Smartphone Masa Kini Harusnya Punya 9 Fitur Ini

Artikel kali ini semacam tips sebelum membeli smartphone atau hp, baik itu berplatform Android, iOS (iPhone) dan lainnya. Setiap orang pasti punya preferensi tersendiri saat memilih hp. Ada yang lebih mementingkan kamera, tampilan, RAM, brand tertentu, processor, enak saat main game, harga dan lain sebagainya.
tips membeli smartphone baru

Berangkat dari semua itu, sebelum memilih hp, setidaknya Anda memperhatikan beberapa fitur bawaan yang disematkan dalam smartphone tersebut. Mungkin beberapa fitur yang akan disebutkan di bawah ini kurang familiar di telinga Anda.

Tetapi tidak menutup kemungkinan beberap fitur diantaranya ialah fitur “masa depan” yang pasti akan sangat dibutuhkan dikemudian hari.

Tips sebelum membeli hp, pertimbangkan untuk cek keberadaan 9 fitur ini di hp pilihan Anda

Tak perduli apapun smartphone yang hendak Anda beli, setidaknya punya sebagian besar dari beberapa fitur di bawah ini. Entah itu di hp iPhone, Samsung Galaxy, Xiaomi, Asus Zenfone, Oppo, Vivo, LG, Nokia, dan perangkat smartphone lainnya.

1. Fitur Aplikasi Ganda

Terutama bagi preferensi pilihan hp yang cenderung ke Android, pastikan bahwa hp tersebut memiliki fitur aplikasi ganda. Dalam kalimat lain, hp tersebut dapat menggunakan dua aplikasi sekaligus, tanpa harus install aplikasi cloning atau pengganda aplikasi dari pihak ketiga.

Hal ini patut diperhitungkan bagi Anda pengguna aktif aplikasi WhatsApp. Mengingat slot SIM Card yang disediakan oleh kebanyakan smartphone yang beredar ialah menyematkan dual SIM card, atau setidaknya Nano SIM card. Dengan fitur aplikasi ganda ini, maka Anda dapat menggunakan 2 WhatsApp dalam 1 ponsel.

Lebih-lebih jika Anda yang juga aktif di social media, untuk keperluan bisnis misalnya. Tentu saja keberadaan fitur aplikasi ganda ini sangat amat membantu. Hal itu lebih baik, daripada harus menggunakan dan membawa 2 ponsel kemana-mana.

2. Fitur NFC (Near-field communication)

Fitur NFC (Near-field communication) untuk cek saldo

Dapat dipastikan sebagian besar pengguna smartphone belum mengetahui fitur NFC ini, apalagi menggunakannya. NFC merupakan salah satu sensor yang biasa disematkan di dalam smartphone.

Fungsi NFC memungkinkan smartphone kita sebagai alat pembayaran, permainan multiplayer, atau berbagi musik, foto dan dokumen dengan lebih efisien. Dengan NFC Anda tidak perlu membawa dompet atau kartu kredit secara fisik untuk berbelanja cukup membawa smartphone anda yang memiliki fungsi NFC. Artinya, dengan fitur NFC tersebut, Anda dapat melakukan payment dengan mudah.

Sayangnya, tidak semua smartphone menyematkan fitur NFC sebagai alat pembayaran, karena masih terbentur masalah hukum dan lainnya.

Pada beberapa smartphone fitur NFC lebih banyak dimanfaatkan untuk mengecek saldo rekening secara cepat, dengan cara mendekatkan kartu ATM ke sensor NFC. Walau cuma bisa cek saldo, menurut saya sudah lumayan. Daripada harus buka browser atau cek saldo di aplikasi.

Mungkinkan suatu saat fungsi NFC ini bisa benar-benar digunakan untuk melakukan transaksi atau payment? Kita tunggu saja pada update-update smartphone berikutnya.

3. Dual Camera Belakang dengan Fitur Bokeh-bokehan

Bagi pengguna yang preferensi cenderung ke kualitas kamera, Anda harus mempertimbangkan untuk memilih hp yang sudah punya dual camera.

Mengapa demikian? Karena mengingat inovasi semakin berkembang dengan pesat dan cepat, maka eksistensi smartphone yang hanya punya satu kamera di bagian belakang akan terkikis dan tertindih oleh smartphone yang punya fitur dual camera dibagian yang sama.

Bahkan sudah ada smartphone yang mulai menerapkan dual camera dibagian depan dan belakang. Artinya, dalam 1 smartphone terdapat 4 kamera yang disematkan.

Unsur dual kamera dipercaya lebih bagus digunakan untuk mengambil gambar bokeh-bokehan. Meskipun pada 1 kamera juga bisa menghasilkan unsur bokeh tersebut. Hanya saja smartphone yang mengusung dual camera di belakang lebih terlihat modis dalam unsur fotografi di hp daripada yang hanya punya 1 camera belakang.

Baca juga: 2 Aplikasi Terbaik Membuat Photo Menjadi Video di Android

4. Mendukung Fitur OIS (Optical Image Stabilization)

Dual camera dengan fitur OIS (Optical Image Stabilization)

Masih berbicara dengan fitur di bagian kamera smartphone. Selain unsur fitur bokeh, tak lupa juga mempertimbakan fitur satu ini. Fitur OIS ini ialah teknologi yang biasa disematkan pada kamera DSLR, yang bisa diartikan sebagai penstabil gambar secara optic, atau juga dikenal sebagai anti guncangan (anti shake).

Dilihat dari istilahnya, tentu saja fitur ini berfungsi untuk meminimalisir guncangan saat hendak mengambil gambar atau merekam video menggunakan smartphone. Sehingga hasilnya terminimalisir dari blur, atau hasil video tidak guncang-guncang.

Bagi Anda yang bermaksud untuk membuat vlog, fitur ini wajib ada pada smartphone yang hendak Anda beli. Sebab pengambilan video dengan smartphone berfitur OIS akan lebih stabil.

5. Minimal RAM 3 GB

Sudah paling ideal smartphone zaman now itu menggunakan RAM 3 GB, itupun standarnya saja. Mengapa demikian? Karena update-update aplikasi zaman now juga lebih besar ukurannya daripada beberapa bulan sebelumnya.

Tak perduli dibagian mana preferensi Anda dalam memutuskan untuk membeli hp baru, pastikan bawah hp tersebut memiliki RAM yang minimal berkapasitas 3 GB.

Di bawah dari itu, jangan harap Anda bisa dengan tenang menggunakan smartphone dalam jangka waktu yang lama. Apalagi jika Anda punya jam terbang yang tinggi dengan smartphone Anda, entah itu untuk keperluan main game, chatting, browsing dan lainnya, maka kinerja RAM sangat dibutuhkan.

6. Dual SIM Card

Fitur ini bisa dibilang adalah opsional saja. Tapi fitur dual sim card ini sangat dianjurkan bagi siapa saja yang menjadikan hp miliknya sebagai alat untuk berbisnis “penghasil uang”.

Fitur dual SIM card jika dibarengi dengan fitur aplikasi ganda, maka ini akan lebih baik. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan 2 aplikasi seperti WA sekaligus dalam 1 hp.

Jadi, idealnya sebuah smartphone yang bagus itu punya dual SIM, bukan nano SIM apalagi mono SIM card.

7. Fitur Fastest Charging

Salah satu fitur masa depan lainnya yang harusnya disematkan pada smartphone ialah fitur fastest charging. Terutama para gaming mobile, fitur ini akan sangat berfaedah.

Tidak perlu lama-lama menunggu hp hingga sampai terisi penuh. Apalagi mengingat sangat tidak dianjurkan untuk menggunakan hp saat sedang di charge. Tentu saja kehadiran fitur ini akan sangat menolong pada pengguna yang tidak sabaran untuk secepat mungkin memainkan smartphonenya.

8. Fitur Always On Display

Fitur ini bisa dibilang inovasi terbaru yang cukup positif disematkan pada smartphone. Tidak hanya menggantikan fitur LED notification, fitur always on display bisa dibilang lebih dari LED notification.

Sebab dengan fitur always on display, meskipun perangkat dalam keadaan sleep (locked), layar hp tetap memberikan informasi serta notifikasi yang berguna, seperti waktu dan tanggal, paggilan masuk, SMS, serta pesan/notifikasi dari aplikasi tertentu.

9. Resolusi

Resolusi memang bukan bagian dari fitur, tetapi ini adalah bagian terpenting yang patut dipertimbangkan sebagai calon pembeli untuk memilih smartphone baru.

Idealnya sebuah smartphone itu minimal mengusung layar Full HD (FHD), atau dengan resolusi 1080x1920 pixel. Biasa juga disebut dengan 1080p.

Bagian resolusi adalah tambahan preferensi bagi Anda yang ingin mendapatkan pengalaman luar biasa saat ingin mendapatkan hasil terbaik dalam video recording, pengambilan gambar/photo, serta menonton video di Youtube dan lain sebagainya.

Ukuran layar tidak begitu krusial, asal resolusinya sudah memadai. Smartphone dengan resolusi 720p saat ini sudah semakin ketinggalam. Jadi pastikan smartphone yang Anda incar tersebut sudah beresolusi minimal 1080p, atau paling bagus sudah mendukung resolusi 4K.

Itu dulu fitur-fitur yang perlu diperhitungkan sebelum memilih untuk membeli smartphone baru. Mungkin masih ada fitur yang canggih yang berfaedah lainnya, silahkan tambahkan pada kolom komentar di bawah ini.
Advertisement