2 Cara Menonaktifkan BBM di Android Sementara

2 cara mematikan atau logout BBM di android sementara – Sebagai pengguna smartphone atau ponsel Android, tidak mungkin bila seseorang belum pernah menggunakan aplikasi BlackBerry Messenger atau yang lebih sering disebut dengan nama BBM. Aplikasi BBM memang bukan satu-satunya aplikasi social media untuk chatting yang ada saat ini, tapi dapat dipastikan bahwa aplikasi ini mempunyai jumlah pengguna yang tidak sedikit.

Di Indonesia saja pengguna aplikasi BBM berada pada level jutaan, dan tidak menutup kemungkinan terdapat miliaran pengguna di seluruh dunia. Aplikasi ini dapat diinstal pada perangkat smartphone/hp Android dengan spesifikasi yang paling rendah. Maka tak heran pengguna aplikasi ini begitu banyaknya.
Cara Menonaktifkan BBM di Android Sementara
Lalu bagaimana dengan pengguna BBM ini, apakah mereka selalu menghidupkan atau mengaktifkannya sepanjang hari? Sayangnya tidak semua yang melakukan itu. Bahkan beberapa pengguna memilih untuk tidak mengaktifkan bahkan tidak menggunakan aplikasi BBM di dalam smartphone Android mereka, dengan alasan tertentu.

Alasan yang paling sering muncul ialah menghemat kuota internet. Terkadang pada waktu-waktu tertentu aplikasi BBM memang harus dinonaktifkan/dimatikan dulu untuk sementara agar kuota internet tidak tersedot habis secara perlahan.

Baca juga: Cara Mengatasi BBM Tidak Terhubung Namun Jaringan Internet Lancar

Dengan menonaktifkan/mematikan aplikasi BBM, maka segala pemberitahuan akan tertahan sementara, alias tidak akan muncul pada bar notifikasi di perangkat Android Anda. Nantinya pemberitahuan tersebut baru akan masuk setelah membuka atau mengaktifkan kembali aplikasi BBM.

Namun demikian, jika BBM berada pada kondisi nonaktif, maka setidaknya notifikasi/pemberitahuan yang (tidak penting) dari aplikasi itu, tidak sampai mengganggu aktifitas penting Anda.

Bagi yang ingin menonaktifkan atau mematikan aplikasi BBM secara sementara di hp/ponsel Android, silahkan lakukan cara-cara berikut ini:

#Cara 1: Menonaktifkan icon aplikasi BBM secara sementara di ponsel Android

Dengan menonaktifkan icon (notifikasi bar) BBM pada perangkat Android, berarti Anda telah mematikan seluruh aktifitas aplikasi BBM ini meskipun anda dalam keadaan online. Jadi tidak perlu mematikan paket data untuk mematikan aplikasi BBM. Dalam kalimat lain, untuk menonaktifkan aplikasi BBM tidak harus menghentikan penggunaan paket data Anda.

Caranya ialah, silahkan buka aplikasi BBM, klik menu > Setelan / Settings.
Cara Menonaktifkan BBM di Android Sementara

Setelah itu, tap menu Notifikasi / Notification > hilangkan ceklist pada Ikon BBM Terhubung, seperti pada gambar berikut.
Cara Menonaktifkan BBM di Android Sementara

Lanjut baca: Mengatasi Notifikasi BBM Hilang Tidak Berbunyi di Android

Itulah cara pertama, cara kedua seperti berikut ini:

#Cara 2: Mematikan atau logout dari BBM di Android secara paksa

Cara ini agak sedikit memaksa. Jika cara di atas terlalu mainstream untuk Anda, maka cara berikut ini mungkin akan sedikit memacu adrenaline, karena dilakukan dengan cara “memaksa berhenti” aplikasi BBM ini.

Namun tenang saja, ini tidak sejahat itu. Semuanya akan baik-baik saja, cara melakukannya ialah:

Pergi ke Pengaturan (setelan/settings) > Manajer aplikasi > cari aplikasi BBM > Scroll ke bawah, lalu tap “Paksa Berhenti” atau “Berhenti”. Selesai!
Cara Menonaktifkan BBM di Android Sementara

Dengan demikian, aplikasi BBM juga akan berhenti online atau berhenti memberi notifikasi ke perangkat Android anda.

Jika sewaktu-waktu ingin mengaktifkan kembali aplikasi BBM ini, tinggal buka saja aplikasi tersebut. Maka bersiaplah menerima notifikasi BBM yang sudah terkumpul selama aplikasi itu dinonaktifkan.

Sesimpel itu caranya, cukup  mudah bukan? Semoga membantu dan berhasil diterapkan.

Posting Komentar

Komentar telah ditutup. Jika ada yang perlu disampaikan terkait konten ini, silahkan kirim pesan lewat laman kontak.