Apa Perbedaan Web Hosting, VPS dan Cloud Server?

Perbedaan  Web Hosting, VPS dan Cloud Server – Terdapat beberapa jenis layanan hosting yang dapat digunakan untuk keperluan menghosting website. Baik sebuah website untuk mengonlinekan bisnis/usaha, membuat blog atau website pribadi, website perusahaan dan lainnya.

Jika Anda mencarinya pada mesin pencari, maka setidaknya akan muncul tiga istilah dalah layanan hosting, yaitu web hosting, VPS hosting, dan Cloud Server.
Apa Perbedaan  Web Hosting, VPS dan Cloud Server?
Diantara Anda bertanya apa perbedaan ketiga layanan hosting itu, apakah ketiganya sama saja atau tidak?

Tentu saja istilah ketiga layanan itu berbeda. Istilah-istilah itu dibuat bukan untuk mempermanis jualan dari vendor hosting. Istilah-istilah itu mempunyai perbedaan yang cukup mendasar.

Layanan Web Hosting
Web Hosting merupakan layanan yang menawarkan sewa space atau hosting berbasis web. Dengan menyewa web hosting, maka anda diberikan kewenangan untuk menggunakan nama domain yang anda miliki. Nama domain tersebut nantinya akan diarahkan pada hosting itu dengan mempergunakan beberapa perangkat aplikasi dan dengan beberapa konfigurasi.

Dengan menyewa web hosting, maka anda juga akan mendapat fasilitasi dalam manajemen web/aplikasi, seperti mengupload, mengedit dan mendownload file.

Sebuah layanan web hosting, menyediakan variasi platform yang dapat dihubungkan ke domain Anda. Platform yang dimaksud berupa PHP, Joomla dan lainnya, juga database mySQL.

Tidak hanya itu, beberapa layanan web hosting juga memungkinkan anda untuk membuat beberapa akun email dengan akhiran nama domain yang telah anda buat sebelumnya.

Layanan web hosting memang terbilang murah dari yang lainnya. Hal ini sudah sesuai dengan ketersediaan server yang diberikan. Penyedia layanan web hosting biasanya menyediakan satu server yang dishare atau digunakan secara bersama-sama. Artinya, tidak hanya anda saja yang menggunakan server dari hosting yang anda sewa itu.

Akibatnya, jika server yang dimaksud down, maka web anda dan yang lainnya juga pun ikut offline atau tidak dapat di akses. Namun demikian, meski harganya terbilang cukup rendah dari jenis hosting lainnya, beberapa vendor hosting memberikan disk space unlimited, yang sangat jarang ditemui atau didapati ketika menggunakan layanan hosting lainnya dengan low budget.

Baca juga: Kelebihan Cloud Hosting Dibanding Shared Hosting

Layanan VPS (Virtual Private Server)
VPS merupakan layanan yang menyewakan server virtual. Perbedaan antara web hosting dan VPS tidak begitu banyak.

Perbedaan yang cukup mendasar antara web hosting dan VPS adalah pada kebebasan dalam mengkonfigurasi system operasi dan platform yang ingin digunakan. Perbedaan lainnya ialah pada harga sewa. Layanan VPS hosting lebih sedikit mahal daripada web hosting.

Namun demikian, walaupun harganya lebih sedikit mahal, anda dapat mudah mengoptimalkan layanan bisnis online Anda dibandingkan menggunakan web hosting.

Persamaan antara VPS hosting dan web hosting ialah sama-sama menggunakan satu server fisik, yang kemudian satu server itu dibagikan (share) dengan software virtual. Dengan begitu akan terdapat beberapa guest OS pada satu server.

Dapat dikatakan bahwa layanan VPS dan web hosting menunjukkan kualitas yang tidak jauh berbeda, hanya saja pada VPS hosting kita diberi kewenangan untuk menentukan system operasi dan platform yang kita inginkan.

Layanan Cloud Server
Cloud server ialah layanan hosting yang menyatukan beberapa server menjadi satu yang berfungsi sebagai disk virtual atau storage. Tidak hanya itu, beberapa server lain juga dikumpulkan menjadi satu bertugas sebagai computing node (CPU virtual) dan lain sebagainya.

Menggunakan layanan cloud server, memungkinkan setiap pengguna untuk memiliki secure VLAN masing-masing. Fitur yang tak kalah menarik dari layanan ini ialah setiap pengguna diberikan kemudahan untuk menaikkan atau menurunkan resource server, seperti jumlah core CPU dan jumlah RAM sesuai kebutuhan.

Diantara dua layanan hosting yang telah disebutkan sebelumnya, layanan cloud hosting adalah layanan cloud hosting adalah yang terbaik.

Namun demikian, harganya cukup menguras kantong, tergantung kapasitas disk dan kualitas server serta layanan yang dinginkan.

Demikian artikel kali ini, semoga berguna.
Advertisement