Cara Ganti DP BBM Tidak Sampai Terpotong

Tips smartphone kali ini tenang cara membuat agar gambar atau photo di BBM tidak terpotong. Salah satu aplikasi chatting yang paling banyak digunakana saat ini ialah BBM. Seiring perkembangannya aplikasi tersebut selalu mendapat update guna memanjakan penggunannya dengan suguhan fitur-fitur yang friendly.

Hanya saja, beberapa update dari BBM itu tidak semuanya dapat diterima oleh beberapa pengguna lainnya. Salah satunya tentang aturan penggunaan Display Picture atau DP pada BBM saat ini. DP untuk BBM pada saat ini tidak cocok lagi pada semua ukuran gambar/foto. Terutama gambar dengan model landscape, persegi panjang.
Cara Ganti DP BBM Tidak Sampai Terpotong
Pasalnya, ukuran foto memanjang tersebut, akan menjadi terpotong jika hendak digunakan menjadi DP BBM. Hal itu terjadi karena adanya fitur cropping pada DP BBM yang hanya menghendaki ukuran persegi (segi empat) secara mutlak.

Untuk itu, bagi yang tidak menyukai atau tidak menginginkan DP pada aplikasi BBM-nya terpotong atau di cropping, silahkan ikuti tips berikut ini.

Tips agar DP/gambar BBM tidak terpotong

1. Memanfaatkan screenshot pada smartphone

Cara ini adalah cara yang paling sederhana dan paling mudah dilakukan. Untuk melakukan cara ini, silahkan buka gambar yang ingin dijadikan DP BBM, objek gambarnya yang tidak dihendaki kena cropping.

Setelah gambar dibuka, silahkan screenshot gambar tersebut. Untuk melakukan screenshot/caputer gambar pada masing-masing smartphone/hp itu berbeda-beda. Pada umunya untuk screenshot dilakukan dengan cara menekan tombol Power dan Volume (atas atau bawah) secara bersamaan. Untuk info lebih lanjut, silahkan baca artikel tentang Cara Mengambil Screenshot di iPhone, 100% Work atau Cara Mengambil Screenshot Layar Xiaomi Semua Tipe dan Seri atau Cara Mengambil Screenshot di OPPO Smartphone Android dengan Mudah.

Setelah berhasil di screenshot, silahkan buka aplikasi BBM, lalu ganti DP Anda dengan gambar yang telah di screenshoot tadi. Sesuaikan letak cropping persis di tengah-tengah gambar, dengan memastikan masing-masing objek gambar yang ingin ditampilkan tidak terpotong pula.

2. Menggunakan aplikasi pihak ketiga

Selain dengan cara screenshot di atas, untuk membuat gambar/DP BBM tidak terpotong ialah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Dalam hal ini Anda perlu aplikasi tertentu dalam melakukannya. Cukup banyak aplikasi dengan kegunaan serupa yang ada di Google Play Store.

Setidaknya dua aplikasi ini dapat Anda gunakan dalam membuat DP BBM full size atau tidak terpotong. Aplikasi tersebu adalah Profile w/o Cropping for BBM dan Full BBM DP. Silahkan download salah satu diantara dua aplikasi tersebut.

Untuk menggunakan aplikasi itu cukup mudah. Setelah diinstal, buka atau jalankan aplikasi tersebut, perhatikan fitur pada aplikasi itu. Temukan tombola tau fitur untuk menggunggah foto pada aplikasi itu. Tentukan ukuran gambar yang ingin dipasang menjadi DP BBM. Simpan gambar tersebut, lalu pasang ke DP BBM Anda.

Sebetulnya masih ada beberapa aplikasi lainnya yang dapat digunakan untuk membuat DP BBM menjadi full size dan dengan fitur dan penggunaan yang hampir sama. Anda dapat menemukan atua mencarinya di Google Play Store dengan mengetikkan kata kunci “dp bbm full” (tanpa tanda kutip) pada kolom pencarian yang disediakan.

Sekian informasi tentang cara mengatasi gambar/DP BBM tidak sampai terpotong di smartphone Android. Semoga membantu dan bermanfaat.

Advertisement