Cara Membuat Warna Text Gradient dengan CSS

Masih sibuk ngutak-atik template blog? Ini ada beberapa baris css yang bisa dimainkan untuk mempercantik tampilan blog. Yaitu membuat gradient atau gradasi warna pada text dengan CSS. Misalnya gradient warna pada judul header blog (#header h1, #header h2) atau judul postingan (.post h1, .post h2).

Kalau mengubah background dengan gradient warna kan sudah biasa, tetapi kalau mengubah text atau judul blog menjadi gradient warna (warna-warni) itu biasa juga.
Cara Membuat Warna Text Gradient dengan CSS

Kalau Anda suka dengan hal tersebut, maka terapkanlah caranya di bawah ini. Niscaya blog/website Anda akan kebanjiran pengunjung, 2 atau 3 tahun lagi.

Pertama terlebih dahulu, yang perlu diketahui ialah:

Cara membuat text warna-warni (gradient) dengan CSS

Letakkan CSS berikut ini dibagan template mana yang ingin Anda buatkan gradient pada textnya. Misalnya pengen bikin gradient di judul postingan, maka tinggal tambahkan css-nya dibagian .post h1 dan .post h2, begitu seterusnya dan selanjutnya.

Adapun kodenya adalah sebagai berikut:

h1 {background: -webkit-linear-gradient(45deg, #08AADB, #f07328);-webkit-background-clip: text;-webkit-text-fill-color: transparent;}

Atau:

h1 {background:linear-gradient(45deg, #08AADB, #f07328);background-clip: text;text-fill-color: transparent;}

Atau mau digabungin keduanya boleh juga, gak masalah. Kode di atas sudah support Chrome, Opera dan Mozilla Firefox, yang terbaru.

Selamat mencoba.
Kode warna silahkan di sesuaikan. Begitu juga dengan tingkat kemiringan, ubah angka 45 dengan tanggal lahir Anda atau dua angka terakhir di tahun kelahiran Anda.

Terima kasih.


Advertisement