Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J5 Prime

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J5 Prime - Eksistensi Samsung J series nampaknya tidak menampakkan tanda-tanda penurunan. Hal ini setelah sang produsen kembali mampu merilis seri terbarunya pada bulan Oktober tahun lalu (2016) dimana seri terbaru tersebut diberi nama Samsung Galaxy J5. Nah, Samsung Galaxy J5 ini sendiri masih memiliki dua varian lagi, yakni Samsung Galaxy J5 Pro dan Samsung Galaxy J5 Prime.
Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J5 Prime

Kehadiran seri terbaru dari J series ini tentunya membawa tujuan yang masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya yakni sebagai ajang penyegaran, pengaplikasian teknologi terbaru, dan juga perbaikan di berbagai sisi dibandingkan dengan seri-seri sebelumnya.

Berbicara mengenai dua seri Galaxy J5, yakni Samsung Galaxy J5 Prime dan Samsung Galaxy J5 Pro tentunya memiliki keunggulannnya masing-masing.

Spesifikasi dan harga Samsung Galaxy J5 Prime

Dan untuk kali, kami akan mereview Samsung Galaxy J5 Prime. Nah, untuk detailnya akan diulas mengenai build quality, sensor, display, konektivitas, processor, memory, kamera, baterai dan faktor ekstra dari smartphone Samsung Galaxy J5 Prime ini.

Build Quality

Seperti biasa, kita awali pembahasan kali ini dari sektor build quality, di sini Samsung Galaxy J5 Prime sudah dibuat dengan dimensi yang kompak dan pas digenggaman, untuk detailnya sendiri, smartphone ini memiliki dimensi panjang 142.8, lebar 69.5, dan tebal 8.1 mm.

Ukuran yang tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar ini tentu memudahkan penggunanya untuk mengoperasikan Samsung Galaxy J5 Prime menggunakan satu atau dua tangan.

Sementara itu di bagian bodi tentunya Samsung sudah membuat smartphone J series terbarunya tersebut dengan material full metal sehingga terlihat lebih mewah dan futuristik. Tak ketinggalan di salah satu sisi smartphone kita juga dapat menemukan port micro USB 2.0 yang juga dilengkapi dengan fitu OTG (On The Go).

Sedangkan untuk dukungan telekomunikasi, smartphone ini juga telah dibekali dengan dual slot nano SIM yang dapat digunakan langsung secara bersamaan atau digunakan salah satunya saja.

Bandingkan dengan Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J7 Plus

Sensor

Review Samsung Galaxy J5 Prime

Sebagai smartphone yang akan bersaing di kelas menengah, tentunya Samsung Galaxy J5 Prime sudah dibekali dengan berbagai sensor berkualitas dengan akurasi tinggi seperti Accelerometer, compass, proximity, dan tentunya fingerprint sebagai sensor pengaman data dalam smartphone.

Display

Beralih ke sektor layar. Di bagian ini Samsung telah membekali Samsung Galaxy J5 Prime dengan layar berkualitas menengah di kelasnya. Dengan berbekal layar berukuran 5.0 inch resolusi 720 x 1280 pixels dan juga teknologi IPS Capacitive LCD layar ini sudah dapat menampilkan visualisasi berkualitas yang jernih dan juga tajam.

Selain itu layar milik Samsung Galaxy J5 Prime juga telah dibekali dengan pelindung layar sehingga anda tak perlu khawatir layar tersebut akan rusak ketika tergores benda tajam.

Konektivitas

Review Samsung Galaxy J5 Prime

Sama seperti smartphone lain di kelas yang sama, Samsung Galaxy J5 Prime juga telah mendukung berbagai jaringan yang ada saat ini mulai dari 2G GSM, 3G HDSPA, hingga 4G LTE. Hal ini tentu akan sangat memudahkan para penggunanya untuk mengkustomisasi jaringan.

Sedangkan untuk fitur-fitur dasar transfer file, notifikasi, dan lain-lain Samsung Galaxy J5 Prime memiliki Bluetooth v4.1, A2DP, A-GPS, GLONASS / BDS, Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot, dan Wi-Fi Direct.

Bandingkan dengan Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J7 Prime

Processor

Review Samsung Galaxy J5 Prime

Selain layar, ternyata prosessor yang diusung oleh Samsung Galaxy J5 masih bisa dibilang berada di kelas menengah. Di bagian ini Samsung Galaxy J5 dibekali dengan prosessor Quad-core berkecepatan 1.4 GHz Cortex A-53.

Meskipun demikian performa yang dihasilkan komponen-komponen tersebut agaknya sudah cukup untuk menghasilkan performa maksimal yang memudahkan penggunanya.

Sementara itu di sektor software, Samsung Galaxy J5 masih menggunakna OS Android Marshmallow v6.1. Hal ini cukup disayangkan mengingat para pesaingnya rata-rata sudah menggunakan Android Nougat v7.0.

Memory

Salah satu kelemahan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy J5 adalah sektor memori. Sebagai smartphone berlabel mid-end, tentu saja sangat disayangkan mengetahui fakta bahwa smartphone ini hanya dibekali dengan memori internal 16 GB saja.

Beruntung Samsung masih memberikan slot micro SD yang dapat dimanfaatkan dengan batas kapasitas maksmial yang boleh digunakan adalah 256 GB.

Tak lupa smartphone ini juga memiliki RAM sebeasar 2 GB yang siap membantu kinerja dapur pacu untuk mengurangi gangguan-gangguan pada saat berjalannya sebuah program atau aplikasi.

Baterai

Untuk masalah suplai daya, Samsung Galaxy J5 hanya dibekali dengan baterai berkapasitas 2.400 mAh tipe Li-ion non removable. Baterai ini juga diketahui tidak dilengkapi dengan fitur fast charging.

Bandingkan dengan Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A5 2017

Kamera

Beranjak ke sisi fotografi. Nah, di bagian ini Samsung Galaxy J5 bisa dibilang cukup menonjol. Bagaimana tidak, di belakang saja smartphone ini dibekali dengan kamera beresolusi tinggi di kelasnya, yakni 13 MP lengkap dengan fitur touch focus, face detection, HDR, panorama, Geo tagging, LED Flash, dan tentunya autofocus. Kamera ini juga mampu merekam video hingga kualitas 1080p@30 fps.

Sedangakan di bagian depan, terdapat kamera beresolusi 5 MP f/2.2 yang siap memenuhi hasrat selfie setiap penggunanya.

Faktor extra

Tidak banyak fitur-fitur menarik yang dimiliki Samsung Galaxy J5, beberapa keunggulan yang dimiliki oleh smartphone ini adalah kemampuan multitaskingnya sangat baik karena memiliki 2 GB RAM, sistem keamanan super ketat dengan adanya fingerprint.

Harga

Hingga kini, harga smartphone produksi Samsung tersebut dibanderol dengan harga sekitar 2,3 jutaan. Harga yang menarik bukan? Mengingat fitur dan kwalitas yang didapat.

HargaRp 2,6 jutaan
StatusDirilis Oktober 2016
BodiFull Metal
ProsesorExynos 7570 Quad Core
GPUMali-T720
RAM2 GB
Storage16 GB
Layar5.0 inches, 720 x 1280 pixels
KameraKamera belakang: 13 MP & Kamera depan: 5 MP
Baterai2.400 mAh
Sistem OperasiMarshmallow
Jaringan2G GSM, 3G HDSPA, 4G LTE
KonektivitasBluetooth v4.1, A2DP, A-GPS, GLONASS / BDS, Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot, dan Wi-Fi Direct
Advertisement