Cara Mudah Mengubah Script Iframe Menjadi 100% SEO

Tutorial blogger kali ini tentang cara mengubah script/kode iframe menjadi SEO. Artinya, tidak akan terdeteksi oleh chkme.com (SEO Checker) menjadi kode yang merusak peringkat SEO blog/website.
Cara Mudah Mengubah Script Iframe Menjadi 100% SEO

Penggunaan kode iframe memang tidak dianjurkan untuk blog yang masih menggunakan HTML5 atau HTML non-AMP. Karena dampaknya akan sangat buruk bagi SEO. Biasanya kode iframe ini diperoleh dari embed video Youtube atau script iframe fanpage Facebook, dan script video Vimeo, kode chatbox, script iklan dan lainnya.

Lalu, apa itu iframe? Iframe juga diartikan sebagai bingkai, yang menampilkan webpage lain pada halaman tertentu. Dengan menggunakan iframe, berarti akan membuat browser seperti akan memuat dua halaman sekaligus, yaitu halaman yang diletakkan iframe, dan link yang ada pada kode iframe tersebut.

Hal inilah yang mengakibatkan penggunaan iframe sangat tidak direkomendasikan. Karena sangat buruk pada SEO. Dalam kalimat lain, masing-masing halaman blog tidak menjadi SEO friendly, menjadi loading.

Lalu bagaimana merubah kode/script iframe menjadi SEO? Berikut cara modifikasinya!

Tips merubah script iframe menjadi SEO

Adapun tips kali ini kita hanya akan sedikit memodifikasi kode yang memuat unsur iframe. Jadi sebelum meletakkan kode ini ke blog atau website Anda, pastikan memodifikasi kode tersebut seperti berikut ini.

Misalnya kode iframe untuk fanpage seperti berikut ini:
<iframe src="https://www.facebook.com/plugins/like.php?href=https%3A%2F%2Fwww.facebook.com%2Fbungfrangkicom%2F&width=450&layout=standard&action=like&size=small&show_faces=true&share=true&height=80&appId=331877810604617" width="450" height="80" style="border:none;overflow:hidden" scrolling="no" frameborder="0" allowTransparency="true"></iframe>

Yang dimodifikasi adalah sebagai berikut:
Kode <iframe ganti menjadi <object
Kode src ganti menjadi data
Kode </iframe> ganti menjadi </object>

Sehingga hasilnya menjadi seperti ini:
<object data="https://www.facebook.com/plugins/like.php?href=https%3A%2F%2Fwww.facebook.com%2Fbungfrangkicom%2F&width=450&layout=standard&action=like&size=small&show_faces=true&share=true&height=80&appId=331877810604617" width="450" height="80" style="border:none;overflow:hidden" scrolling="no" frameborder="0" allowTransparency="true"></object>



Setelah itu, silahkan di preview dulu apakah kodenya berhasil. Jika widgetnya tampil, berarti cara merubah kode iframe sudah berhasil.

Bagaimana merubah kode iframe video Youtube menjadi SEO? Caranya sebetulnya kurang lebih persis seperti cara di atas. Tetap dimodifikasi terlebih dahulu seperti pada catatan di atas, contoh:

Misalnya kode iframe video Youtube seperti ini:
<iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/1kU5FrNbQ0k" frameborder="0" allowfullscreen></iframe> 

Maka hasil modifikasinya akan menjadi seperti ini:
<object width="560" height="315" data="https://www.youtube.com/embed/1kU5FrNbQ0k" frameborder="0" allowfullscreen></object>



Setelah itu, simak dulu tutorial tentang cara membuat loading blog seperti di Youtube.

Demikian, semoga membantu!
Advertisement