Solusi Contact Form Tidak Berfungsi Bagi Blog yang Masih Menggunakan Domain .blogspot.com

Bagi pengguna custom template yang kode </body> pada template sudah diganti dengan kode &lt;!--</body>--&gt;&lt;/body&gt; kode <head> telah diganti dengan kode &lt;head&gt; dan kode </head> telah diganti dengan kode &lt;/head&gt;&lt;!--<head/>--&gt; serta masih menggunakan subdomain Blogger, dot blogspot dot com (namablog.blogspot.com), maka widget Contact Form tidak akan berfungsi, alias tidak bisa digunakan untuk mengirim pesan.
Solusi Contact Form Tidak Berfungsi

Namun bagi blog yang sudah berdomain TLD (top level domain), kayak .com, .net, .id dan lain sebagainya, meskipun pada html template kode </body> kode <head> dan kode </head> telah diganti dengan kode lain, contact form akan berfungsi. Cukup dengan mengikuti tutorial pada artikel: Mengatasi Contact Form yang Tidak Bisa Mengirim Pesan

Artinya, untuk membuat widget contact form agar bisa mengirim pesan kembali, berbeda caranya bagi yang sudah berdomain TLD dan yang masih menggunakan sub-domain Blogger.

Agar Contact Form dapat mengirim pesan, bagi blog yang masih menggunakan sub-domain Blogger (.blogspot.com)

#Langkah 1
Perlu diperhatikan, pastikan pada html template blog Anda kode <head> sudah diganti dengan kode &lt;head&gt; dan kode </head> pun sudah diganti dengan kode &lt;/head&gt;&lt;!--<head/>--&gt;

Jika sudah demikian, maka silahkan letakkan bundle kode berikut ini, tepat di bawah kode &lt;head&gt;
<link href='https://www.blogger.com/static/v1/widgets/304508860-css_bundle_v2.css' rel='stylesheet' type='text/css'/>

Catatan:
Jika pada template kode <head> dan </head> belum diganti, maka lewati langkah 1, langsung mengikuti langkah 2 berikut ini.

#Langkah 2
Temukan kode &lt;!--</body>--&gt;&lt;/body&gt; ganti dengan kode </body>

#Langkah 3
Silahkan coba demosntrasikan halaman/widget Contact Form di blog Anda dengan pura-pura mengirim pesan berisi keresahan Anda terkait kenaikan listrik dan ayam kampung, sekadang memastikan apakah widgetnya sudah benar-benar berfungsi atau belum.

Jika masih belum berfungsi atau bagi yang masih kebingungan memasang halaman Contact Form di blognya, silahkan ikuti tutorial tentang cara membuat widget Contact Form di halaman statis. Pastikan cara pemasangannya sudah sesuai seperti pada tutorial tersebut, khusus blog masih berdomain .blogspot.com.

Demikian, semoga membantu. Terima kasih!

Posting Komentar

Komentar telah ditutup. Jika ada yang perlu disampaikan terkait konten ini, silahkan kirim pesan lewat laman kontak.