Cara Merekam Panggilan Telepon Otomatis di Android

Merekam Percapakan Telepon Secara Otomatis di HP Android – Fitur panggilan telepon memang tidak dapat dipisahkan dari yang namanya ponsel, termasuk ponsel canggil yang diracik dengan sistem operasi Android. Berbicara mengenai fitur panggilan suara atau panggilan telepon ini, tentu sebagai pengguna smartphone menginginkan sesuatu yang lebih dari itu, alias tidak hanya digunakan sebatas untuk digunakan atau menerima telepon saja. Dengan alasan tertentu, banyak pengguna ponsel ingin merekam panggilan suara secara otomatis saat melakukan atau menerima panggilan telepon.
Cara Merekam Panggilan Telepon Otomatis di Android

Kita tahu bahwa panggilan telepon menggunakan biaya pulsa sudah terbilang jadul atau ketinggalan zaman. Para pengguna smartphone saat ini lebih suka memanfaatkan komunikasi yang dilakukan menggunakan fitur free call dari aplikasi pihak ketiga.

Yaitu dilakukan degan menggunakan aplikasi tertentu berupa BBM, WhatsApp, Line, Facebok Mesenger dan lainnya. Namun demikian, tatap saja panggilan suara menggunakan nomor HP masih tidak dapat diabaikan dan ditinggalkan begitu saja. Pada hal-hal tertentu, panggilan suara seperti yang dimaksud masih dibutuhkan.

Kembali ke topik artikel ini, sebetulnya pada berbagai smartphone seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, Asus, Lenovo, Sony, Advan, Smartfren, Huawei, ZTE dan lainnya, sudah tertanam fitur perekam suara ini. Namun kelemahannya ialah, tidak dapat merekam atau menyimpan panggilan suara/telepon secara otomatis.

Baca juga: 6 Aplikasi untuk Cek Kecepatan Internet di Android, Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Untuk itu, jika Anda menginginkan fitur perekam panggulan suara secara otomatis pada smartphone Android, maka diperlukan aplikasi pihak ketiga, bernama Automatic Call Recorder. Aplikasi ini dapat diunduh dan diinstal secara gratis melalui Google Play Store. Aplikasi ini cukup ringan dan telah digunakan oleh ribuan pengguna smartphone, terbukti cukup ampuh dalam melakukan tugasnya, yaitu otomatis merekam dan menyimpan hasil rekaman panggilan telepon pada smartphone Android.

Melalui aplikasi ini, anda dapat menetukan atau memilih nomor telepon yang akan anda masukkan ke dalam daftar untuk di rekam secara otomatis, apabila ada panggilan suara yang masuk.

Untuk menggunakan aplikasi ini, hendaknya anda login menggunakan akun Gmail, sebab aplikasi ini akan terintergrasi dengan Google Drive dan juga DropBox.

Sebetulnya hasil rekaman dari Automatic Call Recorder akan secara otomatis tersimpan di dalam inbox. Namun demikian, anda juga dapat mengkonfigurasi merubah penyimpanan ke memory ekternal pada smartphone Anda.

Jadi, dalam hal ini, metode penyimpanan yang dapat anda gunakan untuk menyimpan hasil rekaman dari aplikasi tersebut terdapat tiga cara. Jadi, terserah anda ingin menggunakan metode penyimpanan yang mana, yang aman menurut Adan.

Singkatnya, untuk menggunakan aplikasi Automatic Call Recorder dalam merekam percapakan telepon secara otomatis adalah:

  • Download dan install aplikasi Automatic Call Recorder melalui PlayStore,
  • Buka aplikasi, tambahkan nomor telepon yang ingin direkam panggilan suaranya,
  • Pilih tempat penyimpanan untuk file panggilan suara, bisa menggunakan inbox, memory eksternal atau SDcard atau cloud saved menggunakan Google Drive atau Drop Box,
  • Tunggu telepon atau silahkan menelepon kepada nomor handphone yang ingin direkam secara otomatis, dan
  • Selesai.

Semoga informasi ini bermanfaat. Terima kasih!

Advertisement