Kelebihan Cloud Hosting Dibanding Shared Hosting

Kelebihan dan kelebihan menggunakan Cloud Hosting dibandingkan Shared Hosting – jika dulu sebuah website berada pada jaringan host pada dedicated server yang cukup standar, yang mana satu dedicated server itu digunakan untuk menghosting banyak website. Namun sekarang ini sudah cukup banyak yang mulai tertarik untuk menggunakan layanan cloud hosting.
Kelebihan Cloud Hosting dibanding Shared Hosting
Sebelum melanjutkan alangkah baiknya diketahui terlebih dahulu pengertian singkat dari Cloud Hosting dan Shared Hosting. Cloud Hosting merupakan layanan web hosting yang diterima dari sekelompok server yang saling terhubung satu sama lain. sedangkan Shared Hosting merupakan layanan dari server hosting yang digunakan secara bersama-sama dalam satu server, dalam arti lain untuk satu server tercampur beberapa account hosting.

Singkatnya lagi, kalau Cloud Hosting satu server pakai sendiri, sementara Shared Hosting satu server digunakan bersama.

Baca juga: Tips Memilih Domain dan Hosting Untuk Website Indonesia

Berikut ini adalah kelebihan menggunakan Cloud Hosting dibandingkan Shared Hosting.

Cloud Server/Hosting sangat scalable
Cloud Hosting lebih friendly memberi resource terhadap hosting yang digunakan. Artinya, resource yang digunakan ialah sesuai yang digunakan. Jika hanya sedikit saya resource yang diminta, maka demikian pula yang akan didapatka. Tetapi juga jika dalam waktu-waktu tertentu website atau blog mendapatkan traffic yang cukup tinggi, maka clous server akan langsung memberi resource yang tinggi.

Cloud Hosting lebih kuat
Bisa dikatakan kehawatiran menggunakan layanan Cloud cerver lebih sedikit dibandingkan menggunakan shared hosting. Cloud hosting terdiri atas banyak node atau dedicated server, yang memungkinkan website tetap online atau tidak akan down walaupun beberapa node dalam keadaan offline, pada waktu bersamaan sekalipun.

Hal itu tentu jauh berbeda dengan Shared Hosting. Server shared hosting cukup berpengaruh terhadap kelangsungan website yang berada di dalamanya. Jika salah satu dari dedicated server down, maka website juga akang langsung ikut offline atau tidak dapat diakses.

Deploying hardware Cloud Server lebih mudah dan cepat
Satu hal lain yang lebih unggul antara Cloud Hosting dan Shared Hosting ialah deploying hardware. Deploying Cloud Hosting lebih cepat dan juga sangat mudah. Deploying hardware berhubungan dengan konfigurasi software dan service. Tidak perlu berlama-lama dalan system Cloud Server yang diperlukan hanyalah meletakkan slot di dalam server ketika dibutuhkan.

Cloud Hosting memberi resource yang mumpuni
Seperti yang telah disinggung sebelumnya, penggunaan resource adalah hal yang cukup kursial yang banyak dialami oleh website master. Baiknya penggunaan resource itu dapat menyesuaikan berbagai hal yang tengah terjadi pada lalu lintas website. Jika website tiba-tiba saja mengalami peningkatan traffic secara signifikan, maka resource juga akan ikut mengembang. Itulah yang akan diperoleh jika menggunakan Cloud Hosting. Bahkan, dengan pemberian resource yang cukup fleksibel itu, dengan menggunakan Cloud Hosting tetap masih hemat biaya.

Lalu, tentu semuanya balik kepada dana atau kemampuan keuangan masing-masing. Soal keunggulan dan mana yang lebih baik, tentu Cloud Hosting masih menjadi atasannya Shared Hosting.

Maka dengan demikian, sungguh sangat wajar jika harga Cloud Hosting lebih mahal daripada Shared Hosting.

Semoga saja artikel ini bermanfaat.

Advertisement