2 Cara Mengetahui Negara Asal iPhone dan iPad Dibuat dari Nomor Kode

Artikel kali ini akan membahas tentang bagaimana cara mengetahui kode negara pembuat produk Apple (iPhone dan iPad). Artinya, dengan kode negara ini Anda akan ketahui iPhone dan iPad Anda itu diproduksi atau berasal dari negara mana.

Setiap perangkat smartphone atau mobile pasti mempunyai beberapa nomor dan kode tersendiri untuk mengartikan sesuatu. Contohnya kode IMEI pada produk iPhone, yang ternyata kode IMEI inipun bisa dijadikan salah satu cara untuk cek asal iPhone dari negara mana.

Selain dengan nomor serial atau IMEI, ternyata ada satu cara lagi untuk bisa mengetahui dari mana asal negara pembuat iPhone atau iPad, yaitu dengan kode tertentu, yaitu kode Negara.
Cara Mengetahui Kode Negara Asal iPhone dibuat

Sebelum mengetahui cara melihat kode negara asal produk Apple dibuat, khususnya untuk iPhone dan iPad, silahkan Anda lihat terlebih dahulu daftar lengkap tabel kode negara, untuk preferensi ke tahap selanjutnya:

KODE NEGARA
AB Mesir, Yordania, Arab Saudi, Uni Emirat Arab
B Irlandia, Inggris, Juga digunakan untuk replacement
BR Brazil (Dirakit di Brazil)
BZ Brazil (Dirakit di Cina)
C Kanada
CH Cina
CZ Republik Ceko
D Jerman
DN Austria, Jerman, Belanda
E Meksiko
EE Estonia
FB Perancis, Luksemburg
FD Austria, liechtensein, Swiss
GR Yunani
HN India
ID atau SA Indonesia
IP Italia
HB Israel
J Jepang
KN Norwegia
KS Finlandia, Swedia
LA Kolombia, Ekuador, El Savador, Guatemala, Honduras, Peru
LE Argentina
LL Amerika Serikat
LZ Chili, Paraguay, Uruguay
MG Hongaria
NF Belgia, Perancis, Luksemburg
PL Polandia
PO Portugal
PP Philiphine
RO Rumania
RS Rusia
SL Slovakia
SO Afrika Selatan
T Italia
TA Taiwan
TU Turki
X Australia, Selandia Baru
Y Spanyol
ZA Singapura
ZP Hong Kong, Macau

Cara Mengetahui Negara Asal iPhone Diproduksi dari Box/dus iPhone

Ternyata untuk mengetahui kode regional negara asal pembuat iPhone tersebut dapat diketahui dengan tanpa menghidupkan smartphone iPhone atau iPad Anda. Cukup dengan cek bagian belakang-bawah kotak atau dus iPhone, disana akan tertera kode khusus sebagai informasi darimana asal iPhone ini dibuat.

Contoh, perhatikan yang ditandai pada gambar berikut ini:
Cara Mengetahui Kode Negara Asal iPhone dibuat

Terlihat pada bagian box iPhone tersebut terdapat kode LL, yang menandakan bahwa produk iPhone itu dibuat di negara USA, California, bukan produk China, India ataupun Indonesia.

Perhatikan juga bagian yang ditandai pada gambar berikut:
Cara Mengetahui Kode Negara Asal iPhone dibuat

Tertulis disana Assembled in China. Kebanyakan orang akan berpikir bahwa iPhone tersebut dibuat atau diproduksi di China.

Sebetulnya, maksud dari Assembled in China adalah bahwa iPhone atau iPad tersebut dirakit di China, kalau pembuatannya tetap mengacu pada kode negara yang tertera disamping kiri kode /A pada box produk iPhone atau iPad tersebut.

Cukup mudah bukan?

Bahkan sebelum membeli atau membayar iPhone dan iPad pun Anda sudah bisa mengetahui produk tersebut dibuat berasal dari negara mana, tidak perlu buka box dulu, tinggal lihat bagian keterangan di box iPhone tersebut.

Cek negara asal iPhone atau iPad dibuat melalui menu Setting

Bagi yang sudah terlanjur memilik iPhone atau iPad namun belum mengetahui dari mana produk tersebut dijual, serta penasaran ingin mengetahuinya, berikut caranya:

1. Masuk ke menu Settings
2. Lalu General
3. Pilih About
4. Scroll hingga bagian bawah, lihat kolom Model
melihat kode negara asal iPhone dibuat

Satu atau dua huruf sebelum tulisan /A adalah kode negara asal iPhone itu dibuat. Cara menentukannya sama seperti melihat kode di box iPhone seperti pada tutorial sebelumnya.

Bagaimana jika tidak terdapat kode negara pada hp iPhone atau iPad? Kemungkinan terbesar bahwa hp Anda tersebut adalah produk HDC atau replikai (super-copy, king copy) alias bukan iPhone dan iPad Asli.

Sumber tabel: Suatekno.id

Posting Komentar

Komentar telah ditutup. Jika ada yang perlu disampaikan terkait konten ini, silahkan kirim pesan lewat laman kontak.