Cara Mengatasi Masalah Komputer atau Laptop Tidak Ada Suara

Pada tips komputer kali akan membahas tentang cara mengatasi masalah komputer atau laptop tidak ada suara, atau PC tidak bersuara. Salah satu masalah yang seringkali terjadi sesaat menyalakan komputer atau laptop adalah tidak adanya suara, atau suara tiba-tiba hilang. Lalu, apa yang menyebabkan hal itu terjadi dan bagaimana cara mengatasinya?

Banyak hal yang menyebabkan komputer atau laptop tidak bisa mengeluarkan suara. Terkadang permasalahan ada pada hardware komputer dan laptop tersebut. Namun, tidak sedikit pula masalah timbul tenggelamnya suara pada komputer/laptop ini disebabkan oleh masalah pada software.
Cara Mengatasi Masalah Komputer atau Laptop Tidak Ada Suara
Maka untuk mengatasinya harus mengidentifikasi masalah terlebih dahulu. Mengecek satu persatu kerusakan atau penyebab hingga masalah itu terjadi. Untuk memudahkan penyebabnya, Anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini dalam mengatasi permasalahan pada komputer atau laptop yang tidak dapat mengeluarkan suara.

Solusi mengatasi komputer dan laptop tidak ada suaranya

Hal yang pertama perlu dilakukan ialah memeriksa Sound Card pada komputer atau laptop Anda. Dengan cara klik kanan pada Start (ikon windows, di pojok kiri bawah) => Control panel => System and security => lalu buka Device Manager pada menu system. Buka menu Sound, video dan game controllers. Hal tersebut untuk memastikan Sound Card sudah terinstal pada komputer atau laptop. Jika driver tersebut belum terinstal, maka akan ditandai dengan icon warning (tanda seru berwarna kuning) pada driver tersebut.

Baca juga: 6 Penyebab Laptop Mati Sendiri, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Jika masalah terdeteksi pada Sound Card, maka yang selanjutnya harus dilakukan ialah meng-update Driver software tersebut. Driver untuk masing-masing komputer atau laptop berbeda-beda, tergantung seri dari komputer/laptop tersebut. Jika masih mempunyai sc driver dari perangkat Anda, silahkan install driver Sound Card. Atau bisa download melalui internet jika cd drive telah hilang.

Jika driver sudah terinstal, maka Anda perlu melakukan settingan pada software driver itu. Pastikan semua volume yang ditampilkan pada pengaturan sound, berada pada tingkat maksimal.

Jika masalah yang sama terulang lagi, tiba-tiba suara hilang saat me-restart komputer/laptop, maka gunakan Troubleshooter pada Windows. Tools tersebut akan membantu dalam menemukan masalah yang terjadi pada komputer Anda lebih lanjut dan lebih detail. Dengan begitu akan sangat mudah mengetahui dan memperbaiki masalah yang terjadi pada komputer/laptop Andas.

Jika terdeteksi permasalahan, silahakan buka link berikut untuk perbaikan lebih lanjut http://go.microsoft.com/fwlink/?LinkId=260596. Setelah itu, pilih Open with diagnostics troubleshooting wizard, lalu tekan OK.

Demikian informasi tentang cara mengatasi komputer atau laptop yang tidak bisa mengeluarkan suara. Semoga membantu.
Advertisement