Cara Atasi Video dan Foto Hilang atau Tidak Muncul di Galeri Android

Salah satu masalah yang sering terjadi pada smartphone Android adalah file video,  foto (photo), dan MP3 biasanya tiba-tiba hilang, tidak bisa dibuka atau tidak muncul di folder galeri, atau bahkan media penyimpanan lainnya.

Dalam situasi seperti ini, biasanya pengguna Android akan beranggapan bahwa file video, foto dan MP3-nya itu terhapus. Padahal masih ada kemungkinan bahwa ternyata file-file tersebut hanya tidak bisa dibuka, atau menjadi tersembunyi begitu saja.

Cara Atasi Video dan Foto Hilang atau Tidak Muncul di Galeri Android

Sebetulnya apa yang mengakibatkan foto dan video di galeri Android itu tidak bisa dibuka atau tersembunyi? Pada dasarnya fitur yang tertanam pada Android (yang berhubungan dengan pembacaan file) dibuat khusus untuk melakukan scanning untuk melakukan pembacaan pada file-file tertentu. Namun pada situasi tertentu, fitur-fitur itu tidak bekerja dengan baik sebagaimana mestinya.

Tips lainnya: Cara Mudah Mengembalikan File yang Terhapus di Android

Untuk mengatasi foto, video atau lagu yang tidak terbaca atau tidak muncul di Android sebetulnya tidak begitu sulit. Hanya dibutuhkan beberapa langkah untuk mengembalikan file yang tersembunyi atau file yang tiba-tiba hilang itu dapat dibuka sebagaimana mestinya.

Berikut caranya.

Cara membuka file yang tersembunyi atau tiba-tiba hilang pada galeri hp Android

Setidaknya salah satu dari empat cara ini dapat digunakan untuk mengatasi permasalah tersebut. Silahkan pilih salah satu cara berikut ini yang menurut Anda mudah diterapkan. Jika tidak berhasil dengan cara yang satu, cobalah dengan cara yang lain berikut ini.

1. Mencabut Memori Eksternal; Cara ini dapat dilakukan jika file-file yang tiba-tiba hilang itu disimpan pada SD Card (memori eksternal) smartphone Andoid. Langkahnya ialah, matikan terlebih dahul HP Android Anda, cabut materai, SIM Card, dan SD Card. Setelah itu biarkan dulu selama beberapa menit.

Lalu pasang kembali alat-alat yang dibuka tadi, dan hidupkan kembali HP. Pada situasi ini diharapkan hp tersebut melakukan reboot, sehingga sistem Android yang melakukan pemindaian kembali akan file-file yang tersimpan di dalamnya, berupa file gambar, video atau musik yang tersimpan di galeri atau media penyimpanan lainnya.

2. Menggunakan Aplikasi Quickpic; Silahkan download aplikasi tersebut di Google Play Store. Aplikasi ini dapat digunakan untuk menampilkan/membuka semua jenis file pada media/galeri. Walaupun aplikasi ini hanya memakan size memori cukup kecil, namun kemampuannya dalam melakukan scanning untuk membaca file-file video, foto, dan musik, dapat dikatakan cukup efektif.

Aplikasi yang dishare secara gratis ini juga memiliki beberapa fitur menarik, seperti mampu melakukan rotasi, mengganti nama atau dapat digunakan untuk menyembunyikan foto dan video pada media penyimpanan Android.

3. Menggunakan Aplikasi Sdrescan; Sama dengan aplikasi di atas, Sdrescan juga dapat diunduh secara gratis di Google Play Store. Jika tidak berhasil melakukan scanning file tersembunyi dengan aplikasi di atas, maka silahkan menginstal aplikasi Sdrescan pada smartpohne Android Anda.

Aplikasi ini sangat baik dalam melakukan scanning terhadap file-file yang tiba-tiba hilang atau mencari kembali file-file tersembunyi pada smartphone Android.

4. Menggunakan Aplikasi ES File Explorer; Salah satu alternatif lainnya untuk membuka file yang tersembunyi atau tiba-tiba hilang di smartphone Android adalah aplikasi ES File Explorer. Silahkan download secara gratsi di Play Store.

Cara menggunakannya adalah berikut ini:

  • Setelah di download, buka aplikasi.
  • Melalui aplikasi ES File Explorer, buka folder/penyimpanan yang berisi gambar/foto, video atau musik yang berada di Android, file tersembunyi yang ingin dibuka.
  • Jika menemukan file bernama ".nomedia", hapus file tersebut.
  • Restart/reboot smartphone Android.

Setelah itu, silahkan lihat kembali file yang tiba-tiba tersembunyi tersebut apakah sudah teratasi.
Advertisement