Spesifikasi dan Harga Xiaomi Mi A1

Review Spesifikasi dan Harga Xiaomi Mi A1 Lengkap - Tidak lama setelah perilisan Xiaomi Mi 5x beberapa waktu yang lalu, Xiaomi kembali mengumumkan smartphone terbarunya yang bertajuk Xiaomi Mi A1. Dari segi spesifikasi dan desain, sebenarnya Xiaomi Mi A1 hampir bisa dibilang sangat mirip dengan Xiaomi Mi 5X.
Review Spesifikasi dan Harga Xiaomi Mi A1

Bahkan beberapa sumber mengatakan bahwa Xiaomi Mi A1 merupakan versi global dari Xiaomi Mi 5x mengingat Xiaomi Mi 5X hanya dirilis secara lokal.

Menurut kabar yang beredar, Xiaomi Mi A1 akan dijual dengan harga 3 jutaan. Namun meski demikian, fitur-fitur dan komponen spesifikasi yang dimiliki smartphone ini begitu istimewa, tak kalah dengan smartphone premium lain di harga atasnya. Tentu saja hal ini menjadi kabar buruk bagi smartphone-smartphone mid-end dari pabrikan lain.

Smartphone Xiaomi Mi A1 ini dilabeli dengan nama Android One. Sebuah smartphone hasil kerjasama Xiaomi dengan Google. Maksud dari kerja sama dan proyek Android One sendiri merupakan buah pemikiran Google untuk menciptakan smartphone dengan harga terjangkau, namun hardware yang ditanamkan adalah kualitas yang bagus.

Nah ingin tahu, seperti apa spesifikasi detail dari Xiaomi Mi A1? Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Spesifikasi dan harga Xiaomi Mi A1, Serta Kelebihan dan Kekurangan


Build Quality

Review Spesifikasi dan Harga Xiaomi Mi A1
Secara bodi, smartphone ini sangat mirip dengan saudaranya Xiaomi Mi 5X, dan memiliki konsep yang tidak jauh berbeda dengan smartphone-smartphone mid-end pada umumnya. Xiaomi Mi A1 juga memiliki dimensi yang pas di genggaman dengan detail panjang 155.4 mm, lebar 75.8 mm, dan tebal 7.33 mm. Selain itu, bahan pembangun dari smartphone ini juga sudah menggunakan full metal sehingga tampak sangat stylish.

Sementara itu untuk mendukung konektivitas dan jaringan telekomunikasi, smartphone ini juga telah dibekali dengan dual slot SIM serta port USB On The Go.

Review lainnya: Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi 5A

Sensor

Sensor-sensor yang tertanam pada Xiaomi Mi A1 juga tak jauh berbeda dengan smartphone mid-end pada umumnya. Sensor yang dimiliki smartphone ini juga dipastikan memiliki responsibilitas dan akurasi yang sangat baik. Beberapa dari sensor tersebut antara lain accelerometer, proximity, gyro, fingerprint, Compass, dan AmbientLight.

Display

Review Spesifikasi dan Harga Xiaomi Mi A1
Beralih ke bagian layar, disini Xiaomi Mi A1 dibekali dengan komponen berkualitas bagus di kelasnya. Dengan mengusung layar berukuran 5.5 inch, smartphone ini menggunakan teknologi layar IPS Capacitive LCD dengan resolusi 1080 x 1920 pixels. Selain mampu menghasilkan visualisasi yang menawan, layar ini juga tahan gores karena telah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 4.

Konektivitas
Selain memiliki display yang bagus, Xiaomi Mi A1 juga telah didukung dengan berabgai fitur konektivitas yang berkualitas. Contohnya dari segi jaringan, smartphone ini sudah mendukung dua macam jaringan berkecepatan tinggi yaitu 4G LTE dan 3G HDSPA sebagai cadangan.

Sedangkan untuk konektivitas transfer data, Xiaomi Mi A1 memiliki Wi-Fi 802.11, Wi-Fi Direct, Hotspot, jack audio 3,5 mm, GPS, dan lain-lain.

Processor

Review Spesifikasi dan Harga Xiaomi Mi A1
Salah satu yang menarik dari Xiaomi Mi A1 adalah sektor dapur pacunya karena di bagian ini Xiaomi membekali Xiaomi Mi A1 dengan komponen dapur pacu yang bisa dibilang luar biasa di kelasnya.

Untuk menghadirkan performa ciamik, di bagian inti smartphone ini memiliki chipset Qualcomm Snapdragon 625 yang akan berkolaborasi dengan CPU Octa-core berkecepatan 2.0 GHz. Dengan spesifikasi ini, diperkirakan Xiaomi Mi A1 akan mampu menjalankan program berat seperti game 3D dengan lancar tanpa hambatan.

Selain itu, dari sisi software, smartphone ini juga telah dibekali dengan OS terbaru dan terupdate yakni Android Nougat v7.1.

Bandingkan dengan Spesifikasi dan Harga Xiaomi Mi 6

Memory

Beralih ke sektor memori. Di bagian ini, Xiaomi Mi A1 bisa dibilang unggul dari para pesaingnya karena memori internal smartphone ini memiliki kapasitas 64 GB. Unggul dibanding rata-rata smartphone mid-end yang umumnya masih menggunakan memori internal 32 GB.

Selain itu, kapasitas tersebut juga masih bisa ditingkatkan lagi karena Xiaomi masih memberikan slot micro SD dengan kapasitas maksimal 256 GB. Lalu untuk memori sementara, Xiaomi Mi A1 memiliki 4 GB RAM yang siap menunjang kinerja dari dapur pacu.

Baterai

Untuk suplai daya ke berbagai sektor smartphone, Xiaomi Mi A1 telah dibekali dengan baterai tipe Li-ion non removable berdaya 3.080 mAh serta didukung dengan fitur Fast charging.

Kamera

Review Spesifikasi dan Harga Xiaomi Mi A1
Dari segi fotografi, Xiaomi Mi A1 memiliki kamera-kamera berkualitas yang siap menangkap setiap momen dengan hasil gambar yang memuaskan tentunya. Di bagian belakang, smartphone ini memiliki kamera beresolusi 12 MP dengan fitur Dual LED Flash, autofocus, phase detection autofocus, 2x optical zoom, dan juga mampu merekam video hingga angka [email protected] fps (Ultra HD).

Sedangkan untuk kamera depan, Xiaomi membekali produk terbarunya ini dengan lensa kamera beresolusi 5 MP.

Xiaomi Mi A1 dapat dikatakan menjadi pelopor smartphone Android One pertama kali yang mengusung dual-camera.

Pilihan lainnya: 9 HP Xiaomi yang Paling Banyak Dicari dan Banjir Peminat

Kelebihan Xiaomi Mi A1

  • Desain premium dan kekinian dengan bodi full metal
  • Support 4G LTE
  • Kamera belakang 12 MP (Dual LED Flash) dan kamera depan 5 MP
  • RAM 4 GB, sudah mumpuni untuk standar smartphone saat ini
  • Memori internal 64 GB + eksternal up to 256 GB
  • Sudah menggunakan Android Nougat v7.1
  • Qualcomm Snapdragon 625 + CPU Octa Core 2.0 Ghz
  • Layar HD 1080 x 1920 plus Corning Gorilla Glass 4
  • Mendukung NFC
  • Dijanjikan akan mendapat upgrage ke OS Android Oreo 8.0
  • Sudah menggunakan USB type C

Kekurangan Xiaomi Mi A1

  • Kamera tidak didukung fitur Optical Image Stabilization (OIS), sehingga video yang dihasilkan cenderung goyang atau goncang saat perekaman sambil berjalan.
  • Posisi fingerprint yang kurang nyaman. Harus angkat atau balikkan hp dulu untuk membuka dengan hp dengan fingerprint.
  • Kamera depan kurang optimal saat selfie ditempat rendah cahaya, sebab tidak dilengkapi fitur pendukung LED flash.
  • Tidak ada slot khusus untuk MicroSD, sebab hp Xiaomi Mi A1 menggunakan tipe hybrid dual SIM.
  • Efek bokeh yang dihasilkan sering meleset, walaupun objek berada pada cahaya yang berlimpah ruah.
  • Hadir tanpa MIUI, karena smartphone ini adalah bagian dari projek Android One, maka sistem operasi yang disematkan adalah Android murni, Android 7.1.2 racikan langsung dari Google. Kemungkinan akan menjadi kesulitan tersendiri bagi pengguna yang sudah terbiasa dengan MIUI khas Xiaomi.
  • Tangkapan jaringan yang lemah dibandingkan Moto G5s Plus, tidak sedikit pengguna yang mengeluhkan hal ini.

Harga Xiaomi Mi A1

Review Spesifikasi dan Harga Xiaomi Mi A1
Seperti yang telah kami sebutkan di awal, smartphone ini dijual pada kisaran harga 3 jutaan. Dengan harga 3 jutaan tentu saja Xiaomi Mi A1 ini bisa dikatakan lumayan murah. Menilik spesifikasi dan beragam keunggulan yang dimiliki, yang tidak kalah dengan smartphone premium yang kebanyakan dibanderol dengan harga diatas 3 jutaan.

HargaRp 3 jutaan
StatusDirilis pada September 2017
Bodi155,4 x 75,8 x 7,3 mm, 165 gram
ProsesorQualcomm Snapdragon 625 octa-core 2.0 GHz
GPUAdreno 506
RAM4 GB
Storage64 GB (microSD up to 128 GB)
LayarIPS 5,5 inci (1.920 x 1.080 piksel)
KameraBelakang: 12 MP+12 MP & Depan: 5 MP
Baterai3.080 mAh
Sistem OperasiAndroid 7.1.2 Nougat
JaringanDual-SIM 4G
KonektivitasWiFi, Bluetooth, GPS, NFC
InterfaceJack audio 3,5mm, USB type-C
SensorFingerprint, accelerometer, gyroscope, proximity, compass, infrared
Advertisement