7 Cara Membedakan iPhone Asli atau Palsu

Cara Membedakan iPhone Asli atau Palsu - Apple merupakan salah satu vendor smartphone yang mempunyai pangsa pasar cukup luas di seluruh dunia. Produk Apple dengan ponsel canggihnya yang dikenal dengan iPhone merupakan produk yang paling diminati oleh pengguna gadget saat ini.

Walaupun smartphon iPhone lebih banyak diminati oleh kelas menengah ke atas, nyatanya saat ini kelas bawah pun sangat senang memiliki smartphone canggih itu, walalupun hanya dalam mimpi. Harga ponsel iPhone adalah salah satu ponsel termahal di kelasnya. Meski dengan harga yang selangit, tidak serta merta membuat masyarakat kelas tertentu untuk tidak membelinya. Ponsel iPhone masih saja diburu hingga saat ini.
Cara Membedakan iPhone Asli atau Palsu
Tak tanggung-tanggung, guna memanjakan penggunanya, Apple sampai-sampai menciptakan beberapa series produk smartphone iPhone. Mulai dari hp canggih iPhone SE, iPhone 6, iPhone 6s Plus, iPhone 5, iPhone 5c, iPhone 5s, iPhone 4, iPhone 4s, iPhone 3G, dan lainnya.

Hanya saja, belakangan ini cukup banyak produk-produk Apple palsu yang beredar luas. Tentu saja hal ini membuat kerugian pada vendor Apple sendiri, juga mengundang kekecewaan pelanggan.

Oleh sebab itu, hendaklah sedikit lebih bersabar agar menahan diri dalam membeli produk Apple, smartphone iPhone. Karena boleh jadi produk-produk itu adalah produk palsu atau replika.

Baca juga: Cara Mengetahui HP Samsung Asli atau Palsu

Berikut tips bagaimana cara membedakan atau mengecek ponsel iPhone asli/ori dan palsu/replika.

1. Membandingkan harga ponsel canggil iPhone
Patut mencurigai terhadap jualan-jualan tertentu yang menawarkan produk Apple dengan harga murah. Namun demikian, bukan berarti harga mahalnya pun sudah terbebas dari ketidak aslian produk tersebut. Kenyataanya, beberapa kasus juga ditemukan ponsel iPhobe dengan harga tinggi namun ternyata hp itu adalah palsu atau replika.

Hanya saja kebanyakan jika produk iPhone palsu, akan dijual dengan harga miring alias murah meriah.

Oleh sebab itu jangan tergiur dengan harga. Karena harga boleh menipu. Untuk itu silahkan perhatikan beberapa tips berikutnya.

2. Apple iPhone Asli menggunakah bahan material ekslusif/premium
Apple sangat memperhatikan bahan material yang digunakan untuk produknya. Mengigat marketnya adalah kelas menengah ke atas. Untuk itu, iPhone dibuat dengan material khusus. Dapat dipastikan tidak ada smartphone iPhone yang dijual ke pasaran menggunakan bahan metal dan plastic.


3. Fleksibilitas OS yang digunakan
Ponsel iPhone yang asli atau original diterapkan system operasi iOS yang super lembut dan sangat friendly. Sedangkan pada smartphone iPhone palsu atau replikai fleksibilitas OS kurang lembut, bahkan lemot saat menjalankan aplikasi-aplikasi tertentu.

4. Cek spesifikasi iPhone
Untuk mengetahui smartphone iPhone asli/orginal atau palsu/fake/replika, dapat diketahui dari spesifikasinya. Perhatikan spesifikasi yang dianggap penting dalam iPhone itu, seperti Kamera, Processor, Bentang layar, RAM dan lainnya.

5. iPhone asli didukung oleh iTunes
iPhone asli selalu disupport oleh iTubes. Berbeda dengan produk smartphone iPhone replika atau palsu, tidak dapat terdeteksi jika terhubung dengan iTunes. Sebab, support iTunes hanya untuk iPhone asli saja.

6. Trik ini hanya dapat dilakukan oleh iPhone asli
Tidak sedikit yang menyadari bahwa iPhone palsu tidak dapat melakukan screenshot dengan cara pintas. Cara screenshot pada iPhone adalah dengan menekan tombol Home + power secara bersamaan, dan hal itu hanya bisa dilakukan oleh iPhone asli saja.

Namun demikian, pada iPhone supercopy juga dapat melakukan screenshot dengan cara demikian, dengan demikian cara ini tidak terlalu menjamin keaslian sebuah iPhone.

7. Cek nomor IMEI iPhone
Salah satu cara terampuh untuk mengetahui sebuah smartphone iPhone asli atau palsu adalah melihat dan mengecek nomor IMEI produk tersebut.

Yang perlu diperhatikan ialah (1) apakah nomor IMEI itu cocok dengan yang tertera di dusbox iPhone, dan (2) apakah nomor IMEI pada smartphone iPhone sama dengan yang terdaftar pada situs resmi iPhone. Jika sama, tidak diragukan lagi iPhone Anda asli, dan sebaliknya.

Untuk mengecek nomor IMEI iPhone, silahkan buka menu Setting => General => About. Setelah itu, menuju ke link ini https://selfsolve.apple.com/agreementWarrantyDynamic.do untuk mengecek nomor IMEI iPhone anda.

TAMBAHAN:
Sekadar tips bagi Anda yang hendak membeli iPhone secara online, hendaknya banyak membaca sumber terlebih dahulu. Baik toko online yang dimaksud serta kondisi barang yang ingin dibeli. Alangkah baiknya membeli dari toko online yang memiliki badan hukum yang jelas.

Dalam berbelanja online, hendaknya menghindari pembelian secara perorangan, terkecuali melalui perantara toko online atau market place yang jelas.

Demikian informasi tentan cara membedakan iPhone asli dan palsu, semoga berguna.
Advertisement