Cara Mengetahui HP Samsung Asli atau Palsu

Cara Cek HP Samsung Asli atau Palsu – Memastikan keaslian HP sebelum membelinya adalah hal yang sangat dianjurkan untuk dilakukan. Ada banyak cara untuk mengecek handphone Samsung asli atau palsu (ori atau bajakan). Anda hanya butuh koneksi internet dan sebuah hp Samsung yang ingin diketahui asli atau palsu barang tersebut.

Meskipun harga hp Samsung terbilang murah di kelasnya, ada saja oknum dan pihak-pihak tertentu yang tega memalsukan produk hp Samsung, demi keuntungan yang lebih tinggi. Jika ternyata kecolongan membeli hp Samsung palsu, tentu ini sangat menjengkelkan.
Cara Mengetahui HP Samsung Asli atau Palsu
Membedakan hp Samsung asli atau palsu sebetulnya tidak terlalu sulit. Bagi Anda yang masih kebingungan untuk membedakan mana hp Samsung yang asli dan seperti apa rupa hp Samsung yang palsu, silahkan simak poin-poinnya berikut ini.

Cara membedakan atau mengetahui smartphone Samsung asli atau palsu

Mengecek keaslian hp Samsung dengan membandingkan harga
Cara ini paling mudah dilakukan untuk membedakan hp Samsung asli atau palsu. Patut dicurigai jika menemui counter atau took hp tertentu yang menawarkan harga hp Samsung lebih murah dari harga biasanya.

Jangan pernah tergoda dengan penawaran harga yang cukup rendah, apabila harganya sudah sangat terpaut jauh. Bisa jadi hp yang dijual adalah hp palsu. Jika harganya sudah sangat mencurigakan, cobalah lakukan cara berikut untuk mengecek hp Samsung itu asli atau palsu.

Perhatikan kondisi ponsel saat dalam dosbook
Sebelum membeli hp Samsung yang baru, perhatikan dosbook ponsel Samsung. Biasanya ponsel Samsung yang asli akan dilapisi wrapping plastik berlogo Samsung.

Berbeda dengan produk hp Samsung replika palsu, replika atau super copy. Lapisan yang dimaksud tidak ada. Kalaupun wrapping plastic itu ada, pasti dibuat dengan kualitas plastik yang buruk dan tampilan logo yang kurang baik.

Cek keaslian hp Samsung dengan LCD TEST atau kode rahasia
Mengetahui hp Samsung asli atau palsu selanjutnya ialah dengan menulis kode rahasia: *#0*# pada layar smartphone Samsung yang ingin dibeli. Jika hp Samsung tidak menampilkan apapun, maka dapat dipastikan hp Samsung Anda adalah tiruan atau palsu.

Dengan melakukan LCD TEST, maka handphone Samsung akan memberikan informasi terkait hp tersebut. Berupa spesifikasi hp Samsung, spesifikasi kamera, layar sentuh, suara, penggunaan kode smartphone, dan informasi lainnya.

Cek hp Samsung asli atau palsu dengan melihat spesifikasinya
Untuk mengecek keaslian hp Samsung dengan cara ini silahkan ketik: *#*#4636#*#* maka hp Samsung Anda akan menampilkan informasi spesifikasi terkait hp tersebut. Untuk beberapa kasus biasanya baik hp Samsung asli dan palsu akan menampilkan informasi spesifikasi hp. Namun tidak sedikit juga hp Samsung yang palsu atau replika tidak menampilkan apa-apa.

Perlu diperhatikan, informasi spesifikasi yang diberikan harusnya sama dengan spesifikasi yang diberitahukan melalui situs resmi Samsung. Jika terdapat perbedaan, maka perlu hati-hati, kemungkinan besar itu adalah hp Samsung palsu, bukan hp Samsung asli.

Jarak tombol HOME dnegan LCD
Biasanya Samsung Galaxy yang asli atau ori, memiliki jarak tombol Home ke LCD lebih dekat. Hal tersebut berbeda dengah hp Samsung palsu. Pada hp Samsung palsu jarak tombol Home ke LCD sedikit lebih jauh.

Cek nomor IMEI
Untuk mengetahui nomor IMEI hp Samsung Anda silahkan ketik: *#06# maka 15 digit nomor IMEI akan ditampilakan. Pastikan nomor IMEI yang terterai di box Samsung, sama dengan nomor IMEI yang dilihat dengan cara tadi.

Berikut beberapat informasi penting terkiat nomor IMEI pada hp Samsung. Silahkan perhatikan angka IMEI ke-7 dan 8:

  • Jika menunjukkan angka 05 maka HP diproduksi di USA dengan kualitas yang sangat bagus. 
  • Jika menunjukkan angka 00 maka HP samsung diproduksi di Firlandia dengan kualitas yang sangat bagus. 
  • Jika menunjukkan angka 02 atau 20 maka HP dibuat di Asia dengan kualitas yang jelek. 
  • Jika menunjukkan angka 08 atau 80, maka HP samsung kamu dibuat di Jerman dengan kualitas lumayan. 
  • Jika menunjukkan angka 03, maka HP dibuat di Prancis atau Canada dengan kualitas paling baik. 
  • Jika menunjukkan angka 04, maka HP Limited edition dibuat khusus di Korea dengan kualitas terbaik di dunia. 

Setelah mengetahui nomor IMEI dari hp Samsung, sambungkan hp dengan koneksi internet (melalui laptop/pc juga bisa), silahkan membuka website International Numbering Plans, masukkan nomor IMEI hp Samsung anda ke website tersebut.

Bila nomor IMEI terdaftar, maka website tersebut akan menampilkan spesifikasi ponsel. Dengan demikian dapat dipastikan bahwa hp samsung tersebut adalah asli.

Menggunakan aplikasi pihak ke 3
Sebetulnya mengecek keaslian hp Samsung sampai dengan mengetahui nomor IMEI maka akan mengetaui kualitas dari hp Samsung tersebut.

Tetapi, jik Anda juga masih penasaran dengan keasliannya, silahkan gunakan aplikasi yang bernama AnTuTu atau Genunine galaxy. Aplikasi ini dapad di download gratis di playstore. Install dan kemudian buka aplikasi tersebut.

Jika Type Series hp tidak muncul (unknown device) atau salah, maka dapat dipastikan bahwa hp Samsung itu adalah palsu. Sebaliknya, jika Type Series hp muncul, maka berarti ponsel Samsung terebut ori atau asli.

TAMBAHAN:
Sekadar berbagi tips bagi Anda yang berkeinginan untuk membeli hp Samsung baru. Agar terhindar dari produk Samsung palsu, hindarilah membeli gadget melalui online. Karena pembelian secara online, pembeli tidak dapat mengecek kondisi barang. Sekalipun itu dari e-commerce yang sudah terkenal.

Demikian informasi tentang cara cek hp Samsung asli atau palsu, semoga bermanfaat.
Advertisement