Cara Mengembalikan File atau Folder yang Hilang di Flashdisk

Mengembalikan file atau folder yang hidden - Tips komputer kali ini akan membahas tentang bagaimana cara mengembalikan folder atau file yang hilang di flash disk. Jika sewaktu-waktu anda membuka flashdisk pada sebuah komputer atau laptop namun tidak mendapati file/folder anda disana, padahal anda tidak pernah menghapus file tersebut, maka berarti file/folder itu berada dalam kondisi hidden atau tersembunyi.

Hal ini terjadi karena ulah virus atau malware yang ditujukan untuk drive penyimpanan seperti flashdisk. Kehadiran malware ini karena kebiasaan mencolokkan flashdisk atau hard disk pada banyak komputer atau laptop. Atau bisa saja flashdiks tersebut dicabut dengan tidak benar, tanpa di eject terlebih dahulu.
Mengembalikan File atau Folder Hidden
Sebetulnya virus ini tidak terlalu berbahaya, namun perlahan tapi pasti, jika virus/malware penyembunyi file/folder ini terus dibiarkan, maka siap-siaplah sarang instalasi atau directory C anda untuk diserang olehnya.

Hal tersebut di atas adalah situasi terparah yang bakal Anda alamai. Untuk menghindari agar hal itu tidak sampai terjadi, dan agar kegelisahan atas hilangnya file/folder di flashdisk dengan secara tiba-tiba, maka lakukan cara berikut ini untuk mengembalikan file/folder yang ter-hidden di flashdisk anda itu.

Solusi lain: 2 Cara Mengembalikan File Shortcut di Flashdisk Karena Virus

Setidaknya ada dua cara yang dapat anda gunakan untuk mengatasi masalah itu. Untuk lebih jelasnya silahkan simak secara saksama tutorilanya berikut ini:

Mengembalikan file/folder tersembunyi di flashdisk atau harddisk
Ini adalah cara yang sudah sering dilakukan oleh banyak orang yang menjadi korban malware penyembunyi file/folder, dan cara ini pun cukup berhasil mengatasinya. Caranya ialah:

Colokkan flashdisk anda pada komputer atau laptop.
Silahkan buka command promt dengan menekan logo Windows + R secara bersamaan.
Ketikkan cmd
Mengembalikan File atau Folder Hidden
Maka command promt akan tampil. Pada tahap ini pastikan dan lihat terlebih dahulu posisi drive untuk flashdisk anda, apakah dia berada di drive E atau F atau G atau H (masing-masing komputer/laptop berbeda-beda). Contoh, jika flashdisk berada pada drive G.
Pada command promt tersebut ketikkan G: lalu enter.

Kemudian ketikkan lagi perintah attrib -s -h *.* /s /d lalu enter
Mengembalikan File atau Folder Hidden

Silahkan cek data berupa file atau folder di flashdisk Anda, apakah sudah muncul kembali atau belum.

Harusnya dengan melakukan cara itu, semua file/folder yang tersembunyi di flashdisk sudah muncul kepermukaan dan dapat diakses seperti biasanya.

Jika ternyata file/folder tidak juga nongol sebagaimana mestinya, silahkan lanjutkan dengan mengikuti langkah atau cara kedua berikut ini.

Menampilkan kembali file/folder yang ter-hidden di flashdisk
Cara ini akan menggunakan sebuah software pihak ketiga. Tepatnya menggunakan antivirus buatan Indonesia bernama Smadav Antivirus. Jadi pastikan di komputer atau laptop yang ingin anda gunakan untuk menjalankan cara ini sudah terinstal antivirus Smadav.

Jika berlum terinstal, silahkan download antivirus Smadav terbaru terlebih dahulu. Install software itu seperti biasa.

Setelah proses instalasi selesai, silahkan scan flashdisk anda menggunakan antivirus Smadav. Maka file/folder yang hilang pun dapat diakses kembali.

Berbicara mengenai antivirus, jika anda mencar-cari antivirus apa yang bagus untuk digunakan para perangkat smartphone Android, berikut beberapa informasi mengenai Antivirus Android (APK) Terbaik dan Ringan.

Semoga membantu dan selamat mencoba, terima kasih!

Advertisement