Demi Keamanan, Cek 5 Hal Ini Sebelum Download Aplikasi di Google Play Store

Google Play Store adalah toko aplikasi resmi dan terpercaya besutan Google. Toko yang biasanya sudah tertanam di smartphone Android, tanpa perlu repot mencari dan men-download-nya. Toko yang cukup sering dikunjungi pengguna Android karena memiliki banyak daftar aplikasi menarik. Aplikasi-aplikasi gratisan pun juga banyak dan hanya bermodalkan paket internet saja untuk bisa didownload.

Pertanyaannya, tahukah kamu bahwa ada sejumlah bahaya dari beberapa aplikasi di Google Play Store? Maksudnya, tidak semua aplikasi yang ada di toko tersebut aman dari malware. Data riset di awal Maret lalu menyebutkan, ada sekitar 132 aplikasi mengandung malware di Google Play Store.

Baca juga: Cara Jitu Bedakan HP Android Asli atau Palsu (KW, Replika, Supercopy)

Untuk itu, sebaiknya kita tidak sembarangan dan asal men-download di toko aplikasi tersebut. Proteksi smartphone kesayanganmu dengan memastikan aplikasi aman, sebelum di-download. Caranya, lakukan pengecekan terhadap 5 hal di bawah ini:

Demi Keamanan, Cek 5 Hal Ini Sebelum Download Aplikasi di Google Play Store

Cek Size Aplikasi yang Ingin Download

Aplikasi yang bagus biasanya memiliki size yang besar, namun hal ini tidaklah pasti. Pengecekan ini penting untuk menyesuaikan size aplikasi dengan ruang di memori internal dan eksternal smartphone kamu. Jika terlalu besar, berisiko membuat smartphone lelet, sering error, hingga boros kuota.

Selain itu, pengecekan juga bermanfaat untuk menyesuaikan sisa kuota dengan size-nya. Jangan sampai internet mati di tengah proses men-download, karena kehabisan kuota. Namun, jika hal ini sudah terjadi coba klik hyperlink ini. Link untuk membantu membeli saldo dan kuota dengan mudah, cepat, dan murah, khususnya untuk pengguna perdana XL.

Cek Jumlah Pengunduh Aplikasi Itu

Sulit membedakan mana aplikasi bagus dan jelek, mana aplikasi aman, hingga yang berbahaya di Google Play Store. Tapi kamu bisa lebih selektif dengan melihat total jumlah pengunduhnya. Aplikasi yang sudah diunduh lebih dari sejuta kali, termasuk bagus dan populer di Google Play Store.

Aplikasi tersebut cukup bisa dipercaya karena sudah banyak pengguna Android yang men-download. kamu juga akan merasa cukup aman mencoba men-download aplikasi, karena sudah dibuktikan jutaan kali.

Cek Rating, Ulasan, dan Review-nya

Jika kamu masih ragu dengan jumlah pengunduh, coba lakukan pengecekan pada rating, ulasan, dan riview untuk aplikasi tersebut. Semakin tinggi rating, berarti semakin populer aplikasi dan semakin banyak memiliki bintang. Namun, rating juga masih belum memberikan gambaran jelas tentang aplikasi.

Baca: Cara Mengatasi Game Android Close Tiba-tiba atau Keluar Sendiri

Untuk itu, cek juga ulasan atau petunjuk tentang aplikasi. Biasanya ulasan seputar fitur, kelebihan, dan contoh gambar aplikasinya. Baca dan tinjau secara detail, sebelum memutuskan memnggunakan pulsa atau kuota untuk men-download aplikasi tersebut. Jika mendadak kehabisan saldo, dapatkan segera secara mudah di Traveloka.

Selanjutnya, teruskan dengan membaca komentar dari para pengunduh sebelumnya. Komentar positif dan negatif dari para pengguna aplikasi sangat membantu memberikan gambaran jelas tentang aplikasi itu. Jika ulasannya cenderung baik, maka aplikasi bisa dimasukkan kategori aman dari malware.

Cek Permission-nya

Sebelum aplikasi di-download, umumnya akan muncul permission. Informasi yang memberitahumu bahwa aplikasi yang akan di-download membutuhkan akses tertentu di smartphone. Cek permission tersebut apakah masuk akal atau tidak.
Jika aplikasi tergolong sederhana, tapi meminta hal berlebihan, kamu patut merasa curiga. Contohnya aplikasi meminta akses kontak, data pribadi, dan sebagainya. Sebaiknya kamu berhati-hati dan lebih rinci membaca permission, demi kebaikan smartphone kesayangan.

Cek Antivirus yang Dimiliki

Jika kamu cukup sering mengakses dan men-download aplikasi, baiknya menggunakan antivirus khusus Android. Banyak pilihan antivirus besar dan terpercaya seperti Kaspersky, Avast, McAfee, dan lain-lain. Pilih salah satu untuk melindungi smartphone dari bahaya malware.

Untuk men-download antivirus ini bisa dari Google Play Store dan pastikan paket internet cukup, agar prosesnya lancar. Jika sudah memilikinya, pastikan antivirus tersebut aktif dan bisa bekerja. Dengan ini, kamu bisa merasa lebih aman dan nyaman mengunduh sejumlah aplikasi menarik dari Google Play Store.

Jangan lewatkan: Download Antivirus Android (APK) Terbaik dan Ringan

Lakukan 5 pengecekan seperti disebutkan di atas, sebelum men-download aplikasi di Google Play Store. Jadilah pengguna Android yang detail dan berhati-hati, demi keamanan, serta kenyamanan diri sendiri. Tentu akan sangat menganggu keseharian, bila smartphone terserang malware.

Virus berbahaya yang menurunkan kinerja smartphone, membuatnya cepat rusak, dan membahayakan data-data pribadi kamu. Yuk lakukan tindakan pencegahan sebelum kejadian tidak menyenangkan terjadi. Semoga bermanfaat!

Advertisement

This Newest Prev Post