Apakah Bisa Akun Adsense Youtube dipasang pada Blogspot?

Tips Adsense kali akan akan membahas tentang sebuah pertanyaan tentang bisakah memasang akun adsense dari Youtube ke Blogspot/Blogger? Hal ini tentu saja menyangkut tentang perubahan kebijakan Google yang berlaku saat ini. Sebetulnya pada beberapa tahun sebelumnya, untuk menautkan antara akun Google Adsense dari Youtube ataupun Blogspot/Blogger dapat saling ditautkan satu sama lain. Artinya, akun Adsense dari manapun dapat dipasang pada keduanya.
Apakah Bisa Akun Adsense Youtube dipasang pada Blogspot?

Namun, beberapa tahun kemudian aturan pun dirubah. Akun Adsense yang di daftarkan melalui Youtube, tidak bisa lagi dipasang pada Blogger atau Blogspot, dan berlaku sebaliknya. Kecuali jika akun Adsense itu telah berstatus akun Adsense non-hosted.

Baca juga: Cara Agar Sukses Daftar Google Adsense Non Hosted Full Approve

Satu trik mudah mendapatkan akun Adsense, yaitu mendaftar melalui Youtube

Sebagian besar pasti sepakat untuk mendapatkan satu akun Adsense itu sulitnya bukan maen, apalagi buat pemula. Jangankan untuk mendapatkan akun Adsense Non-hosted akun Adsense Hosted pun terbilang begitu sulit didapatkan.

Hal tersebut diperparah dengan syarat yang harus dipenuhi oleh blog. Sebuah blog tidak boleh langsung di daftarkan begitu saja. Setidaknya beberapa proses dan capaian khusus perlu dipenuhi terlebih dahulu. Mulai dari navigasi template blog yang harus jelas (bukan blog versi beta), harus benar-benar memiliki visitor yang cukup, artikel atau postingan dengan jumlah tertentu, tingkat indeksi (ranking) di mesin pencarian yang harus memadai, dan lain sebagainya.

Seakan syarat itu dirasa kurang cukup, untuk menunggu konfirmasi pun perlu menunggu beberapa hari, bahkan berminggu-minggu.

Baca: Penyebab dan Solusi Penolakan Situs Tidak Sesuai Kebijakan Adsense

Dengan begitu, tidak berlebihan tentunya mengatakan bahwa mendaftar Adsense dari blog itu sangat sulit diterima. Sebuah alternatif yang lebih mudah untuk mendapatkan akun Adsense adalah dengan monetasi video di Youtube. Karena dipercaya, untuk mendapatkan akun Google Adsense dari Youtube cukup mudah.

Syaratnyapun tak sebanyak dan serepot mendaftar Google Adsense dengan blog. Yang diperlukan adalah sebagai berikut:
Satu email Google yang belum di daftarkan untuk Google Adsense sebelumnya
Membuat channel Youtube
Upload video original (buatan sendiri) di akun Youtube
Mendaftar akun Adsense langsung dari channel Youtube dengan mengaitkannya melalui tombol yang disediakan

Jangan lewatkan: Cara Memulai Jadi Youtuber Untuk Pemula Hingga Terkenal dan Berpenghasilan di Youtube

Setelah itu, silahkan menunggu sebentar. Beberapa kasus yang pernah mendaftar dan diterima dengan waktu yang kurang dari sejam saja. Akun Google Adsense pun siap digunakan, dengan status Hosted. Artinya, tidak dapat dipasang pada Blogspot/Blogger dan hanya bisa digunakan untuk memonetisasi video Youtube saja.

Lalu, bisakah akun Google Adsense dari Youtube bisa ditautkan atau dipasang ke blog?

Jawabannya adalah BISA. Untuk memastikan hal itu, silahkan temukan jawabannya lebih lanjut pada pernyataan Google pada laman support mereka. Namun syaratnya adalah akun Adsense tersebut harus diupgrade terlebih dahulu menjadi akun Non-hosted.

Untuk upgrade akun Adsense Hosted menjadi Non-hosted, Anda perlu sedikit repot dengan menyediakan satu blog atau website Top Level Domain (TLD), alias sudah memiliki domain pribadi, bukan dot blogspot dot com lagi.

Jika sudah memiliki blog yang TLD, silahkan melakukan beberapa langkah berikut ini:

  • Kunjungi link resmi Google Adsense, login dengan akun Adsense dari Youtube
  • Klik ikon gerigi, pilih setelah atau settings
  • Pilih menu dan klik Akses dan otorisasi
  • Pada bagian tampilkan iklan di situs web lain, silahkan isi dengan URL domain (TLD) yang ingin ditampilkan iklan Adsense
  • Lalu tekan tombol Kirim
  • Selanjutnya Anda diminta untuk membuat satu slot iklan dan memasang code iklan tersebut pada blog yang Anda daftarkan tadi.
  • Terakhir, Anda perlu menunggu review dari Google tentang pengajuan tersebut. Biasanya butuh beberapa hari, bahkan berminggu-minggu.

Pada tahap review tersebut, Anda perlu melakukan perlakuan khusus pada blog atau website yang Anda daftarkan tersebut, agar permintaan Anda tersebut dapat segera disetujui. Silahkan baca:

Jika blog/website Anda dianggap layak untuk menampilkan iklan Google Adsense, maka blog tersebut akan serta merta diterima. Dengan kata lain, dapat dipastikan bahwa akun Adsense Youtube yang tadinya berstatus Hosted akan berubah status menjadi Non-hosted.

Sekian informasi tentang tips Adense kali ini tentang Apakah Bisa Akun Adsense Youtube dipasang pada Blogspot? Semoga bermanfaat, terima kasih!

Advertisement