Cara Mengatasi Game Android Close Tiba-tiba atau Keluar Sendiri

Tips Android kali ini tentang cara mengatasi game di Android yang sering keluar sendiri. Kondisi yang sering terjadi saat sedang membuka aplikasi atau memainkan game di smartphone/hp Anndroid adalah aplikasi atau game tersebut tiba-tiba force close dengan sendirinya. Tentu kejadian seperti itu sangat tidak menyenangkan.

Dewasa ini cukup banyak game-game dengan kualitas grafis yang sangat bagus. Grafis yang sangat bagus itupun menghendaki spesifikasi perangkat yang tinggi pula. Dengan demikian, game-game tersebut dapat dimainkan dengan lancar. Jika game dengan kualitas grafis tinggi ini dimainkan pada perangkat Android yang kurang memadai, maka akan timbul game force close atau keluar sendiri secara tiba-tiba.
Cara Mengatasi Game Android Close Tiba-tiba atau Keluar Sendiri
Beberapa tips berikut ini dapat dilakukan untuk menghindari adanya gangguan game tiba-tba close atau keluar sendiri saat memainkannya, tanpa harus meng-uninstal sebagian game atau aplikasi lainnya.

1. Download dan install game langsung dari Google Play Store

Hal yang pertama perlu dipastikan bahwa game tersebut benar-benar di download melalui Google Play Store. Mengapa harus download atau install langsung dari Google Play Store, karena hal itu akan menghindari potensi masuknya malware yang sengaja atau tidak sengaja dibawa oleh aplikasi tersebut. Dengan demikian, perangkat atau smartphone Android lebih secure atau terlindungi.

2. Menyesuaikan game dengan spesifikasi smartphone

Salah satu penyebab paling utama game tidak bisa dimainkan atau malah sering keluar/close secara tiba-tiba adalah ketidak sesuaian antara spesifikasi yang diinginkan game itu pada smartphone Android. Tidak perlu terlalu memaksakan kehendak untuk mengintal aplikasi dengan grafis yang tinggi, sementara keadaan spesifikasi smartphone Android cukup pas-pasan. Spesifikasi yang dimaksud adalah versi prosesor, GPU dan RAM.

Baca juga: Cara Jitu Bedakan HP Android Asli atau Palsu (KW, Replika, Supercopy)

3. Bersihkan/clear RAM smartphone

Selain dua hal sebelumnya, penyebab lainnya yang membuat game sering keluar sendiri secara tiba-tiba saat sedang dimainkan adalah karena “sampah” pada RAM sudah sangat menumpuk. Maka melakukan clear atau pembersihan RAM perlu dilakukan. Saat ingin membersihkan RAM, pastikan close terlebih dahulu semua aplikasi atau game yang baru saja Anda buka di smartphone Anda. Lalu mulailah membersihkan RAM melalui menu Security ata task manager.

4. Bersihkan/clear Cache

Jika “sampah” pada RAM sudah dibersihkan, maka selanjutnya adalah membersihkan cache, pada setiap aplikasi atau game yang sering Anda mainkan itu. Untuk melakukan hal ini, silahkan menuju menu Settings atau Setelah, pilih Aplikasi yang terpasang, buka aplikasi/game yang hendak dibersihkan cache-nya, lalu pilih tombol bersihkan/clear cache. Cara lain untuk membersihkan cache adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, seperti Clean Master.

Baca juga: Cara Atasi Video dan Foto Hilang atau Tidak Muncul di Galeri Android

5. Reboot atau restart smartphone

Setelah melakukan beberapa hal di atas, dianjurkan untuk reboot atau me-restart HP Android. Hal ini perlu dilakukan untuk meningkatkan kinerja tasking smartphone. Samapi disitu, Anda sudah dapat melanjutkan memainkan game yang sering keluar tadi.

Demikian informasi tentang cara mengatasi smartphone/HP Android yang seringkali keluar sendiri atau tiba-tiba close saat sedang main game. Semoga bermanfaat dan masalah Anda teratasi.
Advertisement