Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi 5A

Review Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi 5A - Salah satu vendor ternama Xiaomi Mobile dikabarkan baru saja merilis smartphone terbarunya yang bernama Xiaomi Redmi 5A. Meskipun membawa nama 5A, namun nyatanya smartphone ini bukanlah smartphone generasi lanjut dari Xiaomi Redmi 4 karena Xiaomi Redmi Note 5A mengusung spesifikasi di bawah pendahulunya tersebut.
Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi 5A

Fakta tersebut tentu menunjukkan bahwa Xiaomi Redmi 5A akan menyasar segmen pasar di bawahnya yakni Low-end. Sehingga sangat masuk akal jika Xiaomi tidak terlalu membekali smartphonenya kali ini dengan spesifikasi yang di atas rata-rata demi menekan harga.

Nah, untuk mengetahui seperti apa detail spesifikasi dari Xiaomi Redmi 5A, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Spesifikasi dan harga Xiaomi Redmi 5A

Adapun review spesifikasi tentang Xiaomi Redmi 5A ini akan mengulas tentang build quality, sensor, display, konektivitas, processor, memory, kamera, baterai dan faktor ekstra, serta harganya. Simak berikut selengkapnya.

Build Quality

Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi 5A
Seperti biasa, kita mulai dari sisi build quality terlebih dahulu. Dibagian ini, Xiaomi Redmi 5A memiliki bodi yang cukup bagus untuk level smartphone mid-low. Hal ini tentu tak terlepas dari fakta bahwa smartphone ini dibuat dengan menggunakan material full metal sebagai bahan utama pembangun bodinya.

Tak hanya itu, dimensi yang dimiliki Xiaomi Redmi 5A juga sangat mendukung penampilan smartphone ini menjadi semakin bagus dan tentunya mudah untuk dioperasikan. Detail dimensinya sendiri yaitu panjang 140.4 mm, lebar 70.1 mm, ketebalan 8.4 mm, dan berat mencapai 137 gram.

Sementara itu di salah satu sisi smartphone Anda juga dapat menemukan sebuah port USB 2.0 yang akan sangat berguna dalam transfer file atau pun charge smartphone.Lalu di bagian dalam, smartphone ini juga memiliki dual slot SIM guna mendukung sistem telekomunikasi sebagai fitur dasar smartphone.

Bandingkan dengan Spesifikasi dan Harga Xiaomi Mi 6

Sensor

Sebagai smartphone yang turun untuk pasar low-end, wajar saja jika Xiaomi Redmi 5A tidak akan dibekali dengan sensor yang terlalu banyak. Dibagian ini, Xiaomi hanya membekali Xiaomi Redmi 5A dengan sensor Proximity dan accelerometer untuk membantu kinerja smartphone.

Namun Anda tak perlu khawatir karena kualitas kedua sensor tersebut tidak akan mengalami penurunan dari versi-versi sebelumnya.

Display

Sementara itu di bagian depan kita dapat menemukan sebuah layar berkualitas berukuran 5,5 inch berteknologi IPS LCD Capacitive dengan resolusi 1080 x 1920 pixels. Layar berkualitas tinggi ini juga akan ditunjang dengan teknologi 2.5 D Curved Glass sehingga terlihat lebih bagus.

Selain itu, layar ini juga akan dilindungi oleh anti gores berkualitas bernama Corning Gorilla Glass 4.
Layar ini sudah terbilang sangat bagus untuk ukuran smartpone low-end seperti Xiaomi Redmi 5A ini.

HP Xiaomi lainnya: 9 HP Xiaomi yang Paling Banyak Dicari dan Banjir Peminat

Konektivitas

Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi 5A
Dari segi konektivitas, sudah pasti Xiaomi Redmi Note 5A akan mendukung jaringan 4G LTE sebagai jarigan utama dan 3G serta 2G sebagai cadangan. Dengan demikian, pengguna Xiaomi Redmi Note 5A akan tetap bisa berselancar di internet meskipun di daerahnya berada belum tercover atau sinyal 4G LTE-nya masih buruk.

Sedangkan untuk fitur-fitur dasar seperti Hotspot, Bluetooth v4.0, USB OTG, mini USB, GPS, A-GPS, Wi-Fi, dan Dual Band juga akan tetap tersedia pada smartphone ini untuk membantu berbagai aktivitas pengguna.

Processor

Nah, menginjak sisi dapur pacu, Xiaomi Redmi 5A memiliki dua varian yang berbeda dengan harga yang berbeda juga. Tipe pertama dibekali dengan chipset Snapdragon 425 yang dikombinasikan dengan CPU Quad-Core 1,4 GHz. Sedangkan yang kedua menggunakan Snapdragon 435 yang bekerja bersama CPU Quad-Core berkecepatan 1,5 Ghz.

Sedangkan untuk urusan grafis, Xiaomi Redmi Note 5A juga memiliki dua varian yakni GPU Adreno 308 dan Adreno 505.

Sementara itu untuk softwarenya sendiri sama, dimana seluruh varian akan menggunakan OS Android Nougat v7.0.

Memory

Salah satu yang menarik dari Xiaomi Redmi Note 5A ini adalah sektor memorinya. Di saat smartphone low-entry lain hanya memberikan satu varian memory, Xiaomi Redmi Note 5A justru menyediakan 3 varian memori yang langsung berpasangan dengan RAM-nya.

Untuk RAM 2 GB, Xiaomi Redmi 5A memiliki memori internal 16 GB, 32 GB untuk RAM 3 GB, dan juga 64 GB untuk RAM 4 GB. Tidak hanya itu, smartphone asal Tiongkok ini juga masih dibekali dengan slot memori eksternal dengan kapasitas maksimal mencapai 256 GB.

Bandingkan dengan Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi Note 4X

Baterai

Untuk memenuhi kebutuhan suplai daya ke dapur pacu, Xiaomi Redmi Note 5A dibekali dengan baterai jenis Li-ion berkapasiatas 3.080 mAh.

Kamera

Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi 5A
Meskipun Xiaomi Redmi 5A hanya ditujukan untuk pasar low-end, namun kamera yang diusung smartphone ini tidaklah main-main. Disisi ini Xiaomi Redmi 5A tetap dibekali dengan kamera bagus dimana di bagian belakang memiliki resolusi 16 MP lengkap dengan fitur autofocus dan LED Flashnya sedangkan kamera depan memiliki resolusi 13 MP plus LED Flash.

Kedua jenis kamera di atas tentu saja akan mampu menghasilkan foto dan video berkualitas tinggi yang tidak kalah dengan smartphone lain atau bahkan pada segmen di atasnya.

Faktor extra

Tidak banyak fitur menarik yang dimiliki smartphone ini, hanya saja dukungan multitasking yang ada pada Xiaomi Redmi Note 5A tergolong sangat baik karena smartphone ini memiliki banyak varian RAM dan juga dapur pacu yang mumpuni.

Terbaru, bandingkan dengan Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J7 Plus

Harga 

Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi 5A
Hingga kini belum ada informasi terkait harga Xiaomi Redmi Note 5A karena memang smartphone ini belum secara resmi masuk ke pasar Tanah Air. Namun jika ditinjau dari segi spesifikasinya, Xiaomi Redmi Note 5A akan dibanderol dengan harga antara 1,3 –2 jutaan saja.

HargaRp 1,3 Jutaan
StatusDirilis Oktober 2017
Jaringan3G HSDPA, 4G LTE, Cat4 150/102 Mbps
SIMDual SIM, Nano – SIM
Dimensi140.4 x 70.1 x 8.4 mm , Bahan : Metal
Layar5,0 inchi IPS LCD Capacitive , 720 x 1280 pixels
Sistem OperasiAndroid v 7.0 Nougat , MiUi 9.0
ChipsetSnapdragon 425
CPUQuad-core 1.4 GHz Cortex-A53
GPUAdreno 308
RAM2 GB
MemoriMemori Internal : 16 GB, MiroSD up to 256 GB
Kamera Belakang13 MP, f/2.2, Autofocus, LED flash
Perekam Video[email protected] ( Full HD )
Kamera Depan5 MP, f/2.0
KonektivitasWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Wi-Fi Direct, Bluetooth 4.2, jack audio 3,5 mm, USB OTG
SensorAccelerometer , Proximity , Compass
WarnaGold, Rose Gold, Gray
BateraiLi – Po 3000 mAh , Non – Removable
Advertisement