengatasi BBM Tidak Terhubung Namun Koneksi Lancar – Sebagai pengguna smartphone Android, paling tidak BBM (BlackBerry Massanger) menjadi salah satu aplikasi yang diinstal pada perangkat Anda tersebut.

Saat menggunakan aplikasi BBM ini tentu saja akan ada berbagai kejadian aneh yang terus terjadi, salah satunya ialah aplikasi BBM gagal terhubung sementara koneksi internet di ponsel/hp terbilang baik-baik saja.

Cara Mengatasi BBM Tidak Terhubung

Mungkin Anda pun pernah mengalami hal ini, dan mencari cara mengatasi BBM tidak dapat terhubung padahal paket data masih banyak, koneksi lancar dan bahkan cepat, bisa browsing kesana-kemari, dapat chatting dengan aplikasi lain, kok pada aplikasi BBM masih tertulis “Menyambungkan”?

Baca juga: Cara Atasi Gambar DP BBM Tidak Dapat diganti/ Tidak Muncul

Lalu apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi? dan bagaimana pula cara mengatasinya? Berikut beberapa informasi yang perlu Anda ketahui terkait gagal menyambungkan (gagal terhubung) aplikasi BBM di HP Android.

Penyebab BBM tidak bisa terhubung di smartphone Android

Saat sedang ingin menggunakan aplikasi BBM untuk chatting ria bersama teman-teman atau kontak di BBM Anda, namun mendapati icon BBM dalam keadaan tidak tersambung atau sedang menyambungkan dalam jangka waktu yang laman, berarti aplikasi tersebut mengalami kesulitan saat terhubung/tersambung dengan server BBM.

Hal lain yang mempengaruhi BBM sulit terhubung karena aplikasi BBM yang anda gunakan kemungkinan masih menggunakan versi lama, yang telah mempunyai bug yang bertumpuk-tumpuk.

Pada beberapa kasus juga ditemui bahwa penyebab yang paling sering terjadi atas kegagalan menyambungkan BBM di smartphone Android ialah karena ketersediaan memori hp yang menipis atau bahkan smartphone Anda terkena malware.

Baca juga: Mengatasi Notifikasi BBM Hilang Tidak Berbunyi di Android

Namun jangan khawatir, beberapa hal yang disebutkan di atas mungkin tidak serta-merta terjadi pada smartphone Anda, bisa saja kegagalan sambungan BBM terjadi oleh masalah teknis yang tidak serumit itu. Berikut cara mengatasinya.

Mengatasi BBM tidak bisa tersambung di ponsel Android

Beberapa asumsi akan muncul jika BBM pada smartphone/hp gagal tersambung. Namun, apapun pikiran Anda tidak perlu melebih-lebihkan keadaan, Anda hanya perlu langkah sederhana untuk mengatasinya. Yaitu sebagai berikut:

1. Jika aplikasi BBM anda gagal tersambung, silahkan matikan koneksi jaringan internet di handphone anda sementara waktu, kurang lebih sekitar 5-10 detik, setelah itu sambungkan kembali.

Seharusya, cara ini sudah dapat mengatasi masalah penting Anda. Jika saja solusi tersebut di atas belum dapat mengatasi masalah ini, silahkan lanjutkan dengan mengikuti langkah kedua.

2. Paksa berhenti aplikasi BBM, dengan cara: masuk ke Pengaturan (settings) > Aplikasi (Aplikasi terinstal) > pilih icon BBM > Paksa Berhenti > OK.

Setelah itu beberapa detik, buka kembali aplikas BBM.

3. Jika cara kedua juga tidak dapat menyelesaikan masalah gagal menyambungkan BBM, silahkan upgrade aplikasi BBM anda tersebut dengan versi teranyar.

Sesederhana itu saja caranya, semoga membantu. 

Advertisement