Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi 4A

Review: Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi 4A - Pada tahun 2017 ini, selain sibuk merilis beragam smartphone premium untuk mereka yang berkantong tebal, ternyata Xiaomi juga tidak melupakan penggemarnya dari kalangan low end, dengan merilis variant terbaru yang harganya terjangkau.
Review: Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi 4A

Produk low end nya tersebut dinamai Xiaomi Redmi 4A. Seperti biasa, walau dipasarkan dengan harga murah, Xiaomi tidak merilis smartphone ini dengan spesifikasi yang biasa-biasa saja, melainkan siap bersaing dengan produk-produk lain di segmen yang sama.

Harganya yang lumayan terjangkau ternyata tidak menghalangi Xiaomi untuk memperkuat smartphonenya ini dengan komponen terbaik. Beberapa part pada smartphone ini bahkan sudah dilengkapi dengan komponen berkualitas seperti smartphone lain dengan harga yang lebih mahal.

Spesifikasi dan harga Xiaomi Redmi 4A

Nah, karena harganya yang murah dan spesifikasi yang didapat lumayan bersaing, maka Xiaomi Redmi 4A ini juga sangat rekomended untuk Anda yang ingin memiliki smartphone berspesifikasi mumpuni, tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Masih meragukan spesifikasinya? Langsung saja intip beragam fitur dan spesifikasi lengkapnya berikut ini.

Build Quality

Review: Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi 4A

Seperti biasa, kita mulai review dari sektor terluar atau build qualitynya dulu. Di bagian ini, Xiaomi Redmi 4A memiliki bodi yang cukup kecil jika dibandingkan dengan smartphone lain di level yang sama. Namun hal ini bukanlah hal yang terlalu buruk karena justru ukuran tersebut membuat Xiaomi Redmi 4A lebih mudah digenggam dan dioperasikan menggunakan satu tangan.

Detailnya, smartphone ini memiliki dimensi panjang 139.9 mm, lebar 70.4 mm, dan ketebalan yang mencapai 8.5 mm. Sementara itu untuk bodinya sendiri, sudah pasti smartphone ini menggunakan material full metal untuk menambah kesan mewah dan futuristik walaupun dapat menyebabkan cepat overheat ketika digunakan terlalu lama.

Selain itu, di salah satu sisi smartphone, kita dapat melihat Xiaomi Redmi 4A telah dibekali dengan port USB v2.0 yang sudah mendukung vitur On The Go atau OTG. Dan untuk mendukung kualitas telekomunikasi, smartphone ini menyediakan Dual slot SIM atau Single SIM.

HP Xiaomi lainnya: 9 HP Xiaomi yang Paling Banyak Dicari dan Banjir Peminat

Sensor

Selain memiliki build quality yang cukup bagus, smartphone ini juga telah dibekali sensor yang memiliki tingkat akurasi yang cukup baik dan tentunya responsibilitasnya cepat. Beberapa sensor tersebut diantaranya Proximity, accelerometer, Ambient Light, Compass, dan Gyroscope.

Display

Sementara itu di bagain depan atau lebih tepatnya di bagian display, Xiaomi Redmi 4A sudah dibekali dengan kualitas layar yang cukup bagus di kelasnya, walaupun belum terdapat teknologi Super AMOLED, namun adanya IPS Capacitive LCD dirasa sudah cukup untuk menghadirkan kualitas visual yang baik.

Layar smartphone ini memiliki  luas 5 inch berteknologi IPS LCD Capacitive dengan resolusi 720 x 1280 pixels. Layar ini sudah terbilang cukup bagus untuk ukuran smartphone low-entry.

Konektivitas

Sebagai smartphone masa kini yang lahir di era milineum, sudah pasti Xiaomi Redmi 4A hadir dengan dukungan jaringan 4G LTE. Selain itu ada juga dukungan fitur konektivitas lain seperti micro USB v2.3, Bluetooth, GPS, hotspot, Wi-Fi, dan lain-lain yang bisa digunakan.

Bandingkan dengan Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J7 Plus

Processor

Di bagian dapur pacu, Xiaomi Redmi 4A juga telah dibekali dengan komponen yang tak kalah bagusnya. Di sini Xiaomi Redmi 4A akan ditenagai oleh chipset Snapdragon 425 yang akan bekerja sama dengan CPU Quad Core berkecepatan 1.4 Ghz.

Lalu untuk softwarenya sendiri, Xiaomi Redmi 4A akan mengAndalkan OS Android Marshmallow v6.0. Spesifikasi yang masih masuk golongan menengah tersebut dirasa sudah dapat menjalankan pekerjaan-pekerjaan berat seperti editing dan main game 3D, namun juga harus diperhatikan beberapa sektor seperti penggunaan RAM dan juga kapasitas memori.

Memory

Sama seperti smartphone low-end pada umumnya, Xiaomi Redmi 4A dibekali dengan memori berkapasitas yang tidak terlalu besar. Hal ini wajar saja dan kemungkinan dilakukan untuk menekan harga dari Xiaomi Redmi 4A sendiri.

Untuk detailnya, smartphone ini akan berjalan dengan memori internal sebesar 16 GB saja. Dan jika Anda masih merasa belum cukup, Anda dapat memperluasnya lagi dengan menggunakan slot micro SD yang disediakan dengan kapasitas maksimal 256 GB. Sedangkan untuk memori pemrosesan, Xiaomi membekali smartphonenya ini dengan RAM 2 GB.

Baterai

Untuk mengatasi masalah daya yang disuplai pada dapur pacu, Xiaomi membekali smartphone low-end terbarunya tersebut dengan baterai jenis Li-ion berkapasitas 3.125 mAh. Kapasitas ini sudah terhitung besar untuk ukuran smartphone low-end karena kebutuhan dayanya tidak terlalu besar.

Kamera

Review: Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi 4A

Salah satu keunggulan yang dimiliki Xiaomi Redmi 4A adalah sektor kamera dimana smartphone ini memiliki kamera yang lebih bagus dari pada smartphone-smartphone lain pada level yang sama. Disini Xiaomi Redmi 4A dibekali dengan kamera beresolusi 13 MP lengkap dengan fitur autofokus dan LED Flash  pada bagian belakang dan 5 MP di bagian depan.

Memang kamera bagian depan tidak sebagus kamera belakang namun untuk masalah kualitas, kamera tersebut sudah cukup bagus untuk mengambil gambar yang jernih dan tajam. Sedangkan untuk kamera belakangnya dipastikan mampu mengambil gambar berkualitas tinggi layaknya smartphone kelas menengah.

Bandingkan dengan Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A5 2017

Faktor extra

Beberapa fitur menarik yang dimiliki smartphone ini antara lain mendukung penggunaan multitasking yang baik karena telah dibekali dengan 2 GB RAM, dukungan A-GPS Navigation, dan juga tentunya Radio FM.

Harga

Dengan spesifikasi tersebut, Xiaomi Redmi 4A dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau, yakni Rp. 1.499.000,- saja. Sangat terjangkau bukan? Sudah tak sabar ingin mengoleksinya?

HargaRp 1.499.000
StatusRilis, November 2016
Bodi139.5 x 70.4 x 8.5 mm, 131.5 gram
ProsesorQualcomm Snapdragon 425 quad-core 1.4 GHz
GPUAdreno 308
RAM2 GB
Storage16 GB, microSD up to 256 GB
LayarIPS 5 inci (1.280 x 720 pixels)
KameraBelakang: 13 MP & Depan: 5 MP
Baterai3.120 mAh
Sistem OperasiMIUI 8 (Android 6.0.1)
JaringanDual-SIM 4G
KonektivitasWi-Fi, Bluetooth, GPS
InterfacemicroUSB 2.0, 3.5mm Jack audio
SensorAccelerometer, gyro, proximity, compass
LainnyaVoLTE
Advertisement