Review iPhone 7 Plus, Spesifikasi dan Harga

Review Spesifikasi dan Harga Serta Kelebihan dan Kekurangan iPhone 7 Plus - Seperti yang kita ketahui, sebelum Apple hadir dengan iPhone 8-nya, pabrikan smartphone ternama ini juga pernah menggemparkan pasar smartphone dunia dengan salah satu variannya yang dilabeli nama iPhone 7. Yang juga sempat menimbulkan hype luar biasa di kalangan pecinta smartphone pada tahun 2016 yang lalu.
Review iPhone 7 Plus, Spesifikasi dan Harga

Tak heran memang, mengingat sebelum perilisannya smartphone ini disebut-sebut sebagai ponsel tercanggih saat itu.

Apalagi setelah jatuhnya pamor Samsung Galaxy S7 yang mengalami banyak masalah, iPhone 7 seakan berjalan sendiri menuju puncak kepopulerannya. Dan faktanya memang demikian, smartphone ini berhasil meraih sukses besar bahkan pada saat hari pertama perilisannnya.

Nah, berbicara mengenai iPhone 7, tentunya smartphone ini tidak dirilis sendirian melainkan membawa versi lain, yakni iPhone 7 Plus. Adanya kata Plus di belakang nama smartphone tersebut tentu untuk menguatkan bahwa varian ini memiliki spesifikasi dan fitur yang lebih baik.
Penasaran kira-kira seperti apa spesifikasi detail dari iPhone 7 Plus ini? Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Spesifikasi dan harga Serta Kelebihan dan Kekurangan iPhone 7 Plus


Build Quality

Review iPhone 7 Plus, Spesifikasi dan Harga
Dari sektor bodi atau build quality, nampaknya Apple berhasil menghadirkan smartphone flagship yang sangat nyaman untuk dipegang dan dioperasikan serta tampilan yang sangat elegan berkat digunakannya material full metal di seluruh bodinya.

Sedangkan untuk dimensinya sendiri, smartphone ini memiliki ukuran 158.2 x 77.9 x 7.3 mm, dengan bobot 188 gram. Sementara untuk masalah dukungan konektivitas dan juga telekomunikasi jaringan, iPhone 7 Plus sudah dibekali dengan micro USB v2.0 dan juga dukungan Single SIM.

Review lainnya: Spesifikasi dan Harga iPhone X, Kelebihan dan Kekurangannya

Sensor

Seperti layaknya smartphone-smartphone flagship pada umumnya, iPhone 7 Plus juga telah dilengkapi dengan berbagai sensor yang menarik dan juga tentunya fungsional. Sensor-sensor tersebut diantaranya ada fingerprint, compass, gyro, proximity, barometer, ambient light, dan accelerometer.

Display

Review iPhone 7 Plus, Spesifikasi dan Harga
Bodi elegan dan premium yang dimiliki iPhone 7 Plus tentu tidak lengkap kalau tidak memiliki layar yang berkualitas, untuk itu disini Apple menghadirkan sebuah layar berkualitas tinggi yang siap memanjakan mata para penggunanya.

Di bagian ini iPhone 7 Plus telah dibekali dengan layar seluas 5,5 inch dengan teknologi LED - Backlit IPS LCD Capacitive beresolusi 1080 x 1920 pixels yang juga sudah dilengkapi dengan pelapis ion strengthened glass, dan oleophobic coating.

Perlu diketahui juga kalau iPhone 7 Plus ini sudah mengantongi sertifikat IP67 yang menunjukkan bahwa smartphone tersebut tahan air dan debu.

Konektivitas

iPhone 7 Plus sangat mendukung kegiatan konektivitas dari penggunanya dengan dilengkapinya smartphone ini dengan fitur konektivitas yang lengkap. Beberapa fitur konektivitas yang dimiliki smartphone ini antara lain, Bluetooth versi terbaru, Wi-Fi Direct, GPS, A-GPS, Dual Band, NFC, GLONASS, Infrared, hotspot, dan lain-lain.

Sedangkan untuk masalah jaringannya, tentu saja iPhone 7 Plus sudah mendukung jarigan 4G LTE dan jaringan-jaringan cepat lain.

Processor

Review iPhone 7 Plus, Spesifikasi dan Harga
Setelah mengetahui sektor terluar dari smartphone ini, kini saatnya kita membedah bagian dalam dari iPhone 7 Plus. Seperti yang kita tahu, produk-produk iPhone terkenal memiliki performa yang tinggi tak terkecuali iPhone 7 Plus.

Untuk menghadirkan performa tinggi tersebut, iPhone 7 Plus mengusung chipset Apple A10 Fusion yang dikombinasikan dengan CPU Quad-Core berkecepatan 2.34 GHz. Sedangkan untuk masalah grafisnya, iPhone 7 Plus mengAndalkan PowerVR Series7XT Plus.

Memory

Di bagian sektor penyimpanan, Apple menyediakan 3 versi berbeda dari smartphone unggulannya ini. Yang pertama adalah memori internal dengan kapasitas 32 GB, yang kedua 64 GB, dan yang paling besar 128 GB.

Seluruhnya sudah tidak terdapat slot micro SD karena kapasitas yang ada dirasa sudah cukup besar. Sedangkan untuk mendukung dapur pacu, smartphone ini sudah dibekali dengan RAM 3 GB.

Baterai

Sebagai smartphone flagship, iPhone 7 Plus sudah terbilang cukup untuk masalah baterai. Smartphone ini dibekali dengan baterai jenis Li-ion berkapasitas daya 2.900 mAh (non removable).

Kamera

Review iPhone 7 Plus, Spesifikasi dan Harga
Dari segi fotografi, nampaknya kamera-kamera yang dimiliki iPhone 7 Plus masih bisa dibilang setara dengan smartphone-smartphone camera oriented pada umumnya.

Di bagian belakang, Anda bisa menemukan dual kamera dengan masing - masing resolusi 12 MP lengkap dengan fitur OIS, LED Flash, dan juga autofocus, sedangkan di bagian depan menggunakan kamera 7 MP. Kedua kamera ini sudah terbilang sangat baik untuk mengambil foto dengan warna yang cerah, tajam, baik saat banyak cahaya atau minim cahaya.

Bandingkan dengan: Spesifikasi dan Harga iPhone 8 Plus

Kelebihan iPhone 7 Plus

  • Desain premium khas smartphone flagship, struktur build quality sangat solid dan kokoh
  • Support 4G LTE
  • Layar besar 5.5 inchi dengan resolusi full HD serta kerapatan piksel mencapai 401 ppi, dan mengusung color gamut.
  • RAM 3 GB, lumayan besar. 
  • Internal 32/64/128 GB
  • Menggunakan Apple A10 Fusion + Quad Core 2.34 GHz
  • Mengusung GPU powerVR 7XT GT7600 membuat performa gaming iPhone 7 Plus ini sangat memuaskan.
  • Kamera belakang 12 MP dan depan 7 MP
  • Baterai Li ion 2.900 mAh
  • Dibekali dual audio stereo
  • Memiliki sertifikat IP67, tahan air dan debu. Meskipun tidak dianjurkan untuk mencemplungkan hp ke air.
  • Performa 2x lebih cepat dari iPhone 6

Kekurangan iPhone 7 Plus

  • Tidak ada slot micro SD
  • Masih setia dengan menggunakan 1 slot SIM Card
  • Baterai non removable
  • Kelemahan body full-metal yang kerasa licin dan gampang jatuh saat digenggam.
  • Port jack audio 3.55 mm (port earphone) dihilangkan, gak bisa pake headset bro, harus pasang dulu konektor lightning to jack audio 3.55 mm.
  • Kapasitas baterai yang masih terbilang kecil untuk sekelas smartphone flagship
  • Body mudah tergores dan terceplak sidik jari.

Harga iPhone 7 Plus

Review iPhone 7 Plus, Spesifikasi dan Harga

Berdasarkan informasi yang kami dapatkan dari toko-toko online ternama, harga smartphone ini ada pada kisaran 12 jutaan. Nah, dengan beragam fitur yang tersemat di atas, Plus nama besar iPhone di belakangnya, tak heran jika iPhone 7 Plus ini, banyak yang mencari meski di banderol dengan harga selangit.

HargaRp 12 jutaan - 16 jutaan
JaringanGSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE
Kartu SIMNano SIM
LayarTipe LED-backlit IPS LCD capacitive touchscreen, 16 juta warna, ukuran 5.5″, Resolusi 1080 x 1920 pixels, Multitouch, Ion-strengthened glass, oleophobic coating
Sistem OperasiiOS 10.0.1, upgradable to iOS 10.2
ChipsetApple A10 Fusion
ProsesorQuad-core 2.34 GHz (2x Hurricane + 2x Zephyr)
GPUPowerVR Series7XT Plus (six-core graphics)
Internal32/128/256 GB, GB, 3 GB RAM
KameraBelakang Dual 12 MP, (f/1.8, 28mm & f/2.8, 56mm), phase detection autofocus, 2x optical zoom, OIS, quad-LED (dual tone) flash
Depan 7 MP, f/2.2, [email protected], [email protected], face detection, HDR, panorama
Video [email protected], [email protected],[email protected], [email protected]
Fitur 1/3″ sensor size @ 28mm, 1/3.6″ sensor size @ 56mm, geo-tagging, simultaneous 4K video and 8MP image recording, touch focus, face/smile detection, HDR (photo/panorama)
KonektifitasWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, hotspot
Bluetooth v4.2, A2DP, LE
A-GPS, GLONASS
NFC (Apple Pay Only)
USB v3.0, reversible connector
BateraiNon-removable Li-Ion 2900 mAh battery (11.1 Wh)
AnTuTu Benchmark182.000 poin
WarnaJet Black, Black, Silver, Gold, Rose Gold
Advertisement