Spesifikasi dan Harga iPhone X

Review Spesifikasi dan Harga Iphone X Lengkap - Pertengahan bulan September 2017 ini akhirnya Iphone secara resmi merilis smartphone terbarunya yang selama ini banyak diperbincangkan di kalangan pecinta gadget dan teknologi yakni Iphone 8, Iphone 8 Plus, dan Iphone X. Salah satu dari ketiga smartphone tersebut yang bernama Iphone X ternyata berhasil menarik perhatian masyarakat hingga viral di media sosial.
Review Spesifikasi dan Harga Iphone X Lengkap

Pantas saja, karena Iphone X merupakan salah satu variant produk yang sengaja dibuat oleh Apple sebagai penAnda 10 tahun perjalanan Iphone di industri mobile dunia. Sebagai smartphone yang ikonik, tentu saja Iphone X akan menyasar pasar tertinggi dan tentunya dibekali dengan komponen-komponen berkelas.

Kira-kira seperti apa ya spesifikasi smartphone yang sempat heboh di berbagai forum online ini? Penasaran? langsung saja simak review lengkapnya berikut ini.

Spesifikasi dan harga Iphone X, Kelebihan dan Kekurangan


Build Quality

Review Spesifikasi dan Harga Iphone X Lengkap
Seperti biasa, kita awali pembahasan kali ini dari sektor bodi terlebih dahulu. Di bagian ini, Iphone X memiliki desain yang begitu elegan. Hal ini terlihat dari penggunaan material full metal pada bodi dan juga desain tanpa bingkai atau bezelless pada layarnya.

Begitu pula dengan dimensinya yang sangat nyaman untuk digenggam dan dioperasikan. Detail dari dimensi smartphone ini adalah 143.6 x 70.9 x 7.7 mm, dengan bobot yang cukup ringan, yakni 174 gram.

Sedangakn di sisi lain, smartphone ini juga tetap akan menyediakan dual slot SIM yang keduanya dapat diaktifkan secara bersamaan untuk mendukung aktivitas komunikasi, lalu untuk sistem konektivitasnya, Iphone X juga memiliki port micro USB dengan dukungan fitur OTG.

Bandingkan dengan Spesifikasi dan Harga iPhone 8 Plus

Sensor

Review Spesifikasi dan Harga Iphone X Lengkap
Selain memiliki bodi yang elegan dan juga dimensi yang kompak, smartphone terbaru Andalan Apple ini juga telah dibekali dengan sensor-sensor yang memiliki akurasi serta tingkat responsibilitas yang tinggi, diantaranya adalah Gyroscope, accelerometer, proximity, barometer, compass, dan yang terbaru dan cukup banyak mencuri perhatian adalah Face ID atau pendeteksi wajah.

Display

Review Spesifikasi dan Harga Iphone X Lengkap
Sementara itu untuk layarnya sendiri, smartphone ini sudah menggunakan teknologi OLED Capacitive dengan ukuran luas 5,8 inch dan resolusi 1125 x 2436 pixels. Sayangnya dengan sebegitu bagusnya kualitas layar yang dimiliki, Iphone X  hanya menggunakan pelindung Scratch resistant glass dan bukannya Corning Gorilla Glass 5 yang merupakan sistem pelindung layar terbaik saat ini.

Selain itu, kelebihan lain dari smartphone ini adalah sudah dimilikinya sertifikat IP68 yang menunjukkan bahwa Iphone X tahan terhadap paparan debu dan air.

Konektivitas

Dari segi konektivitas, sepertinya Iphone X hanya akan mendukung sinyal 4G untuk sementara. Jadi bagi Anda yang daerahnya belum tercover 4G dengan baik akan sedikit kesulitan untuk berselancar di internet menggunakan smartphone ini.

Sedangkan untuk fitur-fitur konektivitas lain seperti Bluetooth, Wi-Fi, Hotspot, micro USB, USB OTG, dan lain-lain dipastikan akan tetap ada pada Iphone X ini.

Processor

Menginjak ke sektor dapur pacu. Sebagai smartphone yang hadir untuk sektor flagship, tentunya Iphone X sudah dibekali dengan dapur pacu yang mumpuni. Dibagian ini, Iphone X mengusung chipset Apple A11 Bionic yang dipadukan dengan prosessor sangat tangguh Hexa-Core.

Sayangnya belum diketahui berapa kecepatan proses dari prosessor tersebut. Sedangkan di sisi sistem operasi, Iphone X sudah menggunakan iOS 11.

Memory

Sesuatu yang mungkin sedikit mengecewakan pada Iphone X ini ada pada sektor penyimpanan. Meskipun smartphone ini sudah mengusung memori internal berkapasitas super besar yakni 64 GB, namun Anda sebagai pengguna tidak akan bisa melakukan ekspansi layaknya smartphone-smartphone lain karena Iphone X ini tidak dilengkapi dengan slot micro SD.

Sedangkan untuk memori sementara, smartphone ini dibekali dengan 3 GB RAM sehingga kinerja dapur pacu tidak terlalu berat dan tentunya mampu menjalankan program-program berat dengan lancar.

Baterai

Smartphone flagship Apple ini dibekali dengan baterai yang terbilang besar gak, kecil juga tidak, pokoknya sedang-sedang saja. Terutama jika dibuat perbandingan antara fitur-fitur yang disematkan serta harganya yang amat menyeramkan. Adapun iPhone X ini dibekali dengan mengandalkan kapasitas baterai 3000 mAh. Selain itu juga dilengkapi dengan pengisian cepat/fast Charging yang disokong pula dengan Wireles Charging. Dari pengetesan kapasitas bateranya, smartphone ini mampu menghasilkan Talk Time 3G up to 21 jam.

Kamera

Review Spesifikasi dan Harga Iphone X Lengkap
Disektor fotografi, Iphone X memiliki kamera-kamera berkualitas dengan segudang fitur menarik. Dibagian belakang, Anda bisa bebas mengabadikan moment atau menjalani hobi sebagai fotografer smartphone karena Iphone X sudah dibekali dengan dual kamera @12 MP lengkap dengan fitur Phase detection autofocus, OIS,  Quad LED, 2x optical zoom, dan lain-lain.

Sedangkan bagi Anda yang gemar berfoto selfi atau wefie, Iphone X juga memiliki kamera yang mumpuni di bagian depan dengan resolusi 7 MP. Meskipun resolusinya tergolong kecil untuk ukuran smartphone flagship, namun fitur-fitur di dalamnya seperti f 2/2, face detection, dll akan membantu Anda menciptakan foto yang jernih dan berkualitas.

HP flagship lainnya: Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Note 8

Kelebihan

  • Desain elegan dengan layar bezelless dan bodi full metal
  • Menyandang sertifikat IP68
  • Support 4G LTE
  • Sudah menggunakan iOS 11
  • Chipset Apple A11 Bionic dan Prosessor Hexa Core
  • Baterai dilengkapi Fast Charging
  • Dual kamera belakang 12 MP + Quad LED Flash
  • Kamera depan 7 MP
  • Memori internal 64 GB
  • Unik dan Premium

Kekurangan

  • Baterai non removable
  • Kapasitas baterai yang terbilang kecil
  • Dimensi layar yang kecil
  • Hanya menggunakan single SIM
  • Sensor keamanan yang terbatas
  • RAM terlalu kecil untuk ukuran smartphone flagship
  • Tidak didukung MicroSD untuk mengekpansi memori eksternalnya
  • Masih banyak masalah software yang perlu di improve, seperti software kalkulator, dan pemutaran video Youtube serta beberapa game yang masih cropping
  • Harga terlalu mahal
  • Belum dilengkapi Corning Gorilla Glass 5 (di atasnya)

Harga

Review Spesifikasi dan Harga Iphone X Lengkap
Smartphone iPhone X dapat dibawa pulang mulai dari harga 16 hingga 20 jutaan. Tetapi karena iPhone X masih belum masuk pasar Indonesia, maka untuk mendapatkannya silahkan pergi ke negara terdekat yang sudah resmi menjual produk Apple, yaitu Singapore.

HargaRp16 - 20 jutaan
StatusDirilis September 2017
Bodi143,6 x 70,9 x 7,7 mm, 174 gram
ProsesorApple A11 Bionic 6-core
GPUApple GPU 3-core
RAM3 GB
Storage64/256 GB
LayarOLED 5,8 inci (2.436 x 1.125 piksel)
KameraBelakang: 12 MP+12 MP & Depan: 7 MP
Baterai2.716 mAh
Sistem OperasiiOS 11
JaringanSingle-SIM 4G
KonektivitasWiFi, Bluetooth, GPS, NFC
InterfaceLightning port
SensorFaceID, accelerometer, gyroscope, proximity, compass, barometer
LainnyaAR-ready, fast charging, wireless charging, sertifikat IP67
Advertisement