Cara Menghapus Driver VGA Sampai Bersih

Salah satu perangkat lunak yang wajid diinstal pada computer atau laptop adalah VGA, Video Graphics Array. Beberapa pengguna ada yang memilih untuk langsung mengupgrade VGA tersebut ke versi yang terbaru, guna ingin mendapatkan kinerja VGA yang maksimal dalam berbagai aktifitas saat pengoperasikan PC/laptop.
Cara Menghapus Driver VGA Sampai Bersih

Padahal cara tersebut kurang tepat dilakukan. Langsung mengupgrade driver VGA akan menyebabkan terjadinya beberapa masalah. Jika ingin menggunakan versi terbaru dari VGA, harusnya menghapus driver VGA yang lama terlebih dahulu.

Namun perlu diperhatikan, bahwa menghapus driver VGA melalui Control Panel masih akan menyisahkan file-file bekas instalasi. Dan sisa-sisa file versi sebelumnya ini akan menjadi bug yang nantinya akan menyebabkan error.

Maka untuk menghapus driver VGA sampai bersih hingga kebagian paling terkecilnya ialah sebagai berikut.

Cara hapus driver VGA hingga bersih di Windows

Pada tutorial kali ini akan menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama Display Driver Uninstaller dari Guru3D. Silahkan download versi terbaru dari software tersebut.

Pahami spesifikasi PC/laptop Anda. Jika processor AMD silahkan pilih yang AMD, jika NVIDIA silahkan pilih link yang ada tulisan NVIDIA.

Lalu buka file download, pilih Extract, maka akan terbuka beberapa source aplikasi lagi pada folder yang sama, salah satunya bertuliskan Display Driver Uninstaller. Pilih soure file tersebut.

Launch Option pilih Save Mode (Recommended). Lalu klik Reboot to save mode.
Cara Menghapus Driver VGA Sampai Bersih

Setelah PC/laptop kembali on, silahkan jalankan kembali aplikasi tadi. Terlebih dahulu pilih Graphic Driver yang ingin Anda hapus, seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut.
Cara Menghapus Driver VGA Sampai Bersih

Lalu menuju kebagian tiga option untuk menghapus driver VGA. Tapi yang diperhatikan hanya dua option saja. Yaitu, memilih Clean and Restart untuk menghapus drive sampai ke akar-akarnya, atau pilih Clean and Shutdown jika ingin menginstal driver VGA terbaru.
Cara Menghapus Driver VGA Sampai Bersih

Tunggu beberapa saat sampai proses selesai, setelah itu pc/laptop Anda akan restart atau shutdown dengan sendirinya.

Tips lainnya: Penyebab dan Cara Terbaik Mengatasi PC dan Laptop Mati Sendiri

Sampai computer/laptop kembali nyala, driver VGA Anda sudah terhapus bersih. Langkah selanjutnya adalah menginstall Driver VGA yang baru atau yang diinginkan.

Selesai.

Demikian artikel tentang cara menghapus driver VGA hingga bersih. Semoga membantu!

Posting Komentar

Komentar telah ditutup. Jika ada yang perlu disampaikan terkait konten ini, silahkan kirim pesan lewat laman kontak.