Kode Anti Copas, Cara Agar Blog Tidak Dapat di CTRL+P

Pada artikel sebelumnya saya berbagi tentang Cara Mencegah Copy-Paste Artikel Blog Kecuali Blockquote. Pada artikel kali ini juga berhubungan dengan kode/script anti copas (baca: kopas) juga, namun dengan fungsi yang berbeda.

Perlu diketahui, meskipun blog/website telah dipasang CSS anti kopas seperti pada tutorial sebelumnya itu, para copaser tetap saja masih punya 2 jalan untuk melakukan aksi copas pada blog Anda. Yaitu dengan cara membuka source blog/website (CTRL+U) dan membuka tampilan print-out halaman blog/website (CTRL+P).
Kode Anti Copas
Biasanya dengan melihat source pada halaman artikel blog, tulisan-tulisan atau kata-kata yang dimuat ke dalam artikel akan bercampur dengan kode-kode HTML, sehingga si kopaser akan sedikit dibuat sulit untuk melakukan aksi pencurian artikel di blog itu.
Kode Anti Copas
Tampilan blog setelah di open source (CTRL+U)

Berbeda dengan membuka tampilan Print-out yang dilakukan dengan cara pintas menggunakan tombol CTRL+P, pemgambilan artikel lebih mudah, karena tidak tercampur dengan kode-kode HTML. Pada tampilan tersebut, fungsi CSS anti copas tidak berguna lagi, sehingga si copaser dengan mudahnya mengarsir/select bagian yang ingin di copy.
Kode Anti Copas
Tampilan untuk Print-out halaman blog (CTRL+P)

Jika hanya diambil untuk rewrite (ditulis kembali), saya pikir hal itu tidaklah mengapa. Tetapi lain cerita jika artikel blog di copas secara 100% dan membabi buta, tentu ini yang sangat disayangkan, membuat semangat patah, membuat menangis, dan juga membuat kepikiran mantan.

Lalu bagaimana cara mematikan fungsi CTRL+P pada blog?

Berikut caranya:

Silahkan masuk ke Blogger > buka dashboard blog > masuk ke Edit HTML.
Letakkan kode berikut ini pada HTML template Anda.

<style HREF='foo.css' media='print, handheld' type='text/css'>
    * { display: none; }
</style>

Setelah itu simpan template.

Dengan menerapkan kode tersebut, maka tampilan print-out untuk artikel blog/website akan terlihat blank atau kosong.
Kode Anti Copas
Hampa, seperti hidup para jones

Demikian tutorial tentang cara mencegah copy-paste dengan mematikan fungsi CTRL+P pada blog/website. Semoga berguna.
Advertisement